Cara Pindah Agama dari Protestan ke Katolik

Tata Cara Berpindah Keyakinan Protestan ke Katolik

Bersamakristus.org – Cara pindah agama dari Protestan ke Katolik. Kedua agama tersebut sama-sama mengakui Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Allah sebagai Bapa yang ada di surga.

Di masa sekarang, banyak pula orang yang melakukan perpindahan agama atau keyakinan dari Protestan ke Katolik. Bahkan bisa dikatakan hal tersebut sudah sangat wajat untuk dilakukan.

Dalam pembahasan sebelumnya mengenai hukum pindah agama dalam Kristen, yang dilarang itu adalah ketika kita mengakui Tuhan lain. Bila Tuhan yang kita percaya sama, mengapa tidak?

Di kesempatan ini kami akan menjelaskan kepada Anda bagaimana cara pindah agama dari Kristen Protestan ke Katolik. Mungkin Anda bisa menyimak ulasan lengkapnya pada penjelasan berikut.

Cara Berpindah Agama dari Kristen Protestan ke Katolik

Tanpa banyak basa basi lagi, mari langsung saja kita lihat cara berpindah agama dari Kristen Protestan ke Katolik. Anda bisa langsung menyimak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Percaya Bahwa Yesus Juruselamat

Syarat pertama dan paling penting untuk menjadi seorang Katolik adalah dia harus beriman kepada tuhan Yesus. Dia juga harus percaya bahwa Tuhan adalah satu-satunya juruselamat bagi manusia. Pasti cara pertama untuk pindah dari Kristen menjadi Katolik ini sudah tidak asing lagi.

Bahkan sudah sangat akrab, karena bagi umat Protestan, Yesus menjadi satu-satunya jalan dan kebenaran hidup. Tapi masalahnya, untuk menjadi seorang Katolik tidak hanya diperlukan iman saja, melainkan juga harus bersedia dibaptis secara Katolik. Baptisan ini yang prosesnya sangat panjang.

2. Dibaptis

Pada proses baptis, seseorang harus mengikuti pelajaran selama setahun yagn paling tidak harus hadir 40 pertemuan. Waktunya termasuk dalam kebijakan pastural, sehingga cukup mendesak, tidak harus satu tahun asal cukup 40 kali pertemuan.

Contohnya pertemuan bisa dilaksanakan 5 kali seminggu, sehingga akan selesai hanya dalam 2 bulan. Kasus percepatan baptis ini juga biasanya dilakukan oleh mereka yang ingin menjalani sakramen pernikahan.

3. Masa Simpatisan

Cara pindah agama dari Protestan ke Katolik diteruskan dengan masa simpatisan atau masa prakatekumenat. Di sini, orang boleh mengikuti semua kegiatan keagamaan Katolik, contohnya doa, perayaan ekaristi pada ibadah ahri Minggu, atau pada ibadah hari biasa.

Namun mereka belum bisa mengikuti sakramen baptis, krisma, pengakuan dosa, ekaristi, dan lainnya. Mereka yang masih menjadi simpatisan juga belum dapat menerima komuni suci. Bila sebelum resmi menjadi Katolik, orang akan mengenal terlebih dulu bagaimana tata cara ibadah Katolik serta tradisinya.

4. Masa Katekumenat

Di dalam masa ini, orang akan mulai berhubungan dengan gereja dan keluarga Kristus. Katekumen akan mendapatkan banyak kesempatan untuk memperoleh pembelajaran pokok tentang iman Katolik serta meningkatkan hidupnya sebagai orang Katolik.

5. Masa Persiapan Akhir

Masa persiapan akhir dilakukan dengan penyucian dan penerangan. Dia akan melewati upacara kecil yang bersifat sakramentali serta menerima sakramen inisiasi. Di zaman dulu, katekumen tidak bisa melakukan sakramen ekaristi sebelum dibaptis.

Setelah dibaptis, uskup akan meletakkan tangannya ke katekumen dan mengurapi dengan minyak yang sudah diberkati atau sring dinamakan minyak krisma. Upacara ini kemudian dinamakan sakramen krisma. Dalam Katolik ada tiga sakramen inisiasi, yaitu baptis, krisma, dan ekaristi.

Seseorang tidak bisa menerima ekatisti sebelum dibaptis, sehingga baptis menjadi sebuah hal yang sangat penting dalam proses inisiasi. Selain itu sakramen ekaristi juga akn terus dilakukan selama seseorang menjadi Katolik, tapi namanya bukan lagi inisiasi.

Di masa sekarang, tiga sakramen inisiasi bisa dilakukan terpisah. Hal tersebut berlaku bagi orang yang lahir dari orangtua Katolik. Contohnya baptis dilakukan sejak bayi, lalu krisma dilakukan saat beranjak remaja, dan seterusnya.

6. Masa Mistagogi

Masa mistagogi dikenal juga dengan masa pendampingan baptisan baru. Di sini, mereka yang baru dibaptis pasti perlu bimbingan untuk mendalami hidup sebagai orang Katolik.

Akhir Kata

Itu saja yang mungkin dapat kami sampaikan pada kesempatan ini mengenai cara pindah agama protestan ke katolik. Mudah-mudahan informasi yang kami sampaikan di atas bisa menjelaskan kepada Anda mengenai cara pindah agama.

Baca: