Makna Pengakuan Iman Rasuli Protestan

Nilai Moral Pengakuan Kredo Para Rasul dalam Kristen

Bersamakristus.org – Makna pengakuan iman rasuli protestan. Pengakuan iman rasuli disebut juga dengan kredo rasuli atau kredo para rasul. Artinya, salah satu dari kredo yang secara luas diterima dan diakui oleh gereja Kristen.

Di kalangan gereja Katolik Roma, kredo ini juga kerap disebut dengan syahadat para rasul. Rumusan ini disebut pengakuan karena menyatakan ‘aku’, dan si ‘aku’ ini menyatakan percaya.

Isi dari pengakuan iman rasuli yaitu Aku percaya kepada Allah Bapa yang mahakuasa, Khalik langit dan bumi. naik ke sorga, duduk di sebelah kanan Allah, Bapa yang mahakuasa dan akan datang dari sana untuk menghakimi orang yang hidup dan mati.

Pada kesempatan sebelumnya kami juga telah membahas tentang ayat Alkitab tentang pengakuan iman rasuli. Di sana dijelaskan beberapa petunjuk mengenai pengakuan iman rasuli dalam firman Tuhan.

Lalu pada kesempatan ini kami ingin membahas mengenai makna pengakuan iman rasuli. Sebenarnya apa sih makna, tujuan, prinsip, dan nilai moral dari pengakuan ini? Simak ulasannya berikut di bawah.

Makna Pengakuan Iman Rasuli Agama Kristen Protestan

Mari ketahui bagaimana isikan Pengakuan Iman Rasuli berdasarkan versi Katolik Roma dan versi Protestan yang mampu anda apalkan dan resapi untuk jadi fundamental analisis anda cocok bersama histori agama kristen.

1. Syahadat Para Rasul Versi Katolik Roma

Aku percaya dapat Allah, Bapa yang mahakuasa, Pencipta langit dan bumi, Dan dapat Yesus Kristus, Putra-Nya yang tunggal, Tuhan kita, Yang dikandung dari Roh Kudus, Dilahirkan oleh Perawan Maria, Yang menderita sengsara berlainan bersama ciri-ciri ajaran sesat.

Dalam pemerintahan Pontius Pilatus, Disalibkan, wafat, dan dimakamkan, yang turun ke area penantian, terhadap hari ketiga bangkit dari pada orang mati; yang naik ke surga, duduk di sebelah kanan Allah Bapa yang mahakuasa.

Dari situ Ia dapat datang, mengadili orang yang hidup dan yang mati. Aku percaya dapat Roh Kudus, Gereja katolik² yang kudus, persekutuan para kudus, pengampunan dosa, kebangkitan badan, kehidupan kekal.

2. Syahadat Para Rasul Versi Protestan

Aku percaya kepada Allah, Bapa yang Mahakuasa, Khalik langit dan bumi, Dan kepada Yesus Kristus, Anak-Nya yang Tunggal, Tuhan kita, Yang dikandung daripada Roh Kudus, lahir dari anak dara Maria, Yang menderita sengsara, di bawah pemerintahan Pontius Pilatus, disalibkan, mati dan dikuburkan, turun ke didalam kerajaan maut.

Pada hari yang ketiga bangkit pula, dari pada orang mati, Naik ke surga, duduk di sebelah kanan Allah Bapa yang Mahakuasa, Dan dari sana Ia dapat datang, untuk menghakimi orang yang hidup dan yang mati. Aku percaya kepada Roh Kudus, gereja yang kudus, persekutuan orang kudus, pengampunan dosa, kebangkitan daging, dan hidup yang kekal. Amin.

Dalam Roh Kudus faktor keselamatan mampu berbentuk hitoris atau mampu diarikan menajdi pemerintahan yang berada di bawah Pontius Politus. Dapat dilihat realistis juga sebab hal ini bertujuan terhadap telah turun, telah disalibkan, telah bangkit, telah naik surga.

Hal berikut mampu jadi pengalaman subyektif manusia yang kaan melalui dan menyatu bersama kematian dan kebangkitan Kristus didalam Bsptis dan mampu menghayati arti kehidupan batu yang telah tersedia didalam gereja.

Yesus Kristus secara obyektif dapat menyelamatkan manusia bersama cara turun dari Surga, menjelma, disalibkan, dikuburkan, bangkit, naik ke Sorga dana akn datang untuk ke dua kalinya mengajarkan mengenai kegunaan berdoa bagi orang kristen.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai makna pengakuan iman rasuli kristen protestan. Semoga bisa menambah wawasan kita untuk mengetahui makna dari kredo rasuli yang penting dalam agama Kristen ini.

Baca: