Pandangan Kristen Terhadap Operasi Plastik

Oplas Menurut Pandangan Iman Kristen

Bersamakristus.org – Pandangan Kristen terhadap operasi plastik. Operasi plastik sudah sangat populer di kalangan masyarakat. Hal ini tak lain karena dipengaruhi oleh kalangan dunia hiburan yang secara terang-terangan mengakui bahwa mereka melakukan operasi plastik.

Terutama dunia hiburan Korea Selatan yang saat ini banyak artis-artisnya yang mengaku bahwa mereka melakukan operasi plastik. Diketahui bahwa 99% dari mereka sudah melakukan operasi plastik.

Tidak hanya itu sebenarnya kegiaan ini juga sudah tercatat dalam tulisan Mesir Kuno. Dokter-dokter Mesir sejak 700 SM sudah melakukan operasi plastik untuk memperbaiki hidung dan telinga.

Lalu sebenarnya apa sih pandangan agama Kristen terhadap operasi plastik? Apakah boleh atau tidak? Di sini kita akan menjelaskannya kepada Anda dan Anda bisa menyimak ulasan selengkapnya pada pembahasan berikut.

Pandangan Iman Agama Kristen Terhadap Operasi Plastik

Sebenarnya dalam Alkitab tidak secara gamblang dijelaskan mengenai operasi plastik. Tapi tentu saja kita tidak akan melihatnya secara fisik mengenai ada atau tidaknya kata operasi plastik dalam Alkitab, melainkan kita akan mengambil nilai-nilainya dan melihat bagaimana pandangan Alkitab terhadap nilai ini.

Bagaimana kita bisa melihat nilai-nilai dalam operasi plastik? Berikut penjelasannya.

1. Wajar untuk Pengobatan

Mengambil keputusan untuk melakukan operais plastik karena cacat dari lahir atau mempunyai kelainan adalah hal yang wajar. Ini bisa dipandang sebagai pengobatan, namun berbeda jika untuk menarik perhatian orang lain melalui pengubahan tampilan fisik.

Dalam 5:25-34 dijelaskan kegiatan Tuhan dalam mengobati, menyembuhkan, dan emngeluarkan orang-orang dari sakir dan derita. Bila operasi plastik tidak dipandang sebagai penyembuhan, maka hal itu sah untuk dilakukan bahkan dalam Matius 10:8 Yesus juga memperintahkan hal demikian.

2. Tidak Dianjurkan untuk Mengubah Tampilan

Tapi berbeda bila tujuan operasi plastik dilakukan untuk mengubah bagian tubuh karena ketidakpuasan pribadi. Sebenarnya tubuh kita adalah milik Allah dan kita diciptakan sesuai gambar-Nya. Bila ktia mengubah tubuh yang sudah diciptakan Allah, maka itu sama saja kita tidak menghargai karya-Nya.

Dalam operasi plastik juga ada banyak prosedur yang dilakukan. Tentu banyak risiko yang harus dipertimbangkan dan ada dampak serta keterbatasan ketika melakukan operasi. Salah satunya adalah merusak tubuh untuk kepentingan pribadi, tubuh yang sempurna di mata-Nya seharusnya digunakan untuk memuliakan Dia.

Operasi Plastik Masa Kini

Operasi plastik yang paling banyak berkembang di masa kini adalah berhubungan dengan kecantikan wanita. Seperti pengencangan dada, membuat wajah tidur, mempertebal volume bibir, memutihkan kulit, dan masih banyak lagi.

Apabila hal ini menjadi motivasi operasi plastik, maka sama saja mereka telah menjadi berhala bagi dirinya sendiri. Ini juga menjadi ciri-ciri orang sombong, kesombongan yang timbul karena penampilan fisik yang sesungguhnya memotivasi mereka.

Dalam Filipi 2:3-4 kita diperingatkan untuk tidak besar kepala atau menjadi sombong. Dan dalam 1 Petrus 3:3-4 dikatakan perhiasan kita bukan dari hal yang bersifat lahiriah, melainkan dari roh lemah lembut dan tentram yang sangat berharga di mata Allah. Allah tidak memandang rupa, melainkan melihat kecantikan hati kita.

Secara tidak langsung mengatakan bahwa motivasi mereka melakukan operasi plastik adalah untuk mempercantik diri karena oleh suatu yang tidak dari Allah. Misalnya ingin dipandang menarik oleh manusia lain. Hal ini sebenarnya wajar dialmi namun baiknya kita mengendalikan diri serta memiliki pola pikir yang benar tentang gambar diri kita.

Akhir Kata

Simak langsung pembahasan tentang pandangan agama kristen terhadap operasi plastik. Maka dari itu kita harus lebih bisa menahan diri untuk tidak melakukan operasi plastik demi memenuhi hasrat pribadi.

Baca: