Cara Hidup Orang Kristen yang Benar

Kehidupan Umat Kristiani yang Benar

Bersamakristus.org – Cara hidup orang Kristen yang benar. Sebagai orang Kristen, kita harus mengetahui tata cara menjalani kehidupan yang benar, yaitu hidup di dalam Kristus.

Kehidupan yang dimaksud itu merupakan kehidupan yang selama sehari-hari kita dipenuhi oleh berbagai hal yang berkaitan dengan Tuhan. Mulai dari banyak memanjatkan doa Kristen, ibadah menyanyikan lagu gereja, serta yang lainnya.

Tapi tidak hanya sekedar itu saja menjadi orang Kristen yang baik, tentu ada banyak hal yang masih perlu dipahami. Bagaimana caranya menjalani hidup layaknya orang Kristen yang benar dan baik?

Di kesempatan ini kami akan menjelaskannya kepada Anda, merujuk pada ayat-ayat Alkitab atau firman Tuhan. Anda bisa menyimak seluruh ulasan lengkapnya pada uraian di bawah berikut ini.

Ini Cara Hidup Orang Kristen yang Benar

Tanpa banyak basa basi lagi, langsung saja silahkan simak pembahasan lengkap tentang cara hidup sebagai orang Kristen yang benar dan baik. Berikut pembahasannya seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Yakin Akan Firman

Kita harus yakin akan firman Tuhan, dimulai dengan kebiasaan sehari-hari. Berikan waktu khusus pada pagi hari untuk bertemu Allah dan merenungkan firman-Nya. Iman yang kuat tidak akan tumbuh dengan sendirinya, kita perlu pengalaman pribadi dengan Allah. Di situ kita akan merasakan campur tangan-Nya yang benar-benar bekerja.

Kedua, apapun yang terjadi kita harus tetap percaya kepada-Nya. Mungkin kita merasa bahwa hidup kita sangat sulit. Bahkan mungkin kita sudah beberapa tahun terus berdoa dan mencoba, tapi keadaan sepertinya masih tidak ada perubaha. Meski begitu kita tidak boleh menyerah. Kita mungkin tidak bisa melihat kuasa Tuhan sekarang, tapi hal yang indah pasti akan datang tepat pada waktunya.

2. Memiliki Tujuan dan Pengharapan

Kita ada di dunia ini karena Tuhan memiliki tujuan yang besar untuk hidup kita. Bila Anda belum mengetahui tujuan hidup Anda, datang dan tanyakan saja kepada-Nya. Orang Kristen tidak boleh hidup alakadarnya, bukan berarti kita boleh bersungut dan merasa puasa, melainkan milikilah sebuah visi yang membuat kita maju ke depan.

Angap hidup kita adalah proyek besar, dan kita perlu mendesainnya sesuai rancangan Allah. Jangan sia-siakan hidup ini, sebab Yesus datang supaya kita bisa memiliki hidup yang berkemenangan. Dia akan membantu menghindarkan kita dari segala rintangan, termasuk sifat-sifat buruk kita yang yang menjadi penghalang untuk menjadi lebih baik.

Selain tujuan, miliki juga pengharapan. Pengharapan tersebut akan mewarnai kehidupan kita dan akan menggerakkan langkah kita ke depan. Tanpa harapan, kita tidak akan bisa merasa hidup ini ada artinya. Maka dari itu kita harus berharap dan bermimpi setinggi mungkin. Tapi jangan abaikan usaha untuk mencapainya.

3. Pelayanan

Pelayanan bukan bertujuan untuk mencari pahala, melainkan sebagai rasa syukur dan kasih kita kepada Alah. Kasihilah Tuhan Allah dengan segenap hati dan jiwa. Lalu, bagaimamna cara kita mengekspresikan cinta kasih? Caranya adalah dengan melayani Dia.

Kita bisa memulai pelayanan di gereja sesuai dengan kemampuan kita. Mungkin bagi yang punya talenta di bidang musik, jangan malu-malu untuk mempersembahkan kepada Tuhan. Sementara yang tidak bisa musik, bisa menjadi petugas pendaftaran atau mengoperasikan LCD. Intinya tidak ada hal yang benar-benar menjadi penghalang apabila kita memiliki niat yang kuat.

4. Kasihilah Sesama

Kristen sangat identik dengan kasih, firman Tuhan juga banyak yang menjelaskan mengenai ayat Alkitab tentang kasih. Bahkan ada satu ayat yagn mengatakan bahwa Allah sendiri adalah kasih. Apabila mengasihi Allah adalah hukum kasih yang pertama, mengasihi sesama adalah hukum kasih yang kedua, keduanya tak bisa dipisahkan.

Siapa yang sungguh-sungguh emngasihi Allah, maka dia akan mengasihi sesama. Kasih juga bisa memberikan pengaruh yang luar biasa dalam kehidupan seseorang. Bila seseorang merasa dikasihi, dia akan merasa diterima dan dia juga akan menerima dirinya apa adanya.

Dengan demikian dia akan semakin peracya diri. Dengan kepercayaan diri itu banyak hal besar ayang bisa dia lakukan. Dia juga akan memiliki keyakinan bahwa dia bisa melakukan apapun yang ia mau kalau ia berusaha. Hal-hal luar biasa bisa muncul karena kasih.

Mungkin kita merasa sulit megasihi orang lain dibandingkan drii sendiri. Tapi apabila kita sudah memahami seberapa besar kasih Allah kepada kita, kita tidak akan ragu untuk mengasihi orang lain. Karena kita sudah menerima kasih yang begit besar.

Nila orang tidak menerima kasih maka dia juga tidak bisa memberikan kasih. Sebenarnya tidak ada kesulitan memberikan kasih jika kita sudah memiliki Roh Kudus dalam diri kita. Sebab dengan bantuan Roh Kudus, kita akan lebih peka terhadap orang lain. Dan bahkan, dalam segala perkataan dan tindakan kita, orang lain bisa merasakan bahwa kita mengasihi mereka.

Akhir Kata

Mungkin itu saja pembahasan lengkap dari kami mengenai cara hidup orang kristen yang benar. Mudah-mudahan kita bisa menjalankannya supaya kehidupan kita semakin dipenuhi oleh Roh Kudus.

Baca: