Prinsip Gereja Terhadap Politik

Prinsipal Gereja dalam Kehidupan Berpolitik

Bersamakristus.org – Prinsip gereja terhadap politik. Dalam segala aspek kehidupan kita tentu harus mengalaminya dan bersikap harus sesuai denga ajaran yag kita yakini dalam Krisetn.

Alkitab sudah mengajarkan dan memberi tahu kita untuk melakukan apa yang harus dilakukan sesuai ajaran yang diteladani. Umat Kristen juaga memiliki tanggung jawab untuk menciptakan keadilan sosial, ekonomi, politik, budaya, dan lainnya.

Hal ini harusnya dilihat bagaimana prinsip gereja terhadap aspek-aspek berkehidupan di masa sekarang. Contohnya bagaimana prinsip gereja terhadap politik yang kerap kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Arti politik adalah pengetahuan tentag kenegaraan yang merupakan tidakan pemerintah untuk bertindak dan membuat kebijakan di suatu negara. Dan kadang orang-orang tidak dapat mengaitkannya dengan prinsip gereja.

Maka dari itu pada kesempatan ini kami ingin membahas tentang prinsip gereja terhadap kehidupan politik. Simak ulasan lengkapnya dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

Prinsip Gereja Terhadap Kehidupan Politik

Tanpa banyak basa basi lagi langsung saja silahkan simak ulasan lengkap mengenai prinsip gereja terhadap politik yang membuka mata kita mengenai perpolitikan.

  • Memberikan kasih kepada Tuhan, kepada diri sendiri dan sesama manusia dan juga kepada alam semesta merupakan hukum kasih dalam Alkitab.
  • Sikap kebangsaan, kami merupakan anggota dari bangsa Indonesia yang membawa senasib dan sepenanggungan dan membawa cita-cita nasional yang mirip bersama penduduk yang adil dan makmur dilandasi bersama pancasila
  • Kemerdekaan, bebas untuk berbicara, berkumpul dan berserikat dan juga berhak atas hak-hak yang udah diatur dalam Undang-Undang 1945. atau jika diamati dari aspek negatifnya maka mampu terhindar dari penjajahan, penindasan dan juga kegalauan yang mengintimidasi dari barang siapa secara segera ataupun tidak langsung.
  • Menjunjung keadilan, setiap orang membawa hak untuk mendapat perlakukan yang adil, di sini tugas negara yang mesti memastikan bahwa setiap warganya beroleh keadilan.
  • Mencari kebenaran, kebenaran adalah milik Tuhan dapat bersifa abadi tidak mampu diganggu gugat.
  • Kesetiakawanan, membawa empati terhadap berhasil dan kegagalan yang dialami oleh oranglain, setia kepada oranglain terlebih selalu ada kala mereka menderita.
  • Berjiwa tulus, berani terima kekalahan dan menghormati kemenangan oranglain, mampu berbuat sesuai bersama perkataan, tidak memiliki kemauan lain dibalik menambahkan pertolongan sebagai fungsi berdoa bagi orang kristen.
  • Kejujuran, berani dalam mengakui kekurangan yang ada terhadap dirinya, dan mampu bersikap obeyktif untuk menyatakan tidak benar itu tidak benar dan benar itu benar.
  • Kerendahan hati, tidak sombong dan merendahkan oranglain dan mampu bersikap mendengarkan cerita orang dan siap melayani dan berikan pertolongan itulah target hidup orang kristen.
  • Menjadi pelopor, membawa kesiapan dan keberanian untuk menyita suatu tantangan untuk tingkatkan prestasi demi kepentingan bersama.
  • Kesamaan, setiap manusia memiliki martabat yang mirip dan memiliki hak dan kewaiban yang mirip dimata hukum dan pemerintah, supaya mampu terima perlakuan yang adil.
  • Kesetiaan, mampu mobilisasi tugas sesuai bersama apa yang udah dipercayakan dan mampu setia kepada bangsa dan negaranya

Akhir Kata

Sekian ulasan singkat mengenai prinsip gereja kristen terhadap politik. Semoga dapat menambah wawasan kita mengenai politik dan gereja serta kaitan di antara keduanya.

Baca: