Sejarah Gereja Perdana

Asal Usul Perkembangan Gereja Mula-mula

Bersamakristus.org – Sejarah gereja perdana. Gereja perdana, gereja mula-mula, jemaat perdana, atau kekristenan mula-mula merujuk pada kekristenan pada masa antara penyaliban Yesus da Dewan Nicaea Pertama.

Masa tersebut terjadi pada abad ke 4 Masehi. Sumber sejarah utama mengenai Kekristenan di abad pertama adalah kibat Kisah Para Rasul. Mulanya Gereja Kristen terpusat di satu kota yakni Yerusalem.

Salah satu pemimpinnya, Yakobus dari Yerusalem merupakan adik Yesus dan mati sebagai martir pada sekitar tahun 62 Masehi. Setelah Amanat Agung diberikan, Para Rasul kemudian melaksananan aktivitas misionaris.

Aktivitas tersebut dilakukan dengan menyebarkan Kekristenan ke kota-kota di seluruh dilayah dunia Helenistik, seperti Aleksandria, Antiokhia, Roma, serta ke luar Kerajaan Roma.

Masih banyak hal yang perlu kita ketahui tentang sejarah gereja perdana. Anda bisa menyimak secara lengkap ulasan yang kami tulis ini dirangkum dari berbagai sumber terpercaya.

Pengertian Gereja Perdana

Pengertian gereja perdana adalah gereja yang pertama kali berdiri. Artinya, gereja ini terbentuk dari perkumpulan umat yang saling percaya bahwa Yesus adalah Tuhan dan Guru, sekaligus Juruselamat.

Kisah yang menceritakan mengenai Yesus Kristus berawal berasal dari Yesus Kristus wafat, lantas dimakamkan dan bangkit ulang lantas naik ke surga. Setelah itu para pengikut Yesus Kristus bersatu membentuk suatu perkumpulan.

Putusan pengadilan yang diatur Pemerintahan Romawi yang dialami Yesus Kristus, ketika sidang berjalan sebagian umat-Nya tidak menyingkir, mereka mengendap-endap dari kejauhan menyaksikan secara segera Gurunya diadili dan dibawa ke pengadilan.

Namun sesuai bersama perkataan dan perintah berasal dari Yesus Kristus, para pengikutNya sadar dan seluruh udah berjalan sesuai bersama apa yang udah disampaikanNya. Sejak selagi itu mulai berdiri gereja, jemaat atau pengikut Kristus.

Perkembangan Gereja Perdana

Jemaat gereja yang sudah tersebut berkumpul untuk memperlihatkan bahwa mereka plaingpantas disebut sebagai penerus ajaran murid Kristus. Mereka berlomba menyaksikan siapa yang paling kompeten akan pengajaran murid Kristus. ini disebabkan karean kelompok ini berebut untuk diakui sebagai gereja perdana.

Perkumpulan ini dapat berusaha untuk melaksanakan kebiasaan-kebiasaan Gereja Perdana dan dapat mengikutinya sebagai normalitas hidup mereka dan hal ini adalah kegunaan berdoa bagi orang kristen.

Ketika Yesus Kristus tetap bersama para murid-muridNya di dalam Injil Matius Mat16:18 yang berbicara “dan Akupun berbicara kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas abtu karang ini Aku dapat mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak dapat menguasainya”.

Yesus dan para pengikutnya pada ayat selanjutnya dijelaskan gereja dan jemaat sudah didirikan oleh para murid Kristus. Mereka sangat percaya bahwa pimpinan berasal dari murid-murid Kristus adalah Petru si Batu Karang atau si Kefa.

Petrus merupakan murid yang paling kerap tampil dan diakui sebagai juru berbicara salah satu pada murid Kristus, hal ini bisa dicermati berasal dari Kisah Para Rasul di Perjanjian Baru.

Peran Simon Petrus

Pada Injil Yohanes yang merupakan salah satu berasal dari empat Injil Kanonik, terdapat pada Yoh 21:15-17 yakni bahwa Yesus Kristus pernah sampai tiga kali memberi perintah pada Petrus untuk menggembalakan domba-domba yang dimiliki oleh Kristus.

Gereja perdana pada akhirnya diangap tak pernah lepas dari Simon Petrus. Sehingga para kumpulan yang tersedia beranggap mereka adalah kumpulan pengikut Kristus dan menempatkan Petrus sebagai gembala jemaat.

Ajaran Gereja Perdana

Dalam Yesus, Allah udah jadi manusia (Yoh 1:14) yang artinya bisa dicermati dan nampak bersama kasat mata (1 Tim 3:16, 1 Yoh 1 : 1) dan bersama ini bisa digambarkan.

Sosok Allah dijelaskan sebagai gambaran sosok manusia, menyatakan ke-Allahan-Nya yang tidak terlihat. Dalam Gereja Perdana sangat melarang gunakan patung, melainkan gunakan dan lebih tekankan sebagai sebuah Ikon. Karena Yesus Kristus lah Allah itu (Kol 1:15).

Kita bisa mengambil sebagian pelajaran dari sejarah perkembangan gereja perdana, yakni kita perlu merefleksikan hidup dan mengambil pelajaran dari gereja abad pertama untuk mendapatkan kebolehan bertahan serta berkembang dalam Tuhan Yesus sesuai ajaran-Nya.

Kita juga dapat mengajak untuk mengembalikan panggilan kita pada Gereja milik Kristus yang dibuat berasal dari batu karang yang teguh dan kuat. Sehingga pada tahun-tahun setelah itu bisa diteruskan ulang ajaran mata rantai Gereja Tuhan bersama pengenalan ajaran Kristus kepada generasi selanjutnya.

Akhir Kata

Sekian ulasan singkat mengenai sejarah gereja perdana kristen. Semoga dapat membuat kita mengetahui sejarha asal mula didirikannya gereja perdana lengkap dengan perkembangannya.

Baca:

Tinggalkan komentar