Cara Menghilangkan Dendam Menurut Kristen

Tips Hilangkan Dendam bagi Orang Kristiani

Bersamakristus.org – Cara menghilangkan dendam menurut Kristen. Tuhan Yesus tidak mendambakan anak-anak-Nya memiliki sifat dendam yang terus mengakar dalam hati.

Hal tersebut telah dengan jelas diterangkan dalam ayat Alkitab tentang iri hati. Sehingga jika kita menemukan orang yang bersikap dendam, kita harus mengingatkan mereka supaya berhenti.

Pasalnya sikap tercela tersebut hanya muncul karena bisikan setan atau roh jahat. Bukan benar-benar berasal dari hati tulus kita, tapi jika kita tidak bisa melawannya maka kita akan kalah.

Sebagai bahan renungan, di bawah ini kami punya beberapa kumpulan tips dan cara menghilangkan dendam menurut agama Kristen Protestan atau Katolik. Anda bisa menyimak ulasannya di bawah ini.

Tata Cara Menghilangkan Dendam Menurut Agama Kristen

Langsung saja tanpa banyak basa-basi lagi, berikut pembahasan lengkap mengenai tips dan cara agar tidak dendam dalam agama Kristen atau Alkitab. Simak pembahasannya di bawah ini.

1. Berdoa

Pertama jika kita ingin hati diliputi kebaikan maka sebaiknya selalu dekatkan diri kepada Allah. Caranya dengan memperbanyak dan meminta kekuatan dari Tuhan Yesus, karena dengan demikian kit akan seallu dipenuhi oleh rasa kasih dan jauh dari keinginan balas dendam.

Tidak ada satu perkara yang luput dari pandangan Allah, maka dari itu yang palig tepat adalah berdoa serta menyerahkan semuanya kepada Allah. Supaya tujuannya Allah yang mengatur dan memberikan ganjaran kepada mereka yang menyakiti umat-Nya.

2. Bersekutu

Selalu ingatkan diri dan hati kita supaya bersekutu dengan teman-teman seiman, karena dengan hal ini maka hati kita akan seallu dikuatkan dan diingatkan untuk menabur kabaikan. Dengan demikian kita akan terus dekat kepada Allah dan melupakan dendam dalam hati.

Sebagai gantinya, kita akan diberikan sukacita serta damai dari Allah yang menjadikan dendam menghilang. Sebab itu, jangan pernah melewatkan kegiatan ibadah di gereja serta terus perhatikan firman Allah agar hati tenang dan damai.

3. Buah Roh

Cara menyingkirkan dendam dalam agama Kristen berikutnya yaitu menyerahkan diri untuk selalu melakukan perbuatan yang sesuai dengan kehendak Tuhan, salah satunya buah-buah Roh Kudus. Dengan begitu hidup kita akan dipenuhi kasih dan cukacita, menuntun kita menjauhi dendam.

4. Saling Memaafkan

Sebaiknya kita juga jangan lupa untuk selalu memaafkan orang lain yang telah bersalah kepada kita. Dengan memaafkan secara tulus maka akan membantu menghilangkan dendam serta hati kita dan juga memenuhi hati dengan damai sejahtera serta kasih yang begitu melimpah.

5. Besar Hati

Sebaiknya kita juga harus berbesar hati ketika ada orang yang menyakiti, supaya keinginan untuk membalaskan dendam bisa dihindari. Dengan demikian maka kita tidak akan ada niatan untuk melakukan perbuatan buruk termasuk dendam.

6. Saling Mengasihi

Terakhir supaya kita jauh dari rasa dendam maka sebaiknya jangan lupa hukum kasih dalam Alkitab. Sebab dengan menyadarinya maka kita akan lebh mudah memberi maaf dan menghndari rasa dendam ataupun amarah kepada orang lain.

Akhir Kata

Mungkin sampai di sini terlebih dahulu mengenai tata cara menghilangkan dendam menurut Kristen. Semoga bisa menjadi renungan bagi kita supaya menghindari sifat buruk tersebut.

Baca: