Contoh Kesetiaan dalam Alkitab

Contoh Sikap Setia Menurut Firman Tuhan

Bersamakristus.org – Contoh kesetiaan dalam Alkitab. Setia merupakan istilah di mana kita hanya fokus percaya pada satu hal, tidak melihat atau melirik hal lainnya yang serupa.

Dalam agama Kristen, setia kerap disangkutpautkan dengan keyakinan. Artinya, kita selalu yakin dan percaya bahwa Tuhan kita adalah Yesus dan Allah adalah Bapa Tritunggal.

Tidak ada yang bisa menyamai kedudukan mereka, tidak ada hal yang membuat kita bisa berpindah keyakinan ke agama lain. Kesetiaan berarti kita mempercayai hal tersebut sampai akhir hayat.

Ada banyak sekali contoh kesetiaan yang disebutkan di dalam Alkitab dan bila kita mempelajarinya, kita bisa menambah wawasan rohani yang bermanfaat untuk pendewasaan rohani.

Di sini, kami ingin memberikan beberapa contoh kesetiaan dalam agama Kristen menurut Alkitab yang bisa kita tiru pada kehidupan masa sekarang. Simak langsugn ulasannya di bawah ini.

Contoh Kesetiaan dalam Alkitab yang Bisa Ditiru

Tanpa banyak basa basi lagi, langsung saja silahkan simak ulasan lengkap mengenai contoh kesetiaan dalam Alkitab yang menginspirasi dan memotivasi. Simak di bawah ini.

1. Tidak Menyimpang

Dalma Alkitab, contoh kesetiaan digambarkan dengan tetap lurus dengan yang dikehendaki Tuhan, jangan menyimpang. Ulangan 5:32-33, mengingatkan kita untuk lakukan sepenuhnya itu dengan setia, jangan umpama kesetiaan dalam Alkitab menyimpang ke kanan dan ke kiri sehingga lanjut lanjut usia di negeri yang ditempati.

2. Bertahan hingga Garis Akhir

Taat sampai akhir ditujukan bukan hanya taat bebeerapa hal saja, dan menunda untuk taat kepada perintah Allah lainnya. Tuhan menghendaki anak-anaknya taat hingga akhir dengan tidak hanya beberapa atau menundanya. Wahyu 2:10, mengingatkan kita untuk setia hingga mati sehingga kita meraih mahkota kehidupan.

Contoh-contoh tokoh alkitab yang tidak setia.

  • Raja Saul, Raja Saul kondang dalam memimpin kerajaannya tetapi ia terhitung jatuh ke dalam dosa. Ia berdosa sebab tidak memusnahkan seluruh ternak dan menyimpan yang baik-baik dengan dalih untuk dipersembahkan terhadap Tuhan
  • Simon Petrus, Simon Petrus adalah tidak benar satu murid Yesus yang menyangkal Yesus dengan tidak mengakui jika ia kenal dan murid Yesus
  • Yudas Iskariot, Yudas Iskariot terhitung tidak benar satu murid Yesus tetapi ia menjajakan Yesus dengan harga 30 perak

Contoh-contoh tokoh-tokoh alkitab yang kesetiaannya dapat kita umpama.

  • Sadrakh, Mesakh, dan Abednego, kisah mereka bertiga ini di awali dengan mereka yang tidak senang menyembah berhala yang disuruh oleh Firaun dan menentukan untuk selamanya setia kepada Allah dan akhirnya mereka dimasukkan ke dalam dapur api tetapi, sebab kesetiaan mereka Allah membela mereka
  • Daniel, Sama dengan cerita Sadarakh, Mesakh, dan Abednego, Daniel selamanya setia kepada Allah kendati pun udah dimasukkan ke dalam goa singa Rasul Paulus, Rasul Paulus dulu dipenjara, disiksa, dan didear nyaris mati untuk menginformasikan umpama kesetiaan dalam Alkitab kebenaran tetapi ia selamanya setia hingga garis akhirnya

Akhir Kata

Sekian ulasan singkat mengenai contoh kesetiaan di dalam alkitab. Semoga contoh-contoh tersebut dapat kita tiru dalam kehidupan sehari-hari terutama implementasinya di masa sekarang.

Baca: