Tokoh Misionaris Kristen di Indonesia

Tokoh Misionaris Kristiani di Indonesia

Bersamakristus.org – Tokoh misionaris Kristen di Indonesia. Dahulu Indonesia dikenal sebagai negara yang mayoritas masyarakatnya mengenal kepercayaan animisme dan dinamisme.

Kepercayaan Kristen dan Katolik kemudian masuk ke Indonesia dan disebarkan oleh misionaris. Hingga kini peran mereka begitu nyata dan bersejarah, banyak masyarakat Indonesia yang kemudian menganut agama Kristen.

Seorang misionaris adalah seorang pendakwah atau penyebar agama. Dalam konteks agama Kristen, tokoh misionaris Kristen di Indonesia adalah mereka yang menyebarkan agama Kristen di Nusantara.

Siapa saja mereka? Tokoh-tokoh berasal dari mana saja yang berjasa menyebarkan Kristen ke Indonesia? Berikut ulasannya secara lengkap yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Tokoh Misionaris Kristen yang ada di Indonesia

Di bawah ini merupakan penjelasan dan ulasan sejarah tokoh misionaris Kristen di Indonesia. Simak ulasannya yang kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya.

1. Fransiscus Xaverius

Fransiscus Xaverius merupaakn tokoh misionaris Kristen pertama di Indonesia, dia berasal dari Portugis. Dirinya terkenal di kalangan masyarakat Indonesia bagian timur karena ikut menyebarkan Kristen di Maluku.

Sebagai misionaris, Fransiscus Xaverius berusaha menyebarkan Alkitab dan berita keselamatan dari Allah. Fransiscus Xaverius juga bepergian ke banyak tempat dan pada akhirnya dirinya disemayamkan di Gowa, Indonesia.

2. Stephen Tong

Stephen Tong merupaakn pendeta yang lahir di Fujian, China. Kemudian dia menjadi WNI dan tinggal di Jakarta sejak usia 17 tahun untuk menjadi penginjil. Dirinya juga merupakan salah satu tokoh teologi reformed terkemuka di dunia.

Stephen Tong sering sekali mengadakan seminar-seminar di seluruh dunia secara teratur setiap tahun. Bahkan dia juga mendirikan Stephen Tong Evangelistic Ministries International (STEMI) dan anggota International Consultants of the Lausanne Committee of World Evangelization.

3. Joseph Kam

Joseph Kam menjadi seorang misionaris Kristen Protestan yang bekerja di wilayah Maluku dan sekitarnya. Dia berasal dari Belanda dan bekerja sebagai misionaris sekaligus pendeta ketika mendatangi Maluku.

Bahkan Joseph Kam juga mendapatkan gelar Rasul Maluku oleh masyarakat Kristen setempat karena jasanya mengembangkan kekristenan di sana. Setelah 20 tahun di Maluku, Kam meninggal pada 1833 dan dimakamkan di Ambon.

4. Mgr. Albertus Soegijapranata

Berikutnya ada Mgr. Albertus Soegijapranata, tokoh misionaris sekaligus pahlawan nasional Indonesia. Dia lahir dan besar ketika Indonesia mengalami masa penjajahan, tetapi ini tidak mengurungkan niatnya untuk membantu menyebarkna berita keselamtan dari Allah yang dibawa Kristus.

Pada saat itu Mgr. Albertus Soegijapranata melakukan khotbah dari satu gereja ke gereja lainnya. Salah satu tindakan heroiknya adalah memerintahkan beberapa orang untuk mengibarkan bendera Indonesia pada saat Jepang kalah dari sekutu.

Akhir Kata

Itulah sedikit pembahasan mengenai tokoh misionaris kristen indonesia. Mudah-mudahan informasi yang telah kami sampaikan di atas bisa bermanfaat khususnya untuk menambah wawasan kerohanian.

Baca: