Perbedaan Gereja Bethel dan Pentakosta

Bedanya Gereja Bethel dengan Pentakosta

Bersamakristus.org – Perbedaan gereja Bethel dan Pentakosta. Mungkin masih ada beberapa umat Kristiani yang tidak menyadari bahwa antara Bethel dan Pentakosta adalah beda.

Gereja Bethel Indonesia (disingkat GBI) merupakan suatu kelompokan atau sinode gereja Kristen Protestan di Indonesia. Gereja tersebut bernaung di bawah Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI).

Sementara pentakosta adalah Gereja Pentakosta Indonesia adalah sebuah kelompok gereja Kristen di Indonesia yang berawal di daerah Tapanuli, provinsi Sumatra Utara. Dari. namanya saja mungkin bisa ditarik kesimpulan keduanya beda.

Di bawah ini akan kami jelaskan kepada Anda secara rinci perbedaan Bethel dan Pentakosta secara lebih lanjut. Anda dapat menyimak seluruh ulasan lengkapnya pada pembahasan di bawah berikut ini.

Perbedaan Ajaran Gereja Bethel dan Pentakosta

Langsung saja ini dia beberapa perbedaan di antara Bethel dengan Pentakosta. Simak langsung ulasan serta pembahasannya yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Liturgi

Liturgi Bethel berbeda dengan ibadah Pentakosta. Biasanya konsepnya hampir sama yaitu memiliki pembukaan berupa pujian serta penyembahan. Setelah itu di tengah terdapat firman dan kemudian disusul penutup.

Namun secara spesifik perbedaannya akan terdapat pada lagu pujian yang umumnya tidak sama. Maka dari itu ada kalanya jika beribadah dari Bethel kemudian pindah ke ‘Pentakosta mengalami kesulitan pada saat pujian dan penyembahan.

2. Administrasi

Dari segi administrasi, keduanya juga memiliki perbedaan besar. Berbeda dengan gereja Katolik yang punya satu sumber, gereja Kristen punya administrasi sendiri berdasarkan pemilik dari gereja tersebut. Maka Bethel dengan Pentakosta di bawah naungan gereja yang berbeda.

Dengan demikian secara administratif, seperti mengajukan syarat pemberkatan nikah akan berbeda di antara Bethel dan Pentakosta. Maka dari itu sebaiknya mengenai administrasi harus jeli melihat gerejanya supaya tidak salah.

3. Penggembalaan

Perbedaan Bethel dengan Pentakosta juga bisa dilihat dari segi penggembalaan. Biasanya terlihat dari sebutan pemuridan dan penggembalaan, ada yang menyebut komsel ada juga yang menyebut FA. Ada juga perebdaan pendeta dan pastor yang melayani pemberitaan firman.

Semuanya tergantung pada kebijakan gereja masing-masing. Meski tujuannya sama namun hal ini butuh diketahui umat Kristiani yang ingin melakukan ibadah di salah satu gereja tersebut supaya lebih mudah menyesuaikan.

Akhir Kata

Itulah sedikit pembahasan mengenai perbedaan gereja bethel dengan pentakosta. Dengan demikian mudah-mudahan tidak ada lagi yang berdebat mengenai bedanya ajaran gereja Bethel dan Pentakosta.

Baca: