Cara Menenangkan Diri Menurut Kristen

Tips agar Hati Tenang dalam Agama Kristen

Bersamakristus.org – Cara menenangkan diri menurut Kristen. Kadang bila ada masalah berat, itu membuat hati kita merasa tidak tenang, khawatir, takut, was-was, atau bahkan cemas.

Perasaan itu muncul begitu saja dan tidak bisa kita kontrol supaya mereda. Hal yang dapat kita lakukan ialah memohon doa menghadapi masalah dalam agama Kristen. Tapi itu saja tidak cukup.

Ibarat sayur tanpa garam, doa tanpa usaha akan menjadi sebuah hal yang sia-sia. Oleh karena itu ketika hati kita sedang tidak tenang, lakukanlah beberapa hal agar bisa menenangkan pikiran kita.

Di bawah ini kami memiliki tips cara menenangkan diri menurut agama Kristen didasarkan pada ayat-ayat Alkitab. Anda bisa menyimak langsung seluruh ulasannya secara lengkap pada pembahasan di bawah ini.

Tata Cara Menenangkan Diri Menurut Agama Kristen

Tanpa banyak basa basi lagi, berikut langsung saja mari kita simak bersama mengenai tata cara dan tips menenangkan diri dalam agama Kristen. Simak ulasan berikud disadur dari berbagai sumber.

1. Berserah Diri

Sebaiknya kita harus selalu ingat untuk berserah diri kepada Allah. Sebab karena dengan berpikir negatif hanya akan membuat kita dipandang buruk. Hidup dan hati kita pun kemudian tidak lagi diluputi rasa gelisan atau takut yang terjadi setiap harinya.

Kita juga jangan pernah memikirkan segala sesuatu dari dasar pikiran manusia saja. Melainkan sebaiknya kita menyerahkan segala perkara pada Allah, sehingga Dia akan memberikan jalan keluar bagi setiap masalah kita.

2. Miliki Pikiran Allah

Cara berikutnya yaitu dengan jalan memiliki pikiran seperti Allah. Karena itulah kita perlu mendekatkan diri kepada-Nya baik lewat doa atau saat teduh bersama dengan Allah. Dengan demikian maka kita akan me njadi lebih mudah untuk memahami apa maksud Allah pada hidu kita.

Ingat juga bahwa apa yang Allah pikirkan bisa menjadi berbeda dengan apa yang dipikirkan manusia. Oleh sebab itu kita jangan pernah menuruti kehendak sendiri, melainkan juga memiliki pikiran Allah. Dengan begitu hati kita akan menjadi lebih tenang dalam berserah kepada Allah yang memberikan jalan.

3. Penuh Roh Kudus

Kita harus senantiasa berdoa dan minta petunjuk Roh Kudus, ini sangat penting. Sebab, manusia tidak akan pernah bisa menghadapi segala sesuatu tanpa penyertaan Allah yang begitu luar biasa.

Ketika ktia berada di dalam runtunan Roh Kudus, maka hati kita juga akan merasa lebih tenang dan penuh damai sejahtera. Sehingga upayakan diri untuk selalu dekat dengan Allah sehingga dipenuhi Roh Kudus yang akan menentramkan hati kita.

4. Berpikir Positif

Pikiran positif harus selalu ada dalam hidup kita ketika menghadapi masalah, sehingga hati kita menjadi lebih tenang serta dapat menghindari gelisah. Ini juga merupakan cara hidup bahagia dalam agama Kristen.

Prinsip kasih mengenai Alkitab dan perwujudan damai tentu saja bisa menjadi lebih mudah didapatkan ketika memiliki iman dan percaya kepada Allah. Pikiran yang positif ini juga akan menuntun kita menjauhi kekhawatiran dalam hidup dan menjadi tenang bersama Tuhan.

5. Doa Puasa

Terakhir adalah kita menyediakan waktu saat teduh. Jika perlu, lakukan juga doa dan puasa dalam agama Kristen. Sehingga diri kita semakin intim dengan-Nya dan merasa tenang meski mempunyai masalah, karena Dia yang akan mengatasi persoalan kita.

Akhir Kata

Mungkin sampai di sini terlebih dahulu mengenai tata cara menenangkan diri menurut kristen. Mudah-mudahan bisa membuat hati kita menjadi lebih tenang, damai, dan sejahtera.

Baca: