Perbedaan Uskup dan Paus

Ini Bedanya Uskup dengan Paus

Bersamakristus.org – Perbedaan uskup dan Paus. Mungkin masih ada sebagian orang Kristen yang belum tahu apa sih bedanya uskup dan paus, meliputi wilayahnya dan tugasnya.

Sebelumnya kami telah menjelaskan mengenai perbedaan keuskupan dan keuskupan agung. Di sana dijelaskan bahwa keuskupan adalah dioses atau wilayah gerejawi yang diatur oleh seorang uskup.

Biasanya wilayahnya tidak begitu luas, hanya mencakup kabupaten atau kota saja. Sedangkan kepausan adalah pusat gereja di seluruh dunia, seluruh hal yang berkaitan dengan Katolik diatur di sini.

Dari cakupan wilayahnya saja kita sudah tahu perbedaannya. Tapi supaya lebih jelas akan kami perdetail lagi mengenai perbedaan di antara keduanya dalam agama Kristen.

Perbedaan Antara Uskup dan Paus dalam Kristen

Langsung saja tanpa banyak basa basi kembali, simak langsung berikut pembahasan mengenai perbedaan di antara keduanya menurut agama Kristen.

1. Hierarki

Dari segi hierarki kita sudah bisa mengetahui bahwa paus adalah pemimpin tertinggi umat Katolik dunia dan berpusat di Vatikan, Roma. Maka dari itu paus mengepalai uskup di seluruh dunia dalam menjalankan tugasnya.

Dengan ini cukup jelas bahwa dalam hierarki umat Katolik, keuskupan dan keuskupan agung berada di bawah Paus. Seorang uskup juga merupakan pemimpin umat Katolik di suatu provinsi atau negara sehingga posisinya ada di bawah paus.

2. Tanggung Jawab

Tanggung jawab keduanya tentu saja berbeda, mengingat kedudukannya juga lebih tinggi paus. Pemimpin tertinggi Katolik bertanggung jawab terhadap semua liturgi secara Katolik di dunia, sedangkan uskup bertanggung jawab hanya di wilayah pimpinannya saja.

Maka dari itu seorang uskup mau tidak mau harus bertanggung jawab kepada paus sebagai pemimpin tertinggi. Pada akhirnya tanggung jawab paus adalah kepada Tuhan secara pribadi atau sebagai seorang pemimpin.

3. Peranan

Dari segi peranan, perbedaan antara mereka berdua juga cukup jelas. Paus bertugas dan memiliki peranan yang luas dan berat, karena harus memimpin seluruh umat Katolik di dunia dan bertanggung jawab terhadap sosial politik juga.

Sementara itu, peranan uskup hanya sebatas lingkup gereja yang ada di dalam provinsinya saja. Tugas uskup tentu lebih banyak menghadapi tanggung jawab secara liturgi dan sisi ibadah. Tapi paus juga harus memikirkan banyak hal tidak hanya terbatas pada gereja saja melainkan juga pemuka agama yang dipandang oleh dunia.

4. Cara Memilih

Seorang uskup dipilih dari paus secara otoritas, sedangkan cara memilih paus melalui komite dan pada umumnya sudah ditetapkan dari awal untuk menjadi pemimpin tertinggi Katolik yang saat ini tengah bertugas. Mekanisme ini membuat paus berbeda dengan pelayan Tuhan lainnya dalam agama Katolik.

5. Pelayanan

Terakhir, dalam hal pelayanan, lingkup mereka juga berbeda. Paus harus lebih luas daripada seorang uskup meski sama-sama mengemban tugas demi kebaikan gereja Katolik, tapi tentu saja paus memikul tanggung jawab pelayanan yang lebih besar.

Akhir Kata

Mungkin sampai di sini terlebih dahulu mengenai perbedaan uskup dengan paus. Semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat bagi umat Kristen semua supaya mengetahui apa perbedaan keduanya.

Baca: