Benarkah Orang Kristen Tidak Bisa Disantet

Apa Benar Umat Kristen Tak Bisa Disantet

Bersamakristus.org – Benarkah orang Kristen tidak bisa disantet. Di masa modern seperti ini masih saja ada sejumlah orang yang percaya akan santet, termasuk dari kalangan Kristen dan Protestan.

Santet adalah cara yang dilakukan oleh seseorang untuk mencelakai orang lain dari jarak yang jauh. Mereka melakukan kegiatan buruk tersebut dipercaya dengan menggunakan ilmu hitam.

Biasanya santet sering dilakukan oleh orang yang mempunyai dendam, karena sakit hati, benci, atau emosi berlebihan kepada orang lain. Santet juga dapat dilakukan sendiri maupun dengan bantuan seorang dukun yang ahli.

Lantas benarkah orang agama Kristen dikenal tidak bisa disantet? Hal ini telah menjadi desas-desus di mana-mana, namun mungkin pembahasan di bawah ini bisa membuka mata kita bersama.

Benarkah Orang Agama Kristen Tidak Bisa Disantet

Apakah benar orang agama Kristen tidak bisa disantet, kebal santet, dan semacamnya? Berikut pembahasan serta penjelasan yang telah kami sadur dari berbagai sumber.

1. Yohanes 13:27

Dan sesudah Yudas menerima roti itu, ia kerasukan Iblis. Maka Yesus berkata kepadanya: “Apa yang hendak kauperbuat, perbuatlah dengan segera.”

Kita tahu dalam pelayanan-Nya, Yesus punya 11 murid termasuk Yudas. Yudas menjadi pengikut dan kita bisa menyebutnya orang Kristen, tapi ternyata Allah menceritakan bahwa Yudas kerasukan iblis.

Meski ayat ini lebih sesuai sebagai ayat Alkitab untuk orang kesurupan, hal ini cukup menjawab pertnayaan apakah orang Kristen kebal santet atau tidak. Pada dasarnya orang Kristen bisa disantet.

2. 1 Yohanes 4:4

Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia.

Yohanes memberikan jawaban lain atas pertanyaan tersebut. Ayat di atas menyatakan orang Kristen tidak bisa disantet, karena berasal dari Allah, dan sudah dipenuhi oleh Roh Kudus.

Roh Kudus itu memiliki kuasa yang jauh lebih besar dibandingkan roh apapun di dunia ini termasuk santet. Jadi tidak mungkin bagi umat Kristen disantet. Namun dalam kasus Yudas, imannya sebagai orang Kristen sudah hilang.

Yudas hanya menjadi orang Kristen yang suam-suam kuku. Padahal ayat di atas menjelaskan bahwa orang Kristen yang sungguh-sungguh berasal dari Allah, akan memberikan kesimpulan bahwa hanya orang yang benar-benar mengikuti Kristus, yang tidak bisa disantet.

3. Yohanes 10:28-29

Dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorang pun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku. Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar dari pada siapa pun, dan seorang pun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa.

Ayat tersebut juga menjelaskan kebenaran jawaban dari pertanyaan benarkah orang Kristen tidak bisa disantet. Jawabannya benar bagi orang yang sungguh-sungguh mengikuti Kristus, kita harus ingat bahwa Bapa maha besar dan kuasa.

Hak ini membuat jika kita sudah menjadi milik Bapa, tidak ada seorangpun yang bisa merebut kita tanpa izin-Nya. Allah kita sangat mengasihi kita dengan kasih-Nya, sehingga Dia tidak akan melepaskan kita dari kuasa jahat.

Akhir Kata

Sampai di sini dulu pembahasan dari kami mengenai benarkah orang agama kristen tidak bisa disantet. Mudah-mudahan apa yang sudah kami sampaikan di atas bisa bermanfaat, terutama bagi umat Kristiani.

Baca: