Tips Rajin Membaca Alkitab

Cara Supaya Rajin Baca Firman Tuhan

Bersamakristus.org – Tips rajin membaca Alkitab. Membaca ayat Alkitab tentu saja sangat bermanfaat bagi diri kita, terutama untuk meningkatkan iman dan kepercayaan kepada Bapa di surga.

Namun kadangkala kita merasa kehidupan dunia kita lebih penting, sehingga lebih banyak waktu dialihkan untuk mencapai kesuksesan dunia. Di sisi lain, kehidupan rohani semakin ditinggalkan.

Harusnya sih, di antara kedua kehidupan itu kita jalani dengan seimbang. Artinya, kita tidak boleh mengabaikan pekerjaan di dunia, namun tetap melanjutkan pekerjaan untuk kerohanian.

Nah bagi yang suka malas membaca Alkitab, menjadi tantangan gereja masa kini, mungkin beberapa tips agar rajin membaca Alkitab berikut dapat membantu. Simak langsung ulasannya.

Tips agar Rajin Membaca Alkitab Setiap Hari

Berikut ulasan dan pembahasan mengenai cara atau tips rajin membaca ayat emas Alkitab setiap hari. Anda bisa mengikuti tips-tips di bawah ini yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Pada Waktu yang Tepat

Kenapa kita rutin pergi ke gereja setiap minggu? Karena kita tahu perlu pergi ke sana setiap minggu, sudah jadwalnya. Mengapa kita merayakan Natal setiap tahun? Karena kita tahu perayaan Natal hanya datang sekali setahun.

Hal ini juga bisa kita terapkan dalam membaca Alkitab, mungkin akan sulit jika kita hanya berkomitmen membaca Alkitab setiap hari. Maka dari itu kita juga harus menentukan jam dan durasi kita membaca Alkitab sepanjang harinya.

Bahkan jika diperlukan, kita dapat mengaktifkan pengingat untuk membaca Alkitab setiap waktu yang sudah ditetapkan. Dengan memiliki waktu yang tetap, hal ini bisa membantu kita untuk terus menyisihkan waktu membaca firman Tuhan.

2. Memiliki Rencana Baca

Kadang kita kesulitan memilih durasi waktu yang tepat untuk membaca Alkitab, maka jika masih kesulitan kita bisa menentukan rencana baca. Misalnya dalam sehari kita berencana membaca 1 pasal secara berurutan, mulai dari Kejadian sampai Wahyu.

Selain itu kita juga dapat menyesuaikan rencana baca tersebut dengan kapasitas masing-masing. Sebagai manusia, kita cenderung punya jiwa berkompetisi, memiliki target, sehingga termotivasi untuk memenuhinya. Rencana baca akan mendorong kita berusaha memenuhi target tersebut.

3. Memiliki Kelompok Baca

Manusia merupakan makhluk sosial, kita sering kehilangan motivasi jika berjalan sendirian. Kita berpikir orang lain tidak melakukan hal ini, tidak apa jika gagal mencapai target. Maka dari itu penting untuk memiliki linkungan yang mendukung kita supaya rajin membaca Alkitab.

Kita juga bisa berkomitmen bersama seseorang, teman, atau kelompok membaca Alkitab. Adanya kelompok tentu saja akan membantu kita termotivasi setiap hari ketika sudah mulai malas mmebaca Alkitab, mereka juga bisa membantu kita memahami apa isi ayat yang kita baca.

4. Rajin Membaca Alkitab

Tips rajin membaca Alkitab selanjutnya yaitu kita harus rajin membawa Alkitab ke mana saja. Tips ini juga mmembantu kita yang dituntut untuk sering bepergian karena dengan membawanya, kita bisa memakai waktu luang kita.

Membawa Alkitab juga bisa membantu kita mengingat untuk perlu membaca Alkitab. Bila kita kesulitan membawa Alkitab dalam bentuk buku, kita juga bisa membawa yang elektronik. Misalnya menyimpan aplikasi Alkitab di hp dan semacamnya.

5. Menikmati Bacaan

Cara supaya rajin membaca Alkitab selanjutnya yaitu kita perlu menikmati setiap ayat yang kita baca. Jangan terlalu terbebani untuk mengerti apa isi bacaannya. Kita bisa merenungkan dalam saat tedih pribadi, sehingga kita bisa mengerti sinya.

Tapi jika melakukan bacaan Alkitab harian, hal yang penting untuk diketahui yatitu membaca Alkitab terlebih dahulu. Jika kita kesulitan untuk mengerti, tidak perlu kehilangan motivasi untuk membacanya.

Anda bisa membaca sambil berdoa untuk meminta pertolongan dari Tuhan dan menjelaskannya kepada kita. Kita juga mungkin tidak mengerti bacaan itu saat membacanya, tapi jika kita bersungguh-sungguh meminta kepada Tuhan, kita bisa mengerti suatu hari nanti ketika kita teringat akan bacaan tersebut.

6. Mau Berproses

Kita adalah manusia yang penuh kedagingan, kadang kita sulit memenuhi target kita. KAdang kita memilih kedagingan untuk bermalas-malasan, sehingga tidak sempat membaca satupun ayat Alkitab meski sudah direncanakan.

Jika gagal sehari membaca Alkitab, tentu kita tidak boleh merasa takut. Tips rajin membaca Alkitab berikutnya yaitu jangan takut untuk berproses, jika melewatkan sehari, itu tidak berarti kita tidak bisa lagi melanjutkan rencana awal kita.

Jika kita pernah terlewat sehari, itu tidak berarti kita sungguh berdosa dan tidak pantas untuk kembali membaca Alkitab. Ingat, bahwa yang terpenting yaitu bagaimana motivasi dan isi hati kita.

Jangan lupa minta ampun kepada Tuhan dengan memanjatkan doa pengakuan dosa Kristen. Silahkan lakukan yang terbaik dan berharaplah kita bisa memperoleh keberhasilan.

Akhir Kata

Sampai di sini terlebih dahulu penjelasan dari kami mengenai tips rajin membaca alkitab setiap hari. Tentu saja kami berharap tips yang dibagikan di atas tidak hanya dibaca saja, melainkan juga bisa dipraktekkan.

Baca: