Gereja Terbesar di Indonesia

Gereja Paling Megah di Tanah Air

Bersamakristus.org – Gereja terbesar di Indonesia. Gereja merupakan tempat ibadah orang Kristen Protestan atau Katolik. Di masa sekarang, sudah ada banyak gereja yang tersebar di Nusantara.

Jenis-jenis gereja juga beragam, ada gereja advent, gereja kharismatik dan protestan, hingga GPIB dan GKI. Masing-masing memiliki keunggulannya tersendiri, sehingga membuatnya menjadi banyak diikuti.

Tapi mungkin sebagian besar yang ada di sini bingung gereja mana sih yang merupakan gereja terbesar dan paling megah di Indonesia? Terbesar yang dimaksud di sini adalah dari segi bangunannya.

Nah bagi yang penasaran, di sini kami akan menjelaskan dan membagikan ulasan mengenai gereja terbesar yang ada di Indonesia. Anda bisa menyimak ulasan lengkapnya pada uraian di bawah ini.

Daftar Gereja Terbesar yang ada di Indonesia

Tanpa banyak basa basi lagi, langsung saja simak ulasan berikut mengenai daftar gereja terbesar dan termegah yang ada di Indonesia. Simak pembahasannya langsung pada ulasan di bawah berikut ini.

1. Gereja Bethany Surabaya

Gereja di Surabaya ini didirikan pada tahun 1978 silam oelh Pdt. Abraham Alex Tanuseputra. Kala itu Gereja Bethany Surabaya masuk dalam sinode yang dinamakan Sinode Gereja Bethel Indonesia (GBI).

Gereja ini dibangun konstruktinya mulai pada tahun 1987 yang selesai pada tahun 2000. Kala itu kapasitasnya mencapai 20 ribu orang. Sejak saat itu Gereja Bethany Surabaya disebut sebagai yang termegah di ASEAN.

Sementara itu di masa sekarang, kapasitas gereja ini talh dinaikka. Sehingga gereja yang terletak di Jalan Manyar Rejo II no. 36-38, Surabaya ini bisa menampung hingga 35 ribu jemaat.

2. JKI Kerajaan Allah Semarang

JKI Kerajaan Allah Semarang diresmikan pada tahun 2007 dan bisa menampung hingga 12 ribu umat Kristiani. Bentuk gereja ini menyerupai stadium, dan beralamat di Jl. Arteri Utara, Komplek Grand Marina, Semarang.

Jumlah uamat yang dimiliki GBI Keluarga Allah adalah 20.000 orang, tapi bagnunan gereja dengan jumlah kursi duduk yang dimilikinya hanya bisa menampung 5.000 jemaat saja. Selain itu gereja ini juga memiliki cabang di Yogyakarta dengan daya tampung 1.500 umat Kristiani.

Yang dimiliki gereja ini, antara lain gedung sekolah dari SD hingga SMA, sebuah Sekolah Tinggi Theologia (STT), sebuah stasiun televisi lokal yang bernama TA TV, dan memiliki radio lokal bernama El Shadai FM.

3. GBI Mawar Sharon di Kelapa Gading

Berikutnya ada GBI Mawar Sharon di Kelapa Gading, yang pada tahun 1992 dibangun dengan lahan seluas 9.870 meter. Konstruksi bangunanya dimulai dengan ukuran awal 20×65 meter, dan pada Juli 1995 gereja ini diresmikan oleh Pdt. David Yonggie Cho.

Dengan ukuran tersebut, gereja dapat menampung umat dengan kapasitas 2.000 orang jemaat, Tapi kemudian gereja ini ditingkatkan kapasitasnya hingga bisa menampung hingga 10 ribu jemaat. Gereja ini beralamat di Jl. Hybrida Timur, Kelapa Gading Permai, Jakarta Utara.

Adapun bangunan yang terdapat di dalam gereja, antara lain Gedung kantor sekretariat lima lantai, Gedung sekolah, Area atau tempat khusus untuk berdoa, Gedung Lembaga Pendidikan.

4. Gereja Reformed Injili Indonesia

Gereja Reformed Injili Indonesia (Katedral Mesias Kemayoran) memiliki bangunan yang luas didirikan di atas lahan 12.000 meter persegi. Bangunan ini bisa menampung 4.800 + 2.200 umat Kristiani. Bentuk bangunannya juga sangat unik.

Atap gerejanya menyerupai kubah yang asngat megah, dan gereja ini beralamat di Komplek GRII di Jl. Industri Blok B-14 No. 1, Kemayoran, Jakarta Pusat. Gereja ini juga memiliki bangunan sebagai sarana dan fasilitas pendukung.

Bangunan lain yang terdapat di dalam gereja antara lain Aula Mesias Katedral yang menampung 4.800 umat, Aula John Calvin untuk menampung 2.200 umat, Ruang untuk aktivitas belajar mengajar anak-anak, Ruang untuk kaum muda dan anak-anak.

5. GBI Rock Denpasar

Selanjutnya ada GBI Rock Denpasar yang beraliran karismatik. Gereja ini mampu menampung lebih dari 5.000 jemaat gereja dan beralamat di di Jl. Antosura, Peguyangan Kangin, Denpasar, Bali.

Awalnya, gereja ini hanya bisa menampung 4.500 jemaat asja, tapi kemuian dilakukan perluasan hingga pada 2006 memiliki daya tampung sampai 5.400 orang, serta pada tahun 2009 bangunan gereja ini berhasil ditahbiskan.

6. GBI Basilea

GBI Basilea (Christ Katedral Serpong) bisa menampung sekitar 2.500 orang Kristen saja. Pada tahun 2011 lalu gereja ini juga pernah terancam diledakkan oleh bom yang berbahaya, namun bisa diantisipasi.

Gereja ini beralamat di Jl. Telaga Gading Serpong No. 888, Cihuni, Tangerang, Banten. Gereja yang beraliran Karismatik ini dpimpin oleh seorang Gubernur Banten adalah orang yang meresmikan gedung gereja terbesar di Serpong ini. Kapasitas umat yang dapat beribadah sejumlah 2.000 orang jemaat.

7. GPIB Immanuel

GPIB Immanuel dulunya bernama Gereja Willems Kerk, tapi pada tahun 1948 namanya diganti. Gereja ini didirikan sebagai perwujudan mimpi Raja Belanda yang berkuasa tahun 1813-1840. Pembangunan gereja dimulai pada tahun 1835 dan selesai pada 1839.

Gereja ini beralamat di Jl. Merdeka Timur No. 10, Gambir, Jakarta Pusat. Gereja ini merupakan salah satu gereja Protestan yang ada di Indonesia, dan kerap dikunjungi untuk beribadah atau wisata rohani Kristen di Jakarta.

Akhir Kata

Sekian sampai di sini terlebih dahulu penjelasan tentang gereja kristen terebsar di indonesia. Semoga bisa menambah wawasan kita mengenai gereja-gereja Kristen dan Katolik termegah di Tanah Air.

Baca: