Tata Cara Melamar Wanita

Cara Meminang Perempuan dalam Agama Kristen

Bersamakristus.org – Tata cara melamar wanita. Ketika mencintai wanita dan sudah yakin untuk hidup berdua bersamanya, sebagai lelaki kita harus siap melamar atau meminangnya.

Peminangan wanita ditujukan untuk meminta izin kepada orangtua pihak wanita, agar mereka membolehkan kita menafkahi anaknya. Supaya kita diizinkan menjadi pemimpin dalam hidupnya.

Tentu saja melamar wanita tidak boleh dilakukan secara sembarangan, ada tata cara yang perlu diperhatikan khususnya menurut agama Kristen atau Katolik. Ini juga yang harus dipahami setiap umat percaya.

Bagi yang masih bingung bagaimana tata cara meminang wanita menurut agama Kristen, di kesempatan ini kami akan menjelaskannya secara lengkap untuk Anda, silahkan simak pembahasannya di bawah ini.

Tata Cara Melamar Wanita Menurut Agama Kristen

Tanpa banyak basa basi kembali, berikut beberapa penjelasan tata cara melamar wanita menurut agama Kristen. Anda dapat menyimak ulasan lengkapnya pada pembahasan di bawah ini.

1. Bersikap Sopan

Lakukanlah segala sesuatu dengan sopan dan bertanggung jawab, terutama seorang pria yang di dalam firman Tuhan dikatakan sebagai pemimpin. Bila ingin berusaha melamar wanita, lakukanlah dengan baik karena itu diskusikan niat Anda dengan pihak keluarga terlebih dahulu.

2. Didoakan

Bila sudah menjatuhkan pilihan, ignatlah pernikahan adalah tanggung jawab seumur hitup. Bukan untuk dipermainkan atau dengan mudahnya dipisahka jika merasa bosan. Pria yang mau melamar perempuan harus mencari kehendak Bapa terlebih dahulu, sehingga akan lebih mudah memahami apakah pasangan yang dipilih berasal dari Tuhan atau bukan.

3. Roh Kudus

Tata cara melamar wanita berikutnya adalah melibatkan Roh Kudus. Usahakan untuk berdoa dengan sungguh-sungguh, bila perlu lakukanlah puasa minta jodoh Kristen, jangan sampai salah dalam pilihan. Sertakan juga Roh Kudus dalam mengambil keputusan sehingga acara lamaran dan pernikahan akan berlangsung baik.

4. Hormat

Bersikaplah hormat terutama kepada keluarga pihak yang akan dilamar, dengan demikian prinsip bauh roh akan dijalankan dengan lebih baik. Karena orangtua calon istri juga akan menjadi orangtua kita juga, hormatilah mereka seperti kita menghormati orangtua sendiri.

5. Yakin

Jangan sampai merasa tidak yakin ketika melamar wanita, maka dari itu mintalah doa minta jodoh Kristen dan tanyakan apaakh wanit itu merupakan tulang rusuk yang Tuhan sediakan atau bukan. Dengan iman dan yakin, akan lebih mudah melangkah masuk ke kehidupan pernikahan yang kudus. Tidak sekedar hanya ingin berpasangan.

6. Sesuaikan Budaya

Setiap budaya punya cara pernikahan berbeda, oleh karena itu pahami budaya yang berlaku. Tujuannya agar kita tidak salah menentukan cara mana yang akan dipakai saat hendak melakukan lamaran secara resmi.

Akhir Kata

Itulah sedikit pembahasan mengenai tata cara melamar wanita kristen. Mari kita ikuti tata cara melamar seorang wanita yang baik dan benar menurut Kristen tersebut.

Baca: