Perbedaan Gereja Kharismatik dan Pentakosta

Beda Karismatik dengan Pentakosta

Bersamakristus.org – Perbedaan gereja kharismatik dan pentakosta. Pada kesempatan sebelumnya kami sudah mengulas tentang perbedaan gereja kharismatik dengan protestan.

Di sini kami akan mengulas lebih lanjut mengenai perbedaan gereja kharismatik dengan pentakosta. Seperti yang kita ketahui bahwa gereja itu memiliki perbedaan yang sangat mendasar.

Perbedaan tersebut terletak pada doktrin, struktur organisasi, tata cara pelaksanaan ibadah hari minggu maupun hari besar Kristen, hingga gembala sidang yang memimpin gereja.

Perbedaan dalam gereja juga bisa dilihat dari berbagai aspek lainnya. Namun tetap saja meski ada perbedaan, tujuan dari adanya gereja tetaplah sama yakni menjadi tempat ibadah.

Nah di sini kami ingin memberikan sedikit penjelasan mengenai perbedaan gereja kharismatik dan pentakosta. Simak ulasan lengkapnya pada pembahasan di bawah ini.

Perbedaan Gereja Kharismatik dan Pentakosta dalam Kristen

Berikut perbedaan jelas di antara gereja Kharismatik dengan gereja Pentakosta dalam agama Kristen.

1. Gereja Pentakosta

Gereja yang ada di Indonesia juga bisa dikatakan sebagai gereja pentaosta, Gereja ini mengutamakan kegunaan karunia-karunia Roh Kudus sesuai sejarah Kristen. Ciri-ciri umumnya sebagai berikut.

  • Gereja Pentakosta adalah Gereja yang utamakan pada kegunaan Roh Kudus dan karunia yang dimiliki Roh Kudus di di dalam kehidupan sehari-hari para pengikutnya.
  • Menekankan pada pembaharuan infrastruktur ibadah, layaknya lagu-lagu rohani di dalam Gereja yang digunakan ditampilkan lebih moderen yang dibandingkan bersama dengan lagu lama yang memiliki nuansa gregorian
  • Gereja akan mengizinkan peran perempuan yang bertugas di dalam pelayanan Gereja dan menjadi obyek hidup orang kristen.
  • Mensucikan jalinan antara imam dan jemaat yang akan ditekankan di dalam nilai kekeluargaan, agar tidak tersedia kesan kesenjangan tingkat kerohanian.

Gereja Pentakosta tidak memiliki pengikut fundamentalis, bukan juga yang memiliki ciri ciri ajaran sesat Kristen. Karena pada orang fundamentalis lebih utamakan pada pengalaman rohani pribadi.

Penganut pentakosta memiliki perspektif lebih rasional kepada duia. Mereka juga yakin mengenai Ortodoks sebagai kepercayaan yang benar, ortopati atau perasaan yang benar.

Bisa dikatakan juga sebagai refleksi atau tindakan yang benar mengajarkan tentang manfaat berdoa bagi orang kristen. Penggunaan nalar menjadi suatu perihal yang berharga dan menjadi bukti berasal dari suatu kebenaran yang kongkret, orang-orang pentakosta juga tidak membatasi bukti dan kebenaran yang telah tersedia namun cuma memfokuskan pada nalar yang diyakini.

Gerakan pentakosta ini muncul salah satu gerakan kesucian yang memiliki nama dan dimulai bersama dengan nama istilah pentakostal. Pentakostalisme dimulai berasal dari th. 1901. Gerakan pentakosta moderen muncul di Eropa. Gerakan pentakosta muncul sebab ada gerakan yang disebabkan oleh permintaan untuk memberi informasi berkaitan apa-pun yang anda inginkan

2. Gereja Karismatik

Gereja kharismatik memiliki beberapa ciri khas yang dimiliki juga oleh pentakostalisme. Karunia-karunia Roh layaknya yang terdapat pada Alkitab. Gereja Karismatik memiliki persamaan dengan aliran pentakosta, karena pertumbuhan pemahaman pentakosta tak lepas dari pertumbuhan Karismatik melalui kuasa Roh Kudus.

Keduanya memiliki jenis khotbah yang berapi-api dan banyak diterima secara meluas. Tetapi gereja Pentakosta dan gereja Kharismatik memiliki perbedaan yang lumayan signifikan. Walaupun kemiripannya sulitdibedakan, berikut beberapa faktor yang menjadi pembeda keduanya.

  • Gereja Karismatik banyak yang menolak keutamaan glossolalia yang diberlakukan pada gereja pentakosta agar perihal ini menjadi perbedaan yang lumayan muncul berasal dari gereja pentakosta dan gereja kharismatik.
  • Ffaktor yang menolak ajaran tersebut yang diberlakukan gereja Pentakosta yang dianggap legal oleh gereja karismatik.
  • Banyak gereja Karismatik yang kerap menjadi denominasi sendiri, dan tidak akan mendirikan gereja baru, misal yang digunakan adalah ada gereja karismatik katolik di gereja kalotik roma.
  • Gereja Karismatik yang menjadi pembeda yang kemungkinan muncul adalah cara berkotbah, lakukan penyembahan dan lakukan cara pelayanan altar.
  • Aliran yang menganut Pentakosta telah lahir jauh lebih dulu dibanding bersama dengan gerakan Karismatik.

Karena keduanyak mempunyai kemiripan dan sukar dibedakan. Tidak tersedia satupun gerakan yang akan muncul terpisah. Sehingga tersedia definisi yang akan baik untuk disepakati secara luas dan menjadi satu aliran, sebab pada dasarnya gerakan mereka yang terpisah tetap pada satu aliran-aliran kristen yang relatif tetap muda.

Gerakan Gereja Karimatik akan menjadi sub gerakan yang menjadi besar yang berada pada kalangan Katolik Roma, yang akan tumbuh bersama dengan bersama dengan Katolik Tradisionalis.

Hal ini akan perlihatkan kondisi di mana banyak otoritas gereja yang kemungkinan tidak setuju bersama dengan ajaran karismatik namun akan sukar untuk menentangnya sebab gerakan karismatik ini di dukung oleh anggota-anggota yang sesungguhnya memiliki otoritas di Gereja.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai perbedaan gereja kharismatik dan pentakosta menurut kristen. Mudah-mudahan mencerahkan tentang perbedaan gereja kharismatik dan pentakosta, semoga bermanfaat.

Baca: