Perbedaan GPIB dan GKI

Bedanya GPIB Serta GKI dalam Kristen

Bersamakristus.org – Perbedaan GPIB dan GKI. GPIB (Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat) dan GKI (Gereja Kristen Indonesia) merupakan dua gereja yang ada di Indonesia. Tapi mungkin tak banyak yang tahu perbedaannya.

Seperti diketahui bahwa saat ini ada banyak gereja modern dan organisasinya yang berdiri di Indonesia. Termasuk GPIB dan GKI yang keduanya sama-sama gereja resmi di bawah naungan lembaga agama Kristen Indonesia.

Akan tetapi bila kita melihat lebih dalam lagi, keduanya memiliki beberapa perbedaan, baik secara organisasi, ibdaah kebaktian, dan komunitasnya. Ini sangat penting diketahui umat Kristen sebagai pengetahuan umum.

Nah bagi yang belum mengetahui perbedaan keduanya, di sini kami akan menjelaskan kepada Anda mengenai perbedaan keduanya. Anda bisa menyimak ulasan lengkapnya pada uraian di bawah ini.

Perbedaan GPIB dan GKI dalam Agama Kristen

Berikut di bawah ini penjelasan mengenai perbedaan kedua gereja tersebut yang sebaiknya kita ketahui. Rangkuman ini diambil dari berbagai sumber terpercaya dan silahkan disimak.

1. Sejarah Nama Gereja

Keuda gereja tersebut memiliki arti nama dan kepanjangan yang berbeda. GPIB merupakan singkatan dari Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat. Sedangkan GKI merupakan singkatan dari Gereja Kristen Indonesia. Keduanya berdiri didasarkan pada sejarah dan latar belakang gereja masing-masing.

2. Sejarah Organisasi

Dari segi organisasi, jelas bahwa GPIB di bawah naugan Gereja Protestan di Indonesia. Sementara itu GKI adalah gabungan gereja hokian yang kemudian melebur menjadi satu sinode di Indonesia.

3. Ibadah dan Konsep Liturgi

GPIB dan GKI merupakan satu gereja yang sama secara konsep ibadah dan liturgi. Keduanya menjalankan gereja Calvinis karena keduanya berdasarkan aliran Yohanes Calvin. Akan tetapi detail liturgi ibadahnya memiliki ciri sendiri karena aturan dari ketetapan masing-masing organisasi.

4. Komunitas Gereja

Soal komunitas gereja, jemaat kedua gereja memiliki komunitas yang sedikit berbeda. Karena awalnya gereja hokian, GKI lebih banyak jemaat dengan mayorits suku China yang berdiam di Jawa. Sedangkan GPIB memiliki lebih banyak jemaat dari suku yang tersebar di Indonesia.

Meski demikian dalam perkembangannya di masa sekarang ini kedua gereja tersebut sebenarnya memiliki jemaat yang hampir sama. Karena saat ini pada kedua gereja dapat dikatakan sudah tersebar hingga ke seluruh Indonesia.

5. Misionari

Perbedaan juga terletak pada jalan misionari yang dinaungi oleh kedua gereja ini. Di GPIB lebih dikenal dengan sebutan Departemen Teologi GPIB. Sementara di GKI sebagai salah satu peninggalan reformasi gereja berfokus pada pelayanan pendidikan. Sehingga, di GKI saat ini menaungi berbagai macam yayasan sekolah Kristen mulai dari tingkat TK sampai universitas.

6. Pengakuan Iman

Terakhir adalah soal pengakuan iman, dalam GPIB atau GKI memiliki dasar sendiri-sendiri. Satu sama lain memiliki pembacaan pengakuan iman yang berbeda. Akan tetapi inti dari pengakuan iman tersebut tetap bersumber pada Allah yang sama, yaitu sama-sama mengakui Tuhan Yesus sebagai juruselamat. Perbedaannya terletak pada kata-kata dan poin pengakuan iman yang tertulis secara detail dan lengkap.

Akhir Kata

Mungkin cukup sekian pembahasan mengenai perbedaan gpib dan gki kristen. Mudah-mudahan dengan ini kita bisa mengetahui perbedaan antara GPIB dan GKI dalam agama Kristen.

Baca: