Cara Gereja Memperjuangkan Keadilan dalam Masyarakat

Gereja Perjuangkan Keadilan di Tengah Masyarakat

Bersamakristus.org – Cara gereja memperjuangkan keadilan dalam masyarakat. Keadilan harus dijunjung tinggi oleh semua pihak. Tujuannya tidak lain untuk memastikan kehidupan ini berjalan sebagaimana mestinya.

Dalam prinsip ajaran sosial gereja, didorong dengan panggilan profetisnya, gereja juga harus turut serta memperjuangkan keadilan di tengah masyarakat. Caranya dengan menceburkan diri ke dalam kancan realitas dan pergaulan.

Gereja harus turut serta mewujudkan keadilan dalam perbedaan pandangan. Termasuk upaya untuk membela kepentingan kaum tertindas, miskin, lemah, serta tersingkir, terutama bagi kaum yang tak bisa bersuara.

Cinta serta keadilan memang tidak bisa dipisahkan, sebab keadilan akan mencapai kepenuhannya dalam cinta. Kemudian, dalam mewujudkan visinya tersebut, gereja melakukannya dalam berbagai cara yang diharapkan dapat berhasil.

Ini Cara Gereja Memperjuangkan Keadilan dalam Masyarakat

Berikut beberapa cara gereja untuk memperjuangkan keadilan di tengah masyarakat. Simak penjelasan lengkapnya yang kami rangkum dari banyak referensi berikut.

1. Jujur Tanpa Berpihak

Allah itu adil, gagasan keadilan-Nya harus diterpakan secara jujur, tulus, serta benar tanpa memihak. Gereja memusatkan perhatian kepada upaya penegakan keadilan di tengah masyarakat berlandaskan keadilan Allah yang memelihara, melindungi, dan menyelamatkan tanpa memandang bulu.

2. Peduli Terhadap Sesama

Keadilan juga diterapkan oleh gereja di dalam solidaritas terhadap sesama, terutama untuk orang miskin, terbelakang, dan tertindas. Hukum kasih dalam Alkitab tegas menegakkan keadilan dengan menegakkan kepedulian terhadap sesama yang sakit, terpenjara, terasing, dan berkekurangan.

3. Jalan Cinta Kasih

Usaha untuk memperjuangkan keadilan juga harus dilandaskan dengan cinta kasih. Kabar gembira kerajaan allah menjadi tujuan hidup orang Kristen, yaitu amanat cinta kasih, penebusan manusia dalam Kristus.

Dengan demikian bila amanat cinta kasih tersebut tidak memperlihatkan kedayagunaan lewat keadilan, maka ajaran cinta kasih yang gereja bagikan itu akan sia-sia, tidak akan dipercaya.

4. Kooperatif

Pola yang tepat untuk dilakukan gereja dalam memperjuangkan keadilan yaitu pola kooperatif. Dalam pola ini, gereja bersama-sama mewujudkan keadilan dengan masyarakat yang membutuhkannya dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut.

  • Mempelajari dengan baik persoalan hak-hak manusia, sehinggga dapat menentukan dengan benar mana yang perlu dilindungi atau ditegasi.
  • Memberdayakan korban ketidakadilan, sehingga mereka menyadari situasi yang dihadapi dan kemudian sama-sama berjuang.
  • Bertindak tepat, memberi kesaksian hidup dengan terlibat secara langsung, dimulai dari diri sendiri.

5. Membela Kepentingan Kaum Tertindas

Dalam prinsip ajaran sosial gereja, didorong oleh panggilan profetisnya, gereja juga harus turut serta memperjuangkan keadilan di tengah masyarakat. Caranya dengan menceburkan diri dalam kancah realitas serta pergaulan hidup.

Gereja turut membela kepentingan kaum tertindas, miskin, lemah, dan tersingkir, terutama kaum yang tidak bersuara. Cinta maupun keadilan tidak dapat dipisahkan, sebab keadilan mencapai kepenuhannya dalam cinta.

Akhir Kata

Sampai di sini dulu pembahasan dari kami mengenai cara gereja memperjuangkan keadilan di dalam masyarakat. Mudah-mudahan informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat untuk Anda.

Baca: