Arti Imanuel

Makna Nama Imanuel Menurut Alkitab

Bersamakristus.org – Arti Imanuel. Nama Imanuel menjadi salah satu nama yang cukup baik dan banyak digunakan di seluruh dunia. Nama ini juga cocok diberikan kepada bayi laki-laki.

Arti kata Imanuel menurut agama Kristen mungkin bisa kita ketahui bila telah membaca beberapa ayat emas dalam Alkitab. Karena memang nama tersebut cukup sering disebutkan di dalamnya.

Tidak hanya di Indonesia, nama tersebut juga banyak dipakai oleh orang-orang di berbagai penjuru dunia. Selain Asia, nama Imanuel juga kerap digunakan di Eropa, Amerika, bahkan hingga Afrika.

Saking populernya nama tersebut, tentu saja ada makna baik di baliknya. Untuk mengetahuinya kita bisa melihat beberapa penjelasan definisi dan makna nama Imanuel berikut.

Arti Imanuel dalam Agama Kristen

Berikut beberapa arti nama Imanuel dalam agama Kristen yang perlu dipahami. Silahkan simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

1. Tuhan Hadir Memberikan Jaminan

Hidup tidak pernah lepas dari masalah, kadang membuat manusia jatuh ke dalam putus asa dan menyerah. Saat menghadapi situasi sulit itu, ingatlah kata Imanuel, karena Allah akan selalu ada untuk kita.

🔥 Trending:   Peranan Orangtua Mendidik Anak Menurut Alkitab

Dia akan senantiasa memberkati kita dan menolong kita, Dia takkan pernah membiarkan kita terjerat masalah yang sulit. Lagipula, Allah tidak akan pernah memberikan cobaan melampaui batas kemampuan kita.

Jadi, apapun masalah dalam hidup, mulai dari pekerjaan, keuangan, anak-anak, keluarga, dan sebagainya, peracayalah. Kasih-Nya akan selalu menaungi anak-anak-Nya. Uluran kasih dan kebaikan-Nya tidak pernah habis dalam hidup kita.

2. Tidak Perlu Menakuti Tantangan

Allah menciptakan manusia dengan kelebihan dan kekurangan. Dia yang menciptakan kita mengetahui keterbatasan kita, semua umat yang ada di dunia ini diketahui dengan mendalam. Maka dari itu mausia memiliki keterbatasan dan Yesus selalu hadir untuk membantu.

Arti Imanuel berikutnya adalah jangan pernah takut akan tantangan. Bantuan dari Tuhan akan selalu datang dengan berbagai macam cara, baik dari orang yang dikenal ataupun orang yang tak pernah kita kenal sebelumnya.

3. Tuhan Hadir dalam Rupa Manusia

Allah mengutus Yesus untuk hadir dalam wujud manusia biasa. Dia merasakan apa yang dirasakan manusia pada umumnya, seperti marah, sedih, menangis, senang, tertawa, dan takut. Dia datang dalam wujud Imanuel untuk menyertai kita semua.

Masa hidup Yesus berakhir ketika Diri-Nya menyerahkan pada peristiwa penyaliban di Bukit Golgota. Dia melakukan hal itu untuk menebus dan membebaskan manusia dari dosa, meski tak hadir dalam wujud manusia lagi, Yesus masih tetap hadir dalam hidup kita.

🔥 Trending:   Sikap Orang Kristen Terhadap Kebudayaan

4. Sumber Penopang Kehidupan

Kasih setia Tuhan selalu diberikan kepada kita, meksi kita dihina Dia tak pernah menghina kita. Kristus tidak pernah dengki, Dia selalu menganugerahi kita kasih yang sangat melimpah sepanjang hari.

Tuhan adalah penopang dalam hidup kita, Dia memberikan kkeuatan, baik kekuatan rohani atau jasmani untuk menjalani hidup. Sumber yag Dia berikan kepada kita tak terbatas. Itulah alasannya kita harus selalu mendapatkan kesegaran dan kekuatan baru untuk menghadapi tantangan hidup.

5. Tuhan Hadir kepada Siapapun

Prinsip pandang bulu tidak berlaku bagi Tuhan, kita sebagai manusia yang penuh dosa saja tetap masih bisa merasakan kasih Tuhan. Dia selalu merenadhkan diri dan datang untuk menolong umat manusia yang kesusahan tanpa memandang apakah orang itu berdosa atau tidak.

“Sebab beginilah firman Yang Mahatinggi dan yang Mahamulia, yang bersemayam untuk selamanya dan Yang Mahakudus nama-Nya: Aku bersemayam di tempat tinggi dan di tempat kudus, tetapi juga bersama orang-orang yang remuk dan rendah hati, untuk menghidupkan semangat orang-orang yang rendah hati dan untuk menghidupkan hati orang-orang yang remuk.”

Yesaya 57:15

6. Tuhan Membuat Manusia Bersukacita

Masalah hidup bisa saja muncul tak pernah berhenti dan berkesudahan, karena pada dasarnya manusia akan selalu menghadapi masalah selama dia hidup di dunia ini. Berbagai masalah itu memang membuat kita patah semangat.

🔥 Trending:   Ciri Ciri Orang Sombong Menurut Kristen

Tapi dengan imanuel, kita harusnya senang dan bersukacita, karena dengan nama itu kita diberikan pengharapan baru. Ketika masalah datang, Tuhan adalah yang menjadi sumber pengharapan yang takkan pernah habis.

Kekuatan sukacita yang Dia berikan sudah sepatutnya membuat kita bersukacita kapanpun saat menghadapi masalah. Lagian, Dia takkan pernah meninggalkan kita karena Dia akan selalu ada di samping kita.

Akhir Kata

Itulah sedikit pembahasan yang bisa kami ulas yaitu arti nama imanuel. Anda pun bisa menggunakan nama Imanuel sebagai nama bayi atau anak laki-laki, karena maknanya sangatlah baik.

Baca: