Perbedaan Ibadah dan Kebaktian

Bedanya Ibadah dengan Kebaktian

Bersamakristus.org – Perbedaan ibadah dan kebaktian. Sebagian orang Kristen mungkin ada yang menganggap ibadah dan kebaktian memiliki pengertian serta tata cara pengerjaan yang sama.

Namun meski saling berkaitan, di antara keduanya ada sedikit perbedaan. Perbedaan inilah yang membuat keduanya bisa dikatakan tidak sama alias berbeda.

Secara singkat, Ibadah di dalam kehidupan umat Kristen sangat penting karena ibadah itu menjadi nafas hidup orang percaya. Ibadah merupakan suatu ungkapan rasa takut, hormat, syukur, dan pujian kepada Tuhan.

Sementara itu kebaktian adalah upacara agama Kristen atau Katolik dalam gereja untuk melakukan berbagai kegiatan, seperti berdoa, menyanyikan puji-pujian, dan lainnya. Kebaktian berasal dari kata dasar bakti.

Perbedaan Ibadah dan Kebaktian dalam Iman Kristen

Masih banyak perbedaan antara ibadah dan kebaktian yang mungkin belum Anda pahami. Okeh karena itu di kesempatan ini akan kami jelaskan secara seksama, silahkan disimak.

1. Makna Ibadah

Kita sering menganggap ibadah berarti pergi ke gereja, hanya itu saja. Memang benar demikian, ketika kita ke gereja artinya kita beribadah. Tapi apa sebenarnya makna ibadah? Sebenarnya makna ibadah tidak hanya itu saja, melainkan sebagai berikut.

  • Sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada Tuhan
  • Sebagai jawaban atau respon atas kasih yang diberikan Tuhan kepada kita
  • Sebagai pujian dan penyembahan kita terhadap Tuhan
  • Sebagai pelayanan kita tehadap Tuhan dan sesama, yang dilakukan dengan tulus, ikhlas, dan penuh kasih tak terbatas waktu dan tempat ataupun keadaan.
  • Menuruti perintah Tuhan
🔥 Trending:   Persamaan dan Perbedaan Injil Sinoptik

Ibadah berasal dari kata abada dalam bahasa Ibrani, artinya menyembah dan latreia dalam bahasa Yunani yang artinya pelayanan. Ibadah adalah ungkapan rasa sukacita, syukur, hormat, dan takut akan Tuhan karena telah mengasihi serta menyelamatkan kita.

Dalam Alkitab dijelaskan ibadah sejati adalah persembahan tubuh kita kepada Kristus. Dalam ayat lainnya, makna ibadah lebih diperjelas, yaitu sebagai salah satu hal yang kita lakukan kepada Tuhan, manusia, serta makhluk lainnya untuk kemuliaan Allah.

Tujuan ibadah Kristen yaitu untuk berjumpa dengan Allah dan mendekatkan diri kepada-Nya. Selain itu tujuan lainnya supaya kita tidak jatuh ke dalam dosa, Tuhanlah yang menyelamatkan kita karena kasih-Nya.

Ibadah juga bisa diwujudkan dengan berbagai cara, seperti memanjatkan doa Kristen, membaca firman Tuhan; mengikuti kebaktian, sekolah minggu, retreat, atau perayaan Paskah dan Natal; berbuat baik; bertingkah laku sopan, dan sebagainya.

2. Makna Kebaktian

Kebaktian adalah bentuk pelayanan kepada Tuhan sebagai ungkapan syukur terhadap-Nya yang kita lakukan dengan tulus dan penuh kasih. Kebaktian dilakukan di tempat dan waktu tertentu, dilaksanakan secara khidmat, dipimpin majelis yang terdiri dari penatua dan diaken.

Ada beberapa bentuk kebaktian yang bisa dilakukan, yaitu kebaktian hari minggu yang dilaksanakan setiap minggu, kebaktian remaja yang merupakan kebaktian khusus untuk anak remaja, kebaktian Paskah yang dilakukan untuk merayakan Paskah; serta kebaktian Natal yang dilakukan untuk merayakan Natal.

🔥 Trending:   Perbedaan Jumat Agung dan Paskah

3. Perbedaan Ibadah dengan Kebaktian

Meski sama-sama menjadi ungkapan rasa syukur serta kasih sayang kepada Tuhan, tapi ibadah dan kebaktian memiliki perbedaan makna. Di antaranya sebagai berikut.

  • Ibadah tidak dibatasi tempat, waktu, ataupun keadaan; sedangkan Kebaktian sudah ditentukan atau dijadwalkan terlebih dahulu waktu serta tempatnya.
  • Ibadah tidak selalu mengandung unsur liturgis, sedangkan dalam kebaktian selalu ada unsur liturgis yang tersusun namun tidak mengikat.
  • Kebaktian minimal terdiri dari 2 orang dan dipimpin oleh Majelis yang terdiri dari Penatua dan Diaken; sedang ibadah bisa saja dilakukan sendiri, misalnya ketika melakukan doa pribadi.
  • Kebaktian merupakan bagian dari ibadah.

Akhir Kata

Demikian singkat pembahasan kami mengenai perbedaan ibadah dengan kebaktian. Semoga informasi yang kami sampaikan bisa membuat Anda lebih paham perbedaan di antara keduanya.

Baca: