Ayat Alkitab Tentang Kematian Tuhan Yesus

Ayat Alkitab Kematian Yesus Kristus

Bersamakristus.org – Ayat Alkitab tentang kematian Tuhan Yesus Kristus. Sebagai informasi, kematian Tuhan Yesus Kristus sang juruselamat manusia terjadi pada abad pertama masehi, diperkirakan antara 30-33 M.

Diriwayatkan Tuhan meninggal karena tergantung di atas salib tanggal 14 Nisan, beberapa jam sebelum hari Paskah yang dirayakan tanggal 15 Nisan. Hukuman dengan disalibkan ini dijatuhkan Kerajan Romawi juga untuk Yudea dan Pontius Pilatus.

Dalam kitab-kitab Perjanjian Lama, digambarkan bahwa seorang yabng diurapi oleh Allah akan menderita sengsara dan mati sebagai penebus dosa umat manusia. Sejumlah nubuat berfokus pada peristiwa ini yang menurut Alkitab digenapi dalam kematian-Nya.

Sementara dalam kitab-kitab Injil, mencatat bahwa Yesus jauh-jauh hari telah memberitahukan kematian-Nya dan kebangkitan-Nya sebanyak 4 kali. Pemberitahuan terakhir dicatat di Injil Matius yang menyebutkan dua hari lagi akan dirayakan paskah, maka anak manusia (Yesus) akan diserahkan untuk disalibkan.

Pembahasan lebih lanjut mengenai kematian Yesus bisa dibaca pada ayat Alkitab tentang kematian Tuhan Yesus Kristus. Di sini kami akan membagikannya secara lengkap untuk Anda. Silahkan simak di bawah berikut ini.

Daftar Ayat Alkitab Tentang Kematian Tuhan

Tanpa banyak basa basi kembali, langsung saja silahkan simak pembahasan lengkap mengenai daftar kumpulan ayat emas Alkitab dan firman Tuhan yang menjelaskan tentang kematian.

Kristus Yesus, yang telah mati? Bahkan lebih lagi: yang telah bangkit, yang juga duduk di sebelah kanan Allah, yang malah menjadi Pembela bagi kita?

Roma 8:34

Dan betapa hebat kuasa-Nya bagi kita yang percaya, sesuai dengan kekuatan kuasa-Nya, yang dikerjakan-Nya di dalam Kristus dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati dan mendudukkan Dia di sebelah kanan-Nya di sorga.

Efesus 1:19-20

Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: “Yesus Kristus adalah Tuhan,” bagi kemuliaan Allah, Bapa!

Filipi 2:9-11

Jawab Yesus: “Engkau telah mengatakannya. Akan tetapi, Aku berkata kepadamu, mulai sekarang kamu akan melihat Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa dan datang di atas awan-awan di langit.”

Matius 26:64

“Tidak ada seorangpun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia.”

Yohanes 3:13

“Dan bagaimanakah, jikalau kamu melihat Anak Manusia naik ke tempat di mana Ia sebelumnya berada?”

Yohanes 6:62

Kata Yesus kepadanya: “Janganlah engkau memegang Aku, sebab Aku belum pergi kepada Bapa, tetapi pergilah kepada saudara-saudara-Ku dan katakanlah kepada mereka, bahwa sekarang Aku akan pergi kepada Bapa-Ku dan Bapamu, kepada Allah-Ku dan Allahmu.”

Yohanes 20:17

Sesungguhnya agunglah rahasia ibadah kita: “Dia, yang telah menyatakan diri-Nya dalam rupa manusia, dibenarkan dalam Roh; yang menampakkan diri-Nya kepada malaikat-malaikat, diberitakan di antara bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah; yang dipercayai di dalam dunia, diangkat dalam kemuliaan.”

1 Timotius 3:16

Juga kamu sekarang diselamatkan oleh kiasannya, yaitu baptisan –maksudnya bukan untuk membersihkan kenajisan jasmani, melainkan untuk memohonkan hati nurani yang baik kepada Allah–oleh kebangkitan Yesus Kristus, yang duduk di sebelah kanan Allah, setelah Ia naik ke sorga sesudah segala malaikat, kuasa dan kekuatan ditaklukkan kepada-Nya.

1 Petrus 3:21-22

Kumpulan Firman Tuhan Lainnya

Di bawah ini kami juga memiliki daftar kumpulan firman Tuhan yang tak boleh dilewatkan. Pembahasannya seputar hal-hal penting dalam kehidupan serta petunjuk menjalani hidup yang dewasa rohani.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan singkat mengenai ayat alkitab tentang kematian Tuhan Yesus Kristus. Semoga ini dapat menjadi salah satu cara kita agar semakin dewasa rohani dan bisa menjadi makin dekat dengan Tuhan serta mengetahui sejarah-Nya.

Baca: