Perbedaan Gereja Bethany dan Bethel

Bedanya Bethany dengan Bethel Menurut Kristen

Bersamakristus.org – Perbedaan gereja bethany dan bethel dalam Kristen. Di dunia ini ada banyak macam-macam gereja, sehingga membuat banyak orang Kristen keliru mengartikannya. Seperti bedanya gereja bethany dan bethel.

Pada kesempatan yang lalu kami sudah menjelaskan tentang perbedaan gereja karismatik dan protestan. Kemudian pada kesempatan ini kami ingin mengulas mengenai perbedaan gereja bethany dan bethel yang wajib diketahui umat KRisten.

Hal ini penting karena memandang bahwa kedua gereja itu memiliki aliran yan sama. Akan tetapi jika dilihat secara lebih detail maka ada perbedaan besar terutama dari segi organisasi dan visi yang dimilikinya.

Supaya lebih jelas, maka silahkan simak langsung pembahasan lengkap mengenai perbedaan gereja bethany dan bethel. Berikut pembahasan dan ulasan lengkapnya pada uraian di bawah berikut ini.

Perbedaan Gereja Bethany dan Bethel dalam Kristen

Berikut adalah perbedaan gereja bethany dengan bethel dari segi sejarah, sinode, administrasi, jemaat, liturgi, misioniaris, dan pengakuan iman. Silahkan simak selengkapnya di bawah ini.

1. Sejarah Gereja

Keduanya memiliki latar belakang pendirian yang sama, yaitu sama-sama gereja reformasi. Akan tetapi gereja bethany berdiri atas iisiatif Pendeta Abraham Alex Tanuseputra di Surabaya. Sedangkan gereja bethel berasal dari misionaris Amerika yang membuka gereja di Bali.

Dalam perkembangannya, gereja bethel kemudian mengembangkan pendirian gerejanya pada banyak daerah di Indonesia. Sementara itu gereja bethany hanya fokus pada wilayah Surabaya dan kota sekitarnya di Pulau Jawa saja.

2. Sinode Gereeja

Kedua gereja ini memiliki sinode yang berbeda. Gereja bethany berdiri tersendiri yang tidak tergabung di dalam naungan sinode bethel. Meski dalam sejarah awalnya merupakan gabungan dari sinode yang sama, tapi bethany kemudian melepaskan diri dari sinode bethel.

3. Administrasi Gereja

Bethany dan bethel memiliki dasar aliran kasirmatik yang hampir sama. Meski demikian karena perbedaan sinode dan organisasi, maka secara administrasi juga tidak sama. Contohnya syarat pemberkatan nikah di gereja bethany jika dibandingkan dengan GBI benar-benar berbeda.

4. Jemaat dan Liturgi Gereja

Gereja bethany awalnya didirikan di Surabaya memiliki rangkaian jemaat terbesar di kota tersebut. Sementara gereja bethel yang lebih besar dan tersebar di berbagai kota di Indonesia memiliki latar belakang yang berbeda.

Sementara dari sisi liturgi, keduanya hampir mirip dan terapi berada pada sistem ibadah yang berpatokan pada cara bersekutu dengan Roh Kudus.

5. Misionaris

Dari segi misionaris, sekolah-sekolah teologi yang bernaung di bawah kedua gereja tersebut juga tidak sama. Bethany memiliki sekolah teologi STT bethany untuk mencetak pendeta-pendeta muda yang ditugaskna dalam penggembalaan umat di sana, sedangkan di bethel menaungi STT Bethel Indonesia.

6. Pengakuan Iman

Kedua gereja tersebut menjalani pengakuan iman yang berbeda pada pengakuan iman gereja. Bila bethany mengakui pengakuan iman rasuli, maka bethel menakui konteks yang sedikit berbeda. Meskipun pada intinya tetap mengakui Allah, Bapa, Putra, dan Roh Kudus, namun dari pengakuan iman tersebut membuahkan iman kepada Yesus Kristus yang tidak berbeda.

Akhir Kata

Itu dia pembahasan lengkap dari kami mengenai perbedaan gereja bethany dan bethel dalam kristen. Semoga bisa menambah wawasan kita untuk mengetahui perbedaan kedua gereja tersebut.

Baca: