Perbedaan GBI dan GPDI

Bedanya Gereja GBI dengan GPDI

Bersamakristus.org – Perbedaan GBI dan GPDI. Di masa sekarang ada banyak aliran gereja yang berkembang di Indonesia, di antaranya yang paling terkenal adalah GBI dan GPDI.

Gereja Bethel Indonesia adalah suatu kelompok atau sinode gereja Kristen Protestan di Indonesia. Saat ini mereka ada dan bernaung di bawah Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia.

Sementara Gereja Pantekosta di Indonesia (disingkat GPdI) adalah lembaga Gereja Kristen di Indonesia yang mempercayai Allah Esa, Tritunggal, dalam nam-aNya yang berkuasa, nama Allah Bapa, Allah Anak, serta Roh Kudus yaitu TUHAN Yesus Kristus.

Bagi yang masih ingin mengetahui perbedaan mendasar dan secara umum di antara Gereja Bethel Indonesia dengan Gereja Pantekosta di Indonesi, ada baiknya kita simak penjelasan yang kami rangkum berikut. Silahkan simak ulasannya di bawah ini.

Perbedaan Ajaran GBI dan GPDI

Tanpa bicara ini itu lagi, mari kita langsung simak pembahasan lengkap mengenai perbedaan GBI dengan GPDI yang dirangkum dari berbagai sumber. Simak uraiannya pada pembahasan ini.

1. Bangunan Gereja

Perbedaan di antara keduanya pada jeGereja Bethel Indonesia dengan Gereja Pantekosta di Indonesi memiliki ciri bangunan gereja yang khas. Oleh karena itu keduanya walau sama tetapi bila ingin dilihat lebih detail memiliki perbedaan. Di GPDI biasanya bentuk gereja seperti pada umumnya tapi di GBI biasa menggunakan gedung pertemuan.

2. Lokasi Ibaah

GPDI memiliki lahan untuk beribadah secara resmi dan membangun gereja secara nyata di atasnya. Sementara GBI umumnya punya lokasi ibadah berpindah-pindah, mereka mengadakan ibadah di gedung pertemuan umum seperti pusat perbelanjaan atau perkantoran.

3. Liturgi

Dari segi liturgi keduanya juga berbeda, khususnya pada saat pujian dan penyembahan. Maka dari itu sebaiknya ikuti liturgi yang diarahkan semaksimal mungkin.

4. Gembala

Perbedaan Gereja Bethel Indonesia dengan Gereja Pantekosta di Indonesi terletak juga pada gembala. Ada perbedaan pastor dan pendeta di antara keduanya, biasanya mereka memiliki sekolah Alkitab sendiri sehingga memiliki banyak pelayan Tuhan yang didatangkan dari sekolah masing-masing.

5. Persekutuan

Biasanya setiap gereja memang memiliki julukan yang berbeda. Tapi pada dasarnya mereka sama-sama berkonsep komsel untuk membangun jemaat.

6. Pengajaran

Kedua gereja memiliki konsep pengajaran dari Alkitab yang sama, hanya metodenya saja yang berbeda. Misalnya di GBI ada ekolah Orientasi Melayani bagi para pekerja gereja, di GPDI ada program pengajaran pengajaran dengan sistem dan nama yang berbeda.

7. Syarat Administrasi

Untuk syarat administrasi umumnya juga tidak sama persis, terutama sesi konseling yang seleum pernikahan jumlah dan konsepnya tidak sama antara GBI dan GPDI. Ada yang 1 bulan, 3 bulan, tergantung pada kebijakan gereja.

Akhir Kata

Itulah sedikit pembahasan mengenai perbedaan gbi dengan gpdi. Semoga ulasan yang sudah kami sampaikan bisa membuat kita lebih paham beda di antara kedua gereja tersebut.

Baca: