Makna Doa Aku Percaya

Pengertian dan Makna Doa Aku Percaya yang Wajib Diketahui

Bersamakristus.org – Pengertian dan makna doa aku percaya. Salah satu rangkaian unsur liturgi yang diodakan oleh orang Katolik adalah doa aku percaya. Doa ini merupakan salah satu doa penting dalam kehidupan rohani umat yang percaya. Sebab, memiliki banyak makna dan manfaat.

Lalu, apa saja makna dari doa aku percaya? Bagi yang masih tengah belajar kehidupan rohani, bagi yang masih bersekolah minggu, mari sama-sama mempelajari mengenai makna doa yang luar biasa tersebut.

Di sini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai makna dari doa aku percaya. Namun sebelum masuk ke pembahasan inti, alangkah baiknya kita simak terlebih dahulu mengenai pengertian dan definisi doa aku percaya berikut ini.

Pengertian Doa Aku Percaya

Doa aku percaya adalah doa yang dipanjatkan untuk mengakui iman Kristiani di dalam hari. Dengan memanjatkan doa ini, kita mengakui bahwa di dalam hati kita, terdapat iman dan keyakinan percaya akan Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Allah sebagai Bapa. Berikut adalah doa aku percaya.

Aku percaya akan satu Allah,
Bapa yang mahakuasa,
pencipta langit dan bumi,
dan segala sesuatu yang kelihatan
dan tak kelihatan;
dan akan satu Tuhan Yesus Kristus,
Putra Allah yang tunggal.
Ia lahir dari Bapa sebelum segala abad,
Allah dari Allah,
Terang dari Terang,
Allah benar dari Allah benar.
Ia dilahirkan, bukan dijadikan,
sehakikat dengan Bapa;
segala sesuatu dijadikan oleh-Nya.
Ia turun dari surga untuk kita manusia
dan untuk keselamatan kita.
Ia dikandung dari Roh Kudus,
Dilahirkan oleh Perawan Maria, dan menjadi manusia.
Ia pun disalibkan untuk kita, waktu Pontius Pilatus;
Ia menderita sampai wafat dan dimakamkan.
Pada hari ketiga Ia bangkit menurut Kitab Suci.
Ia naik ke surga, duduk di sisi Bapa.
Ia akan kembali dengan mulia,
mengadili orang yang hidup dan yang mati;
kerajaan-Nya takkan berakhir.
aku percaya akan Roh Kudus,
Ia Tuhan yang menghidupkan;
Ia berasal dari Bapa dan Putra,
disembah dan dimuliakan;
Ia bersabda dengan perantaraan para nabi.
aku percaya akan Gereja yang satu, kudus, katolik dan apostolic.
aku mengakui satu pembaptisan
akan penghapusan dosa.
aku menantikan kebangkitan orang mati
dan hidup di akhirat.

Seringkali dalam ibadah mingguan atau pada saat liturgi tertentu maka diadakan rangkaian doa dan salah satu yang didoakan adalah doa aku percaya. Akan tetapi, meski sering diucapkan dan didoakan, ada banyak umat Katolik yang masih belum tahu benar apa yang menjadi makna doa aku peraya.

Mungkin, sebagian orang hanya menganggap doa untuk pemberian sakramen ekaristi ini hanya sekedar rangkaian doa yang harus didoakan pada saat-saat tertentu saja.

Sebagian lagi yang memahami tentu sudah paham akan makna dari mengapa umat Katolik sangat dianjutkan untuk mengucapkan doa tersebut dengan sungguh-sungguh dari hati yang paling dalam.

Makna Doa Aku Percaya dalam Kristen dan Katolik

Maka dari itu, akan lebih baik bila kita mengetahui makna dari doa aku percaya. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak pembahasan mengenai makna dari doa yang kerap dibacakan oleh umat Katolik berikut ini.

1. Iman Terhadap Yesus

Doa ini mengandung iman terhadap Tuhan Yesus Kristus. Hal tersebut terbukti dari bagian pertama di mana umat Katolik diminta. untuk mengucapkan kalimat berikut ini.

Aku percaya akan Allah, Bapa yang Maha Kuasa, pencipta langit dan bumi. Dan akan Yesus Kristus, Putera-Nya yang tunggal, Tuhan kita.

Sehingga dalam doa ini, umat Allah diminta untuk tidak hanya mengakui Bapa, tetapi juga Tuhan Yesus Kristus juga. Maka dari itu, dalam berdoa aku percaya ada iman kepada Tuhan Yesus yang diucapkan dengan sungguh-sungguh.

2. Kebesaran Allah

Doa aku percaya juga bermakna akan kebesaran Allah yang tidak ada duanya. Di dalam kalimat doa tersebut dikatakan betapa Allah adalah sang pencipta utama yang bekerja untuk menciptakan manusia, langit, dan bumi.

Tampak jelas dari kebesaran Allah yang dinyatakan dan diakui oleh umat-Nya. Maka dari itu, salah satu makna dari doa yang luar biasa ini adalah percaya akan Allah yang maha besar dan berkuasa baik di atas langit ataupun di bawah bumi. Selain itu tidak ada nama lai yang mampu menaklukkan dunia.

3. Janji Keselamatan

Makna berikutnya ialah mengandung janji keselamatan dalam Alkitab yang diberikan Allah melalui putra-Nya, yakni Tuhan Yesus Kristus yang telah bersedia mengorbankan diri di kayu salib demi menebus dosa manusia.

Maka dari itu, di dalam doa ini ada makna memberikan cinta kasih Allah yang besar kepada manusia sehingga mengorbankan Tuhan Yesus untuk membantu manusia lepas dari dosa dan maut. Inilah bukti cinta Allah yang terbesar dan tanpa disadari ternyata dalam doa ini diberikan secara jelas bahwa kaish itu terwujud meallui pengorbanan Allah.

4. Kebangkitan Tuhan

Di dalam doa ini juga ada makna pengakuan dan pemberitahuan bahwa Tuhan Yesus telah bangkit mengalahkan maut. Di dalam salah satu kalimat doa tersebut dikatakan seperti berikut.

Yang turun ketempat penantian, pada hari ketiga bangkit dari antara orang mati.

Hal ini kemudian menunjukkan besarnya kuasa Allah yang bisa mengalahkan maut melalui kebangkitan-Nya. Sungguh tak ada Allah lain di dunia ini yang bisa melakukan hal tersebut. Hanya kuasa Tuhan yang mencintai umat-Nya sehingga mampu memberikan kebangkitan tersebut sebagai penebusan dosa yang dilakukan manusia.

5. Roh Kudus

Doa aku percaya juga menyiratkan bahwa umat Kristiani mempercayai Roh Kudus. Seabb di dalam doa ini ditekankan “Aku percaya akan roh kudus” yang memiliki arti bahwa kita mengakui hadirnya Roh Kudus dalam setiap harinya hidup sebagai umat percaya.

Roh Kudus ini yang memberikan kepemimpinan dalam hidup kita untuk selalu melakukan hal yang benar dan dikehendaki Allah. Maka dari itu melalui doa ini umat Allah secara tidak langsung diajak untuk mengakui kehadiran Roh Kudus dalam hidup mereka.

6. Kehidupan Kekal

Terakhir, doa ini memiliki makna percaya pada kehidupan kekal yang telah dijanjikan Tuhan. Sebab pada penggalan doa tersebut, dikatakan dengan jelas sebagai berikut.

Aku percaya akan Roh Kudus, Gereja Katholik yang Kudus, Persekutuan para Kudus, pengampunan dosa, kebangkitan badan, kehidupan kekal. Amin

Dengan mengucapkannya, umat Tuhan secara tidak langsung beriman pada kehidupan kekal seperti yang dijanjikan Tuhan di Alkitab dan firman-Nya. Maka dari itu hendaknya umat Tuhan senantiasa bertekun dalam doa untuk menanti pengharapan akan hidup yang kekal nantinya.

Akhir Kata

Itu dia penjelasan dari pengertian dan makna doa aku percaya. Setelah kita mengetahui pengertian dan penjelasannya, kita bisa akan semakin percaya bahwa Tuhan itu nyata, Bapa itu ada. Haleluya, Ani.

Baca:

Tinggalkan komentar