Perbedaan Pastor dan Romo

Apa Bedanya Pastor dengan Romo dalam Kristen

Bersamakristus.org – Perbedaan pastor dan romo. Mungkin masih ada yang belum pama apa arti, definisi, dan pengertian antara pastor dan romo. Sebagian masih menganggapnya sama.

Padahal, keduanya berbeda. Perlu diketahui, pastor adalah sebutan bagi pemimpin agama di lingkungan Gereja Kristen. Di Indonesia, sebutan ini biasanya digunakan untuk imam di lingkungan Gereja Katolik Roma.

Sedangkan romo adalah adalah bapak dalam istilah jawa. Atau gelar panggilan yang diberikan oleh umat Katolik di beberapa daerah di Indonesia kepada para imam Katolik.

Masih banyak aspek yang membedakan antara pastor dan romo. Untuk lebih jelasnya mari kita simak beberapa penjelasan berikut yang mudah-mudahan bisa mencerahkan kita.

Perbedaan Pastor dan Romo Menurut Agama Kristen

Langsung saja ini dia pembahasan lengkap perbedaan antara pastor dan romo menurut agama Kristen. Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda agar bisa memahami perbedaannya.

1. Panggilan

Umumnya panggilan menajdi pastor bisa dilakukan di usia berapa saja. Namun romo hanya bisa dilakukan setelah menjalani kehidupan pastori untuk meyakinkan diri melayani Tuhan selamanya di gereja.

Tidak heran bila usia pastor biasanya masih mudah tapi seorang romo sudah lanjut usia. Karena hikmat Roh Kudus yang turun bari seorang romo tidak mudah didapatkan oleh sembarang orang.

2. Kehidupan

Dari kehidupannya juga jelas berbeda, pastor boleh menikah dan berkeluarga. Pelayanan juga bisa menjadi tidak terbatas terhadap liturgi gereja saja, tapi berbeda dengan romo di Katolik yang sudah dipilih dan ditugaskan khusus di satu gereja.

Romo tidak bisa memilih di lingkungan mana dia akan tinggal. Semua berdasarkan keputusan keuskupan dan ordo, termasuk pimpinan Katolik yang mengepalainya. Otomatis sisa hidupnya akan dihabiskan untuk tinggal di gereja melayani Allah saja.

3. Pelayanan

Seseorang yagn menjadi pastor bisa mulai dari usia muda, tapi menjadi romo harus siap melayani lebih lama. Pastor belum tentu identik akan menghabiskan sisa waktunya untuk melayani karena masiha da jalan untuk tidak hidup berselibat dan kemudian tetap melayani Allah dalam jalan yang berbeda.

Namun romo adalah tugas suci yang arus diemban dan dipertanggungjawabkan secara penuh. Sehingga romo ankan memutuskan untuk hidup berselibat dengan bantuan karunia Roh Kudus sampai akhir hanyatnya. Pada intinya, pelayanan yang diutamakan yaitu fokus pada Tuhan saja tanpa ada keluarga atau hal lain.

4. Pendidikan

Perbedaan pastor dan romo berikutnya bisa dilihat dari pendidikan. Dalam gereja Katolik apabila mau menjadi pastor maka dia harus mengikuti seminari sekolah teologi seperti seorang sarjana, tapi untuk menjadi romo pendidikan yang harus ditempuh yaitu menjalani pendidikan pastor.

Setelah menjalani pendidikan pastor, dia akan ditahbiskan menjadi romo. Maka dari itu keduanya memiliki waktu tempuh pendidikan yang berbeda. Menjadi romo membutuhkan proses lebih panjang dari menjadi seorang pastor karena itu sebaiknya berdoalah dengan sungguh-sungguh.

Akhir Kata

Mungkin sampai di sini terlebih dahulu tentang perbedaan antara pastor dan romo. Semoga uraian yang telah kami rangkum dari berbagai sumber tersebut bisa menjelaskan kepada Anda bedanya pastor serta romo.

Baca: