Roh Kudus

Pengertian Apa itu Roh Kudus

Bersamakristus.org – Roh Kudus. Secara singkat, Roh Kudus adalah suatu pribadi nyata yang datang tinggal dalam pengikut Kristus sejati setelah Yesus bangkit dari kematian-Nya.

Orang Kristen yang mempercayai Tuhan Yesus akan mendapatkan Roh Kudus. Kasih Allah pun dicurahkan kepada mereka melalui Roh Kudus secara nyata, dan tidak pilih kasih alias semua mendapatkannya.

Kita juga sudah melihat ada banyak sekali karunia Roh Kudus bagi kehidupan orang percaya. Tapi mungkin kita belum benar-benar mengenal apa itu Roh Kudus.

Untuk itu pada kesempatan ini kami akan menjelaskan mengenai pengertiannya. Anda pun bisa melihat seluruh ulasan dan penjelasan yang kami rangkum dari berbagai sumber di bawah ini.

Roh Kudus

Roh Kudus adalah sumber kebenaran dan sudah tertulis di dalam Alkitab.

“Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu?”

Yohanes 14:16-17

Roh bisa diartikan sebagai nafas untuk tubuh kita yang sudah menjadi pertanda dari kehidupan. Roh memiliki arti kehidupan. Di dalam Perjanjian Lama, tertulis bahwa Roh Allah sudah memberikan kehidupan untuk semua makhluk yang ada di bumi. Pada saat Allah memberikan kehidupan untuk manusia, Dia akan menghembuskan roh-Nya.

“Ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.”

Kejadian 2:7

Arti Roh Kudus memang menjadi satu dengan Allah atau Bapa dan Putera. Putera adalah sabda atau kebijaksanaan yang berasal dari Allah, Roh Kudus sendiri merupakan kasih yang berasal dari Allah Bapa dan Putera. Ini yang juga menjadi penyebab Roh Kudus berasal dari Bapa dan Putera.

🔥 Trending:   Orang Kristen Merayakan Imlek

Pengertian Roh Kudus juga bisa diartikan sebagai perantaraan dari para Nabi, yaitu untuk menekankan jika Roh Kudus adalah Allah. Pribadi Roh Kudus sudah berbicara melalui perantaraan pada Nabi dan ini juga dipertegas kembali oleh Petrus.

“Sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah.”

2 Petrus 1:21

Pandangan Mengenai Roh Kudus

Ketika roh tersebut turun kepada kita, Dia juga membawakan kehidupan rohani yang baru. Allah merupakan Tuhan atas segala bentuk kehidupan, dan dengan kehadiran-Nya, hidup akan dipancarkan. Kehadiran Roh Kudus dalam jiwa kita dapat diartikan sebagai kehadiran jiwa dalam setiap tubuh.

Masing-masing jiwa memiliki hidup kodrati, yaitu dengan akal budi dan kehendak, bisa menghargai segala sesuatu yang benar serta baik. Pandangan mengenai roh tersebut asngat beragam, di antaranya sebagai berikut.

1. Pentakostalisme

Gerakan Kristen yang dinamakan dengan Pentakostalisme diperoleh dari peristiwa pentakosta, yaitu pencurahan Roh Kudus pada saat murig Yesus berkumpul di Yerusalem. Pandangannya yaitu percaya bahwa Roh Kudus masih tetap dicurahkan sampai sekarang.

Banyak penganut pentakostalisme percaya dengan baptisan roh, peristiwa roh diterima orang Kristen dengan cara yang baru. Kemudian orang itu akan bisa membuat tanda dan berbagai hal ajaib untuk memberitakan Injil.

2. Gereja Katolik

Gereja Katolik memiliki sudut pandang menjelaskan roh yang mewahyukan Allah akan membuat manusia semakin mengenal Kristus dan sabda-Nya. Roh itu tidak bicara lewat diri-Nya sendiri, melainkan melalui perantara para Rasul dan Nabi, sehingga membuat manusia bisa mendengar sabda Allah.

🔥 Trending:   Manfaat Hari Sabat Bagi Umat Kristen

3. Ortodoks

Ortodoks Timur memberitakan bila Sang Bapa adalah sumber keilahian yang kekal dan daripada-Nya, dilahirkan juga Sang Anak yang kekal daripada-Nya keluar juga Roh Kudus yang kekal.

Sedangkan doktrin ortodoks menyebut tritunggal kudus jika diringkas dalam lambang iman adalah dispensasionalisme yang menjadi istilah ejekan yang diberikan dari banyak kelompok modernis dalam batas ortodoks Injil, yaitu kita hidup pada zaman roh atau gereja.

4. Kristen Non-tritunggal

Dalam kepercayaan agama on-Tritunggal seperti Saksi Yehova dan Unitarian, Roh Kudus merupakan Roh Allah yang berasal dari Allah dan bukan sebagai pribadi sendiri. Dalam gereja Mormon, roh ini disebut menjadi anggota ketiga dan sendiri dalam Allah, keberadaan-Nya terpisah dari Bapa dan anak, serta memiliki tubuh rohani.

Akhir Kata

Demikian singkat pembahasan kami mengenai pengertian roh kudus. Semoga ulasan di atas bisa membuat kita paham bagaimana pengertian Roh Kudus dalam kehidupan umat Kristiani.

Baca: