Tugas Paus dalam Gereja Katolik

Kewajiban Paus Katolik Saat Ibadah di Gereja

Bersamakristus.org – Tugas paus dalam gereja Katolik. Paus merupakan Uskup Roma, pemimpin spiritual gereja Katolik. Dia juga merupakan kepala negara Kota Vatikan yang diakui dunia.

Paus memiliki kedudukan tertinggi dalam hierarki gereja Katolik. Sehingga sudah jelas tugas dan tanggung jawabnya juga sangat banyak, tidak hanya mencakup satu Vatikan saja melainkan juga seluruh dunia.

Mungkin masih ada yang belum tahu apa saja sih tugas Paus menurut gereja agama Katolik? Padahal tugas dan kebijakannya sangat mempengaruhi liturgi di seluruh dunia.

Maka dari itu pada kesempatan ini kami akan menjelaskan kepada Anda kewajiban seorang Paus dalam gereja Katolik. Anda bisa menyimak ulasan lengkapnya di bawah berikut ini.

Tugas Paus dalam Gereja Agama Katolik

Langsung saja mari kita simak beberapa penjelasan yang dirangkum dari berbagai sumber tentang tugas paus menurut gereja agama Katolik. Ini dia tugas-tugas Paus Katolik.

1. Mengepalai Gereja Katolik

Paus merupakan pemimpin tertinggi agama Katolik, maka dari itu otomatis dia merupakan pimpinan seluruh gereja Katolik di dunia. Tugas paus termasuk mengarahkan seluruh tri tugas gereja Katolik di dunia, sesuai fungsi, kesepakatan, aturan, dan tata cara yang sudah ditetapkan Roma.

Paus biasanya berkedudukan di Vatikan, Roma. Secara otomatis, pusat gereja Katolik juga akan berada di negara tersebut.

2. Menyusun Aturan Gereja

Paus juga bertugas menyusun aturan gereja serta bertanggung jawab terhadap hukum gereja Katolik lainnya yang sudah disusun. Tugas paus juga termasuk mengeluarkan keputusan atau amanat penting bagi komunitas Katolik di dunia. Maka dari itu, tugas paus juga termasuk mengembangkan visi misi gereja Katolik supaya tetap berada di jalan-Nya.

3. Melayani Sesama

Kewajiban paus juga termasuk melayani sesama, sehingga dia berperan mengawasi penyaluran bantuan kemanusiaan yang diberikan atas nama gereja Katolik dan keuskupan dunia. Ini sebagai bagian dari aktivitas gereja Katolik untuk melayani orang lain seperti yang diamanatkan Tuhan di firman-Nya.

Maka dari itu sangat penting bagi paus mengeluarkan kebijakan tentang penyaluran bantuan kepada negara yang membutuhkan atau daerah tertentu yang mengalami musibah sebagai bentuk pelayanan gereja Katolik kepada sesama.

4. Mengabarkan Injil

Paus berkewajiban dalam gereja Katolik juga mengemban amanat agung penginjilan seperti yang ada di dalam Alkitab, karena itu peranan paus untuk mengatur keuskupan dan seluruh ordo dalam pelayananan kekristenan. Baik dalam pemuridan ataupun pelayanan pengabaran Injil ke berbagai daerah.

Hal tersebut juga menjadi salah satu hal yang diatur dari Vatikan, Roma oleh paus agar ordo bertindak dengan baik dalam menyalurkan biarawan dan biarawati untuk melayani pengabaran Injil. Misalnya seperti di daerah yang tidak mengenal Tuhan ataupun tidak beragama.

5. Mengayomi Jemaat

Paus juga memiliki kewajiban untuk memikul tanggung jawab melindungi serta melayani jemaat Katolik di seluruh dunia. Hal tersebut bisa dilakukan melalui liturgi gereja Katolik yang sudah dibimbing untuk mengayomi umat Katolik dengan baik dan maksimal.

6. Menggembalakan Umatnya

Selanjutnya paus juga memiliki tugas menggembalakan umat-Nya untuk lebih dalam dan dekat mengenal Allah. Paus bertugas mengerahkan gereja untuk melakukan pembinaan dan pendalaman firman Allah yang terstruktur.

Akhir Kata

Itu dia ringkasan pembahasan mengenai tugas paus di dalam gereja katolik. Semoga informasi yang kami sampaikan bisa menambah wawasan Anda tentang apa saja tugas dari seorang paus.

Baca: