Manfaat Doa Salam Maria

Pengertian dan Manfaat Doa Salam Maria bagi yang Beriman

Bersamakristus.org – Pengertian dan manfaat doa salam maria. Saat ini, banyak umat Katolik memahami bagaimana cara yang baik untuk berdoa salam maria. Namun, sayang jika tidak banyak yang mengerti dengan benar apa saja manfaat dari doa ini.

Terutama jika dengan mendoakan salam maria hanya sekedar mengikuti liturgi gereja pada ibadah mingguan. Ternyata masih ada banyak umat Katolik yang kurang paham benar makna dan manfaat dari mendoakan doa tersebut.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai manfaat, keutamaan, dan kebaikan dari memanjatkan doa salam maria. Namun sebelum masuk ke pembahasan inti, mari kita simak terlebih dahulu pengertian doa salam maria.

Pengertian Doa Salam Maria

Salam maria merupakan doa tradisional Katolik untuk meminta bantuan Bunda Maria, ibu Yesus Kristus. Doa ini meminta Maria untuk mendoakan semua pendosa, serta berkomunikasi dengan Tuhan sebagai wakil kita. Berikut adalah doanya.

Salam Maria penuh rahmat,
Tuhan sertamu
Terpujilah engkau di antara wanita,
dan terpujilah buah tubuhMu, Yesus.

Santa Maria bunda Allah
doakanlah kami yang berdosa ini,
sekarang dan waktu kami mati.
Amin.

Ucapkanlah doa salam maria setiap kali Anda membutuhkan dukungan. Pertimbangkan pula memanjatkan doa salam maria tiga kali setiap pagi pada saat Anda bangun tidur untuk mengiringi doa pagi kristen dan sebelum tidur untuk mengiringi doa malam sebelum tidur kristen.

Banyak orang menggunakan rosario atau mempersiapkan tempat berdoa khusus agar lebih khusyuk, namun sesungguhnya Anda hanya memerlukan kata-kata.

Manfaat Doa Salam Maria untuk Umat Kristen dan Katolik

Berikut di bawah ini adalah kumpulan manfaat dari doa salam maria untuk Kristen dan Katolik yang lengkap beserta penjelasannya. Silahkan disimak.

1. Membawa Pengharapan

Di dalam doa salam maria, salah satu manfaatnya ialah untuk membantu umat Katolik mewujudkan harapannya.Terutama harapan yang didasarkan pada Allah yang didoakan melalui Bunda Santa Perawan Maria. Maka dari itu, berdoalah dengan jalan mendoakan salam maria menjadi salah satu simbol masih ada pengharapan dalam kesesakan.

Sepeti halnya di dalam kehidupan Bunda Maria yang menjadi refleksinya, maka doa ini juga merupakan akar pengharapan iman umat Katolik. Oleh karena itu, sebaiknya tekunlah dalam doa saat berada dalam kesesakan merupakan hal yang penting untuk dilakukan.

2. Menguatkan Iman

Doa salam maria juga memiliki manfaat untuk menguatkan iman kepada Allah. Karena pada dasarnya beriman pada Yesus berarti beriman pula pada semua aspek kehidupan Allah di dalam Alkitab. Demikian juga dengan mempercayai Bunda Maria sebagai Bunda Allah.

Dengan memanjatkan doa salam maria, ini menjadi sebuah refleksi diir iman kepada Yesus untuk selalu mempercayai janji keselamatan di dalam Alkitab yang telah diberikan oleh Allah. Maka dari itu, jika merasa goyah iman maka sebaiknya berdoalah salam maria agar bisa membantu mengingat kembali pada Putra yang Kudus, yakni Tuhan Yesus dengan perantaraan Bunda Maria.

3. Memberi Pengharapan

Berdoa salam maria juga bermanfaat untuk memberikan pengharapan pada umat yang beriman. Hal ini karena di dalam doa tersebut mengandung makna yang adlaam akan mempercayai keselamatan yang telah terjadi melalui penyaliban Yesus Kristus yang lahir dari Santa Perawan Maria.

Mengucapkan doa salam maria dimaksudkan untuk mempercayai Bunda Maria seabgai Bunda Allah secara tiadk langsung mengakui bahwa Tuhan Yesus lahir ke dunia mengambil rupa manusia untuk menyelamatkan orang percaya dari dosa.

Maka dari itu, berdoa salam maria secara tidak alngsung membantu umat Katolik memiliki pengharapan akan janji yang diberikan Allah melalui Tuhan Yesus. Penyetaan Allah yang tidak akan ada putusnya merupakan sebuah harapan dari setiap umat percaya.

4. Memuliakan Bunda Allah

Manfaat doa salam maria selanjutnya ialah untuk memuliakan Bunda Allah, yakni Santa Perawan Maria. Seluruh agama tentu setuju bahwa ibu adalah pribadi yang mulia dan tak tergantikan. Demikian juga dengna Bunda Maria yang merupakan ibu Tuhan Yesus ketika lahir ke dunia. Maka kedudukannya sebagai seorang ibu yang dipilih Allah sebagai perawan tak bercela patut dimuliakan.

Di dalam Alkitab tercatat bahwa semasa hidupnya, Bunda Maria melakukan apa yang baik dan berkenan di hadapan Allah. Maka dari itu Allah menyukai dia dan memilih dia sebagai perantara untuk kelahiran Yesus. Di dalam kehidupan umat Katolik, sudah sepantasnya memberikan penghormatan kepada Bunda Maria atas perbuatannya yang besar.

Maka dari itu, ketaatan yang dilakukan Bunda Maria patut diteladani. Melalui doa salam maria kita akan selalu diingatkan akan ketaatan yang dijalankan oleh Bunda Maria tersebut.

5. Mendekatkan Diri Pada Allah

Memanjatkan doa tiga salam maria juga mampu membawa manfaat untuk semakin dekat dengan Allah. Sebab bagaimanapun rupanya, maka doa merupakan salah satu bentuk komunikasi umat Allah dengan Tuhjan sehingga saat berdoa dalam maria juga menjadi salah satu sarana dan prasarana umat Katolik untuk mendekatkan diri lebih lagi kepada Tuhan.

Dengan lebih tekun berdoa, iman kita bisa dikuatkan dan kepercayaan kita juga akan semakin tajam kepada Allah. Maka dari itu, doa ini juga menjadi unsur penting dalam bagian liturgi doa umat Katolik.

Melalui perantaraan ini, maka umat Katolik akan jauh lebih dekat dengan Tuhan dan berupaya memaknai maksud Tuhan melalui doa tersebut. Dengan demikian, maka tercipta hubungan yang semakin erat antara umat dengan Allah melalui doa yang dipanjatkan berupa doa salam maria.

Akhir Kata

Demikian penjelasan lengkap mengenai pengertian dan manfaat doa salam maria. Mudah-mudahan adanya artikel ini bisa mengingatkan kita betapa doa yang kerap kita panjatkan sehari-hari, doa salam maria, memiliki makna yang sangat menyentuh.

Baca:

Tinggalkan komentar