Contoh Demokrasi dalam Alkitab

Wujud Demokrasi Menurut Agama Kristen

Bersamakristus.org – Contoh demokrasi dalam Alkitab. Demokrasi merupakan tatanan bangsa Indonesia yang dijalani pada saat ini. Rakyat memiliki kebebasan untuk berpendapat bahkan memilih pemimpin.

Tidak ada paksaan dan larangan atas berbagai urusan dalam kehidupan politik. Seluruh hak masyarakat merupakan kebebasan, kemerdekaan, dan tidak ada yang boleh mengganggunya.

Ada banyak ayat Alkitab tentang demokrasi yang menjelaskan demokrasi harus dijunjung tinggi. Setiap orang juga tidak boleh mengusik hak kebebasan berpendapat milik orang lain.

Terdapat berbagai contoh wujud demokrasi dalam Alkitab agama Kristen yang bisa dijadikan pelajaran. Dan kita, mungkin bisa menerapkannya pada kehidupan sehari-hari di masa sekarang.

Contoh Wujud Demokrasi dalam Alkitab Kristen

Langsung saja tanpa banyak basa basi kembali, mari langsung saja kita simak pembahasan lengkap mengenai contoh demokrasi yang diceritakan di dalam Alkitab. Berikut ulasannya secara lengkap untuk Anda.

1. Kasih Allah Inti Demokrasi

Dalam Kitab Lukas ditulis kisah yang menggambarkan ayah selalu menantikan anaknya untuk kembali ke rumah. Anak itu datang kepada ayahnya mencari dia hanya untuk meminta hak yang seharusnya dia miliki.

Karena ayahnya penuh kasih sayang, maka diberikannya semua yang seharusnya menjadi kepunyaannya. Tapi setelah itu anak tersebut pergi keluar rumah untuk memanfaatkan hak yang diterima dari ayahnya.

Kemudian, anak itu kembali kepada ayahnya setelah kehilangan dan kegagalan yang dialaminya. Di satu sisi, anak itu juga rindu untuk pulang tapi takut tidak akan diterima lagi oleh ayahnya. Tapi yang terjadi adalah sebaliknya.

Si ayah memberikan tangan terbuka kepada anak itu dan memberikan kenyamanan yang tidak ada di luar sana. Dalam kasus ini, anak itu adalah manusia dan ayah adalah Tuhan. Kita begitu sering memanfaatkan besarnya kasih Tuhan dan meninggalkannya di dunia.

Demokrasi menjadi hak yang Tuhan berikan kepada manusia setelah banyak hal yang manusia inginkan. Di zaman dulu ketika manusia terjajah, manusia ingin kebebasan. Tapi setelah mendapatkannya, manusia juga ingin mengatur suatu hal yang besar. Karena semua tak sesuai keiginan, mereka meninggalkan Tuhan.

2. Demokrasi Hak Manusia

Contoh demokrasi dalam Alkitab berikutnya yaitu demokrasi adalah hak manusia. Demokrasi dijelaskan sebagai dari rakyat untuk rakyat dan oleh rakyat, sampai saat ini menjadi begitu sempurna bagi seorang rakyat.

Rakyat memberikan pilihan yang diinginkan semata-mata demi memenuhi kepuasan rakyat, dan semua itu dilakukan oleh rakyat. Tapi pada saat semua itu tidak berjalan dengan baik, rakyat juga yang akan menuntut serta kemudian meminta yang lebih baik.

Semua brelandasrkan ketamakan manusia yang tidak pernah puasa. Kadang tidak merasakah Anda kasihan kepada Tuhan atas kebaikan-Nya bagi umat manusia? Bahkan Tuhan sangat memperhatikan manusia dibuktikan melalui penyaliban di atas kayu salib.

Banyak sekali manusia beranggapan Tuhan bisa diduakan, toh Tuhan akan bisa menerima kembali. Kita sebagai umat percaya diperingatkan bahwa kehadiran Tuhan dalam hidup tidak boleh sekali-kali dipermainkan.

Tuhan menjadi maha kuasa dan maha kasih, mengapa dalam hidup kita, mengapa harus sampai rela dipermainkan oleh manusia? Walaupu mungkin sekiranya kita bertobat atas dosa yang dilakukan karena meremehkan Tuhan.

Sekiranya kita juga bisa mengambil ciri orang bijak menurut Alkitab dalam menyikapi demokrasi, sehingga bisa menjadi garam dan terang dunia. Thuan tahu bwtul daging pada manusia tidak akan membuat manusia menjadi seperti semula, semua karena dosa yang dibawa manusia.

Maka dari itu Tuhan tahu manusia tidak akan bisa lepas dari dosa, maka dair itu diberikanlah anak yang tunggal, yaitu Yesus Kristus untuk menggantikan manusia menerima cawan murka Allah. Keteladannya menjadi gambaran hidup di hadapan Allah.

“Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini sehingga Ia telah mengaruniakan anakNya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa melaikan beroleh hidup yang kekal”

Yohanes 3:16

Akhir Kata

Itulah sedikit pembahasan mengenai contoh demokrasi di dalam alkitab. Mudah-mudahan informasi yang kmai sampaikan bisa membuat kita lebih paham bagaimana menjalankan kehidupan demokrasi dalam iman Kristen.

Baca: