Tujuan Meditasi Kristen

Fungsi Meditasi Menurut Alkitab

Bersamakristus.org – Tujuan meditasi Kristen. Meditasi merupakan kegiatan yang dilakukan untuk melatih fokus pikiran sampai memiliki pandangan yang jernih akan kondisi saat ini.

Praktik meditasi biasanya dilakukan dengan berdiam diri memusatkan pikiran pada satu hal sekitar 10 menit. Sembari itu, seseorang melakukan tarik napas perlahan beberapa kali, kemudian dikeluarkan secara berulang.

Dalam pandangan Kristen, kita juga diminta untuk bersikap baik. Menuruti perintah Allah dan menghindari dosa, sehingga meditasi mungkin jadi cara yang bisa kita lakukan.

Tapi bagaimana sebenarnya pandangan agama Kristen terhadap meditasi? Karena mungkin beberapa orang masih menganggap kegiatan ini bertentangan dengan kehidupan agama.

Tujuan Melakukan Meditasi Menurut Agama Kristen

Di bawah ini akan kami uraikan beberapa tujuan meditasi menurut agama Kristen. Sehingga, Anda bisa menyimpulkan sendiri pandangannya apakah dibolehkan atau tidak.

1. Memperdalam Firman Tuhan

“Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.”

Yosua 1:8

Melakukan meditasi atau merenungkan firman memiliki tujuan bisa memahami janji keselamatan dalam Alkitab dengan baik. Sehingga, kita juga bisa melakukan firman Allah dengan baik pula.

2. Mempererat Hubungan dengan Allah

Dengan meditasi dan perenungan, akan menjadi semakin mudah bagi kita untuk mengenal suara Tuhan. Karena ketika berdiam diri, umat Kristen bisa memahami mana yang Allah hendaki dalam hidup kita. Ini sangat penting dilakukan, untuk mengetahui mana yang keinginan daging atau duniawi dan keinginan firman Tuhan.

3. Meneladani Firman Tuhan

Dengan melakukan meditasi, akan menjadi semakin mudah bagi manusia untuk memahami perenungan serta pendalaman Alkitab Allah.

4. Menuntun pada Ketaatan

Dengan puasa Kristen dan meditasi, akan bisa membantu seseorang untuk lebih berupaya melakukan firman Tuhan.

5. Mempertajam Roh Kudus

Dengan meditasi, akan lebih mudah bagi kita untuk mempelajari apa tujuan karunia Roh Kudus yang disampaikan dalam hidup sepanjang harinya.

6. Memperkuat Iman

Tujuan meditasi dalam Kristen lainnya adlaah untuk memperkuat iman. Kita bisa semakin percaya kepada Tuhan dengan jalan memahami karya penyelamatan Allah yang tertera dengan jelas dalam Alkitab.

7. Mendekatkan Diri kepada Allah

Terakhir, manfaat meditas dalam agama Kristen adalah supaya bisa lebih dekat dengan Allah. Mendekatkan diri lebih dalam pada Allah dan lebih memahami kehendak Yesus Kristus dalam kehidupan umat percaya.

Akhir Kata

Itulah sedikit pembahasan mengenai tujuan meditasi dalam kristen. Mudah-mudahan informasi yang sudah kami sampaikan bisa membuat kita semua tahu apa tujuan dari meditasi menurut agama Kristen.

Baca: