Cara Memilih Pemimpin Menurut Kristen

Tips Memilih Pemimpin dalam Agama Kristen

Bersamakristus.org – Cara memilih pemimpin menurut Kristen. Setiap kelompok manusia pasti dipimpin oleh seorang pemimpin. Seperti di tingkat organisasi ada ketua dan di tingkat pemerintahan ada presiden.

Pemimpin yang kita pilih juga tidak boleh sembarangan, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan. Misalnya apakah pemimpin itu mengutamakan kepentingan rakyat atau golongan semata.

Dalam agama Kristen Protestan dan Katolik, juga dijelaskan banyak cara atau tips memilih pemimpin yang disegani. Mungkin masih banyak yang belum tahu, tapi hal ini haruslah dipahami semua orang.

Agar wawasan kerohanian kita menjadi semakin baik, di kesempatan ini mari sama-sama belajar tentang cara memilih pemimpin menurut Alkitab dan agama Kristen. Anda bisa menyimaknya pada panduan berikut.

Cara Memilih Pemimpin Menurut Alkitab dan Kristen

Tanpa bicara ini itu lagi, mari langsung saja silahkan simak pembahasan lengkap mengenai cara memilih pemimpin menurut agama Kristen dan Alkitab. Ini dia ulasan lengkapnya untuk Anda.

1. Berserah

Sebaiknya serahkan keputusan kepada Allah, sangat tepat bila berserah pada apa yang sudah Allah rencanakan. Dengan ini, Allah akan memberikan pemimpin yang terbaik untuk kita sehingga selalu percayakan saja seluruh yang dipilih pada kehendak-Nya.

2. Pilihan Allah

Pemilihan pemimpin yang baik juga harus dilakukan sesuai pilihan Allah. Jangan sampai menentukan pilihan sendiri di luar rencana Allah. Karena jika tidak maka hasilnya bisa mengecewakan dan tidak sesuai ekspektasi yang diharapkan. Ingat bahwa pilihan Allah selalu yang terbaik dalam hidup kita.

3. Mufakat

Cara menentukan pemimpin menurut agama Kristen sebaiknya yaitu dengan mufakat dan persetujuan bersama. Jangan hanya memikirkan kepentingan pribadi dan kemudian menghiraukan kepentingan lain. Selalu pertimbangkan sebaik mungkin supaya kita bisa memilih pemimpin terbaik.

4. Buah Roh

Pastikan pemilihan pemimpin ditujukan pada orang yang berkarakter. Dalam hal ini, pastikan untuk mengetahui kehidupan calon pemimpin sesuai kehendak Bapa. Pastikan supaya calon pemimpin yang dipulih, dipenuhi buah-buah Roh Kudus dalam hidupnya.

Pemimpin yang penuh karakter akan berbeda dengan pemimpin yang tidak mengenal Allah. Pemimpin yang baik tentunya memiliki karakter buah roh yang nyata di dalam hidupnya. Dia pun akan dipenuhi kebiakan, kejujuran, adil, serta kebijaksanaan dalam memimpin nantinya.

5. Tuntunan Roh Kudus

Pastikan jika di dalma kondisi hendak memilih pemimpin yang tepat, maka sebaiknya minta tuntunan Roh Kudus dalam melakukan hal tersebut. Dengan demikian maka karunia Roh Kudus akan bekerja maksimal untuk menjawab doa kita serta mengarahkan pada pimpinan yang baik sesuai kehendak Bapa.

Lain halnya jika tidak memiliki hikmat dan kebijaksanaan yang datang dari Allah. Bisa jadi kita salah dalam melangkah dan menentukan pemimpin yang kompeten untuk kehidupan kita.

6. Minta Hikmat

Terakhir dan paling utama adalah meminta berkat melalui panjatan doa Kristen, akan siapa yang cocok menjadi pemimpin sesuai kehendak Allah. Pemimpin adalah jabatan yang dipilih Tuhan untuk mewakili Allah di dunia.

Maka dari itu berdoalah dengan tekun hingga Tuhan memberikan jawaban terbaik di dalam memilih pemimpin yang tepat, baik di lingkungan gereja, masyarakat, dan tempat kerja.

Akhir Kata

Mungkin itulah penjelasan tentang cara memilih pemimpin menurut agama kristen. Semoga bisa menjelaskan kepada Anda tentang cara memilih pemimpin menurut Alkitab dan agama Kristen.

Baca: