Tri Hari Suci

Pengertian dan Definisi Tiga Hari Suci

Bersamakristus.org – Tri hari suci. Dalam liturgi gereja Katolik dikenal tri hari suci, yakni Kamis Putih, Jumat Agung, dan Sabtu Suci. Ketiganya memiliki makna tri hari suci yang mulia sehingga tidak boleh kita tinggalkan.

Ketiga hari tersebut juga dikenal dengan tiga hari suci paskah. Diawali dengan misa petang pada Kamis Putih, memuncak pada perayaan malam Paskah, dan berakhir pada ibadah sore minggu Paskah.

Tapi mungkin masih banyak yang hanya merayakannya saja tanpa mengetahui benar-benar apa pengertian, definisi, hingga arti tri hari suci. Padahal ini sangat penting diketahui seluruh umat Kristiani.

Maka dari itu pada kesempatan ini kami ingin menjelaskan kepada Anda tentang pengertian tri hari suci itu apa dalam agama Kristen. Simak penjelasan lengkapnya pada ulasan di bawah ini.

Pengertian Tri Hari Suci dalam Kristen

Dalam Katolik, dikenal adanya pekan suci dan hari suci. Keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu mengenang kebaikan Tuhan Yesus Kristus yang rela disalibkan untuk menebus dosa seluruh manusia di muka bumi.

Pekan suci merupakan pekan yang diawali dari Minggu Palma. Sementara itu hari suci umat Katolik dikenal sebagai tri hari suci yang terbagi menjadi Kamis Putih, Jumat Agung, dan ditutup dengan Sabtu Suci sebelum perayaan Minggu Paskah.

1. Pekan Suci

Pekan suci adalah caar umat Katolik dalam mengingat kembali yang telah dialami oleh Tuhan Yesus Kristus selama di dunia. Pekan suci diadakan sebelum Paskah, yakni seminggu sebelumnya.

Pada pekan suci, umat Katolik mengenang kebangkitan Tuhan saat di Yerusalem. Selain itu juga akan merefleksikan diri tentang bagaimana Tuhan ditangkap, disalibkan, meninggal, dan pada akhirnya dikuburkan.

2. Minggu Palma

Minggu Palma adalah minggu ketika umat Kristen dan Katolik sama-sama merayakan ketika Tuhan Yesus Kristus datang ke Yerusalem. Saat menuju Yerusalem, banyak orang yang menantikan kedatangannya. Mereka menyambutnya dengan menggenggam daun palma dan hal ini yang dicontoh umat Kristiani sampai sekarang.

3. Kamis Putih

Kamis Putih adalah salah satu perayaan umat Katolik yang dimaksudkan untuk mengenang perjamuan kudus yang dilakukan Kristus bersama murid-Nya. Dalam perayaan ini roti dipecah sebagai tanda itu tubuh Kristus yang dikorbankan demi dosa manusia. Inti dari ekaristi pada umat Katolik berasal dari kepercayaan tersebut.

4. Pengorbanan

Bila diartikan secara konotasi, passion menjurus ke arah keromantisan. Tapi perlu diketahui bahwa passion berasal dari bahasa latin passio, artinya adalah penderitaan. Ini yang dialami Kristus selama di dunia, dia merasakan penyiksaan yang sangat keji dan harus ditahan-Nya demi keutuhan hubungan Allah dan manusia.

5. Jumat Agung

Jumat Agung merupakan perayaan Kristen dan Katolik. Perayaan ini dimaksudkan untuk mengenang kematian Kristus mulai disalibkan sampai dia wafar. Saat menjalani penyaliban, Kristus memang sangat berserah kepada Bapa.

Hal ini yang menjadi layak untuk ditiru di dunia ini, sebab semua yang baik tidak akan berjalan baik karena akan ada bencana yang menjerumuskan. Ketika perayaan Jumat Agung, umat Kristen melakukan puasa Kristen.

Tapi hal ini berbeda dengan puasa yang dilakukan Islam. Puasa yang dilakukan Kristen adalah puasa daging dan haw nafsu. Sementara itu bagi Katolik biasanya mereka juga membuat jalan salib pada hari perayaan tersebut.

Sebenarnya Tuhan tidak membutuhkan pengakuan yang tidak disertai dengan penyesalan. Mengaku berarti mengerti bahwa Anda salah sedangkan menyesali berarti Anda sangat mengerti dosa Anda berat, sangat menyakiti perasaan Allah.

Maka, ini menjadi momen Anda bisa meminta maaf kepada Allah, berjanji merencanakan dan melalukan kebaikan untuk berubah menjadi lebih baik. Meinggalkan dosa yang telah lama akan menjadi sangat dinanti-nantikan oleh Allah.

6. Pascha

Pascha merupakan kata yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu apscha yagn berarti hari raya orang Yahudi. Kita semua tahu bahwa Yahudi, Kristen, dan Katolik tidak sepenuhnya sama. Mereka berbeda, namun umat Katolik dan Kristen melakukan modifikasi pada kata tersebut,

Mereka menyebutnya dengan paskah. Akan tetapi tidak semua orang Kristen menyebutnya dengan kata paskah, melainkan ada juga yang masih mengatakan sbagai pascha. Hal ini terjadi pada Kristen Ortodoks dan sebagian warga Kristen di beberapa negara yang memiliki bahasa utama Inggris.

7. Paskah

Paskah merupakan perayaan umat Kristen dan Katolik yang tidak kalah penting dengan perayaan kelahiran Yesus Kristus. Bila dalam perayaan kelahiran Tuhan Yesus, umat Kristen dan Katolik diberikan suatu kabar baik bahwa Juruselamat telah lahir, menandakan mereka tidak perlu khawatir semasa hidup di dunia.

Tidak perlu khawatir juga akan dosa yang telah diperbuatnya, karena Tuhan maha pengampun. Akan tetapi bukan berarti Anda bisa berbuat dosa lagi. Anda juga harus semakin diingatkan untuk tidak berbuat dosa kembali.

Akhir Kata

Itu dia pembahasan lengkap dari kami mengenai tri hari suci kristen. Semoga bisa membantu Anda untuk mengetahui lebih jelas tentang pengertian tri hari suci dalam agama Kristen.

Baca: