Ayat Alkitab Tentang Memaafkan

Ayat Alkitab Tentang Memaafkan dan Memberi Pengampunan ke Orang Lain

Bersamakristus.org – Ayat alkitab tentang memaafkan. Memang benar bahwa memaafkan adalah hal yang sangat sulit dilakukan oleh seorang manusia kepada orang lain. Apalagi jika kesalahan orang lain tersebut benar-benar tak bisa dimaafkan.

Namun Tuhan Yesus telah mengingatkan kepada anak-anak-Nya bahwa barangsiapa yang bisa memafkan kesalahan orang lain seberat apapun, niscaya dia akan semakin dekat dengan Tuhan. Berkat dan penyertaan yang diberikan pun semakin berlimpah.

Siapa saja yang mampu memberi pengampunan kepada orang lain, dia sejatinya telah memiliki derajat hati yang sangat tinggi. Dengan demikian, dia akan menjadi semakin dewasa secara rohani.

Tidak ada ruginya bila memaafkan, justru dengan memaafkan kita akan menjadi pribadi yang semakin baik. Seperti yang sebelumnya telah kami jelaskan pada renungan rohani kristen tentang mengampuni.

Lalu pada kesempatan ini, kami akan membagikan beberapa kumpulan ayat emas Alkitab atau firman Tuhan yang menjelaskan tentang pentingnya mengampuni diri sendiri, sesama, orang lain, atau bahkan musuh.

Kumpulan Ayat Alkitab Tentang Memaafkan

Tanpa banyak basa basi lagi, silahkan langsung saja simak kumpulan ayat-ayat Alkitab dan firman Tuhan tentang mengampuni kesalahan orang lain, sesama, diri sendiri, pasangan, hingga musuh yang menginspirasi.

1. Memaafkan Sesama

Janganlah engkau menuntut balas, dan janganlah menaruh dendam terhadap orang-orang sebangsamu, melainkan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri, Akulah Tuhan

Imamat 19: 18

Aku, Akulah Dia yang menghapus dosa pemberontakanmu oleh karena Aku sendiri, dan Aku tidak mengingat-ingat dosamu. Ingatkanlah Aku, marilah kita berperkara, kemukakanlah segala sesuatu, supaya engkau nyata benar!

Yesaya 43: 25-26

Pada Tuhan, Allah kami, ada kesayangan dan keampunan, walaupun kami telah memberontak terhadap Dia.

Daniel 9: 9

Karena itu berdoalah demikian: Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu, datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga. Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat. (Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.

Matius 6: 9-13

Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu.

Matius 6: 14-15

2. Memaafkan Diri Sendiri

Kemudian datanglah Petrus dan berkata kepada Yesus: Tuhan, sampai berapa kali aku harus mengampuni saudaraku jika ia berbuat dosa terhadap aku? Sampai tujuh kali? Yesus berkata kepadanya: Bukan! Aku berkata kepadamu: Bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali.

Matius 18: 21-22

Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa.

Matius 26: 28

Sebab itu Aku berkata kepadamu: Dosanya yang banyak itu telah diampuni, sebab ia telah banyak berbuat kasih. Tetapi orang yang sedikit diampuni, sedikit juga ia berbuat kasih.” Lalu Ia berkata kepada perempuan itu: “Dosamu telah diampuni.”

Lukas 7: 47-48

Yesus berkata: “Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.” Dan mereka membuang undi untuk membagi pakaian-Nya.

Lukas 23: 34

Ia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam Kerajaan Anak-Nya yang kekasih; di dalam Dia kita memiliki penebusan kita, yaitu pengampunan dosa.

Kolose 1: 13-14

3. Memaafkan Pasangan

Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.

Kolose 3: 13

Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.

2 Korintus 5: 17

Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan. Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.

Efesus 4: 31-32

Dan doa yang lahir dari iman akan menyelamatkan orang sakit itu dan Tuhan akan membangunkan dia; dan jika ia telah berbuat dosa, maka dosanya itu akan diampuni.

Yakobus 5: 15

Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

1 Yohanes 1: 9

4. Memaafkan Orang Lain

Kamu juga, meskipun dahulu mati oleh pelanggaranmu dan oleh karena tidak disunat secara lahiriah, telah dihidupkan Allah bersama-sama dengan Dia, sesudah Ia mengampuni segala pelanggaran kita, dengan menghapuskan surat hutang, yang oleh ketentuan-ketentuan hukum mendakwa dan mengancam kita. Dan itu ditiadakan-Nya dengan memakukannya pada kayu salib.

Kolose 2:13-14

Dan jika kamu berdiri untuk berdoa, ampunilah dahulu sekiranya ada barang sesuatu dalam hatimu terhadap seseorang, supaya juga Bapamu yang di sorga mengampuni kesalahan-kesalahanmu.

Markus 11:25

Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan. Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.

Efesus 4:31-32

Sebab Engkau, ya Tuhan, baik dan suka mengampuni dan berlimpah kasih setia bagi semua orang yang berseru kepada-Mu.

Mazmur 86:5

Kemudian datanglah Petrus dan berkata kepada Yesus: Tuhan, sampai berapa kali aku harus mengampuni saudaraku jika ia berbuat dosa terhadap aku? Sampai tujuh kali? Yesus berkata kepadanya: Bukan! Aku berkata kepadamu: Bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali.

Matius 18:21-22

5. Memaafkan Musuh

Jagalah dirimu! Jikalau saudaramu berbuat dosa, tegorlah dia, dan jikalau ia menyesal, ampunilah dia. Bahkan jikalau ia berbuat dosa terhadap engkau tujuh kali sehari dan tujuh kali ia kembali kepadamu dan berkata: Aku menyesal, engkau harus mengampuni dia.

Lukas 17:3-4

Dan janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan, atau caci maki dengan caci maki, tetapi sebaliknya, hendaklah kamu memberkati, karena untuk itulah kamu dipanggil, yaitu untuk memperoleh berkat. Sebab: ‘Siapa yang mau mencintai hidup dan mau melihat hari-hari baik, ia harus menjaga lidahnya terhadap yang jahat dan bibirnya terhadap ucapan-ucapan yang menipu. Ia harus menjauhi yang jahat dan melakukan yang baik, ia harus mencari perdamaian dan berusaha mendapatkannya. Sebab mata Tuhan tertuju kepada orang-orang benar, dan telinga-Nya kepada permohonan mereka yang minta tolong, tetapi wajah Tuhan menentang orang-orang yang berbuat jahat.’

1 Petrus 3:10-12

Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati.

Lukas 6:36

Janganlah kamu menghakimi, maka kamupun tidak akan dihakimi. Dan janganlah kamu menghukum, maka kamupun tidak akan dihukum; ampunilah dan kamu akan diampuni.

Lukas 6:37

Dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami.

Matius 6:12

Daftar Ayat Emas Alkitab Lainnya

Selain ayat alkitab yang membahas tentang memaafkan sesama, kami juga memiliki deretan kumpulan ayat emas Alkitab lainnya. Silahkan simak di bawah ini.

Akhir Kata

Sekian pembahasan mengenai beberapa ayat alkitab tentang tentang memaafkan sesama. Semoga dengan adanya ayat-ayat Alkitab yang membahas tentang memaafkan ini, kita bisa menjadi semakin bersikap sabar dan dewasa untuk mau memaafkan kesalahan orang lain.

Baca:

Tinggalkan komentar