Tugas Seorang Pemimpin Gereja

Kewajiban Pemimpin Ibadah Agama Kristen

Bersamakristus.org – Tugas seorang pemimpin gereja. Setiap gereja dikepalai oleh pemimpin, namanya berbeda-beda tergantung posisi hierarki gereja tersebut menurut Katolik.

Contohnya di wilayah terkecil, pemimpin gereja adalah uskup, sedangkan yang tertinggi di dunia adalah Paus dan dia juga menjadi pemimpin negara Kota Vatikan. Tentu saja masing-masing tugas yang dimilikinya juga berbeda.

Tak terkecuali pada saat memimpin ibadah di gereja. Ada pula yang berkewajiban untuk membuat keputusan penting yang berpengaruh pada mayoritas umat Katolik di dunia.

Nah di kesempatan ini kami akan menjelaskan secara detail tugas seorang pemimpin gereja dalam agama Kristen. Berikut langsung simak saja penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Tugas Seorang Pemimpin Gereja dalam Kristen

Tanpa banyak basa basi lagi mari kita simak langsung beberapa penjelasan tugas seorang pemimpin gereja menurut agama Kristen. Berikut ulasan yang bisa kita simak bersama-sama.

1. Pemimpin Rohani

Untuk ini seorang pemimpin gereja harus mencontoh Gembala Agung kita, yaitu Tuhan Yesus, Kristus dengan ‘hidup seperti Dia’ (Yohanes 10:11 dan I Yohanes 2:6). Seorang gembala gereja harus mendemonstrasika iman, kasih, dan pengharapan sehingga bisa menjadi teladan bagi jemaat.

2. Memelihara

Seorang pemimpin gereja harus memastikan jemaat memperoleh makanan rohani terbaik dan mencukupi kebutuhan rohaninya. Pemimpin gereja juga perlu menjaga kehidupan spiritual jemaat dengan rajin menguatkan iman mereka, misalnya dengan melakukan kunjungan.

Kunjungan itu bukan hanya dilakukan pada saat jemaat berduka atau sakit saja, melainkan juga sebagai kunjungan rutin. Selain itu pemimpin gereja juga perlu memberikan apresiasi terhadap pelayanan gereja.

3. Pengawasan

Pemimpin gereja perlu memastikan visi dan misi gereja dilakasanakan dengan baik. Selain itu dia juag harus memperhatikan jemaatnya sehingga jika ada jemaat yang mulai tidak aktif, dia bisa melakukan upaya penyelamatan. Hal ini juga berlaku pada jiwa-jiwa yang hilang.

Dalam melakukan pengawasan, pemimpin gereja harus melakukannya dengan rendah hati, secara sukarela dan tanpa memaksa sesuai kehendak Allah (1 Petrus 5:1-4).

4. Menyelesaikan Perselisihan Gereja

Ketika muncul perdebatan di antara jemaat yang menimbulkan perdebatan, persoalan tersebut bisa dibawa ke pemimpin gereja. Kemudian bisa diputuskan mana yang benar dan kurang benar oleh pemimpin gereja.

5. Berdoa bagi Orang Sakit

Tugas seorang pemimpin gereja selanjutnya yaitu mendoakan dan mengolesi jemaat yang sakit dengan minyak dalam nama Tuhan. Doa orang benar dengan yakin, akan besar kuasanya sehingga doa dari orang yang dipilih Tuhan, yakni pemimpin gereja tentu memiliki kuasa.

6. Bertekun

Bertekun dalam doa serta mengajarkan Firman Allah (Kisah Para Rasul 6: 2-4)

7. Hidup dalam Kebenaran

Hidup dalam kebenaran, kekudusan, kesucian, kebaikan, serta keadilan bagi Allah (I Petrus 1:15-16, Filipi 4:5,8-9)

8. Sukarela

Pemimpin gereja juga harus memimpin dengan sukarela, penuh kasih dan sukacita. Dia juga tidak mencari keuntungan sendiri. Sebab pemimpin gereja merupakan representasi Kristus bagi jemaatnya (I Petrus 5:1-5; Ibrani 13:17).

9. Representasi Nabi

Mereka juga berperan sebagai representasi nabi, imam, serta rasul-Nya sehingga emimpin gereja berbicara atas nama Tuhan. Sebagai imam, ia mewakili jemaat dihadapan Tuhan, dan sebagai rasul ia menjalankan misi yang telah Tuhan berikankepadanya.

10. Rela Berkorban

Seorang peimpin gereja juga harus rela berkorban untuk memberikan yang terbaik bagi jemaat gereja yang dipimpinnya.

Akhir Kata

Itu dia ringkasan pembahasan mengenai tugas seorang pemimpin ibadah gereja. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menjelaskan apa itu tugas pemimpin ibadah di gereja.

Baca: