Ayat Alkitab Tentang Sahabat

Ayat Alkitab tentang Sahabat Teman dan Kawan

Bersamakristus.org – Kumpulan ayat Alkitab tentang sahabat. Memiliki teman dan sahabat sejati adalah hal yang paling membahagiakan di dunia ini. Seperti yang kita tahu bahwa manusia tidak bisa hidup sendiri.

Seorang sahabat akan mendukung Anda ketika Anda mengalami kesulitan atau pencobaan yang begitu besar dalam hidup. Entah Anda berada di ujung tanduk sekalipun, mereka tetap akan ada untuk Anda.

Itulah hebatnya memiliki sahabat sejati. Maka dari itu, jangan pernah menyia-nyiakan keberadaan mereka dalam kehidupan Anda. Mereka adalah berkat luar biasa yang diberikan Tuhan kepada Anda.

Di kesempatan sebelumnya kami telah membagikan renungan kristen tentang sahabat sejati. Lalu, pada kesempatan ini kami akan memabagikan pandangan ayat emas Alkitab atau firman Tuhan tentang sahabat.

Keduanya sama-sama dapat dijadikan bahan materi renungan untuk semakin menyadari dan bersyukur atas keberadaan sahabat di samping kita. Langsung saja silahkan simak pembahasan berikut.

Daftar Ayat Alkitab Tentang Sahabat

Di bawah ini merupakan beberapa kumpulan ayat emas Alkitab atau firman Tuhan tentang sahabat, kawan, teman, dan sebagainya yang singkat, menarik, dan terbaik. Silahkan disimak.

1. Teman yang Menaruh Kasih

Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya.

Yohanes 15:13

Minyak dan wangi-wangian menyukakan hati, tetapi penderitaan merobek jiwa.

Amsal 27:9

Ada teman yang mendatangkan kecelakaan, tetapi ada juga sahabat yang lebih karib dari pada seorang saudara.

Amsal 18:24

Barangsiapa mengadukan sahabatnya untuk mencari keuntungan, mata anak-anaknya akan menjadi rabun.

Ayub 17:5

Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu, dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran.

Amsal 17:17

Juga oleh temannya orang miskin itu dibenci, tetapi sahabat orang kaya itu banyak.

Amsal 14:20

Bahkan sahabat karibku yang kupercayai, yang makan rotiku, telah mengangkat tumitnya terhadap aku.

Mazmur 41:9

Orang yang curang menimbulkan pertengkaran, dan seorang pemfitnah menceraikan sahabat yang karib.

Amsal 16:28

Merasa susah aku karena engkau, saudaraku Yonatan, engkau sangat ramah kepadaku; bagiku cintamu lebih ajaib dari pada cinta perempuan.

2 Samuel 1:26

Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku.

Yohanes 15:15

Siapa menutupi pelanggaran, mengejar kasih, tetapi siapa membangkit-bangkit perkara, menceraikan sahabat yang karib.

Amsal 17:9

Sekalipun aku dicemoohkan oleh sahabat-sahabatku, namun ke arah Allah mataku menengadah sambil menangis, supaya Ia memutuskan perkara antara manusia dengan Allah, dan antara manusia dengan sesamanya.

Ayub 16:20 – 21

2. Persahabatan Sejati

Kekayaan menambah banyak sahabat, tetapi orang miskin ditinggalkan sahabatnya.

Amsal 19:4

Berdua lebih baik dari pada seorang diri, karena mereka menerima upah yang baik dalam jerih payah mereka. Karena kalau mereka jatuh, yang seorang mengangkat temannya, tetapi wai orang yang jatuh, yang tidak mempunyai orang lain untuk mengangkatnya!

Pengkhotbah 4:9-10

Banyak orang yang mengambil hati orang dermawan, setiap orang bersahabat dengan si pemberi.

Amsal 19:6

Orang miskin dibenci oleh semua saudaranya, apalagi sahabat-sahabatnya, mereka menjauhi dia. Ia mengejar mereka, memanggil mereka tetapi mereka tidak ada lagi.

Amsal 19:7

Orang yang mencintai kesucian hati dan yang manis bicaranya menjadi sahabat raja.

Amsal 22:11

Dengan jalan demikian genaplah nas yang mengatakan: “Lalu percayalah Abraham kepada Allah, maka Allah memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran.” Karena itu Abraham disebut: “Sahabat Allah.”

Yakobus 2:23

Janganlah kerap kali datang ke rumah sesamamu, supaya jangan ia bosan, lalu membencimu.

Amsal 25:17

Siapa bergaul dengan orang bijak menjadi bijak, tetapi siapa berteman dengan orang bebal menjadi malang.

Amsal 13:20

Jangan berteman dengan orang yang lekas gusar, jangan bergaul dengan seorang pemarah, supaya engkau jangan menjadi biasa dengan tingkah lakunya dan memasang jerat bagi dirimu sendiri.

Amsal 22:24 – 25

Mata yang bersinar-sinar menyukakan hati, dan kabar yang baik menyegarkan tulang.

Amsal 15:30

Jangan kautinggalkan temanmu dan teman ayahmu. Jangan datang di rumah saudaramu pada waktu engkau malang. Lebih baik tetangga yang dekat dari pada saudara yang jauh.

Amsal 27:10

Ketika Daud habis berbicara dengan Saul, berpadulah jiwa Yonatan dengan jiwa Daud; dan Yonatan mengasihi dia seperti jiwanya sendiri.

Samuel 18:1

Hai kamu, orang-orang yang tidak setia! Tidakkah kamu tahu, bahwa persahabatan dengan dunia adalah permusuhan dengan Allah? Jadi barangsiapa hendak menjadi sahabat dunia ini, ia menjadikan dirinya musuh Allah.

Yakobus 4:4

Kumpulan Ayat Alkitab Lainnya

Berikut adalah rekomendasi ayat emas Alkitab atau firman Tuhan lainnya yang membahas tentang hal-hal menarik lainnya dalam kehidupan rohani seseorang. Silahkan simak pembahasannya berikut ini.

Akhir Kata

Demikian pembahasan ringkas mengenai ayat alkitab tentang sahabat dan teman. Semoga kumpulan ayat Alkitab yang kami bagikan di bawah ini membuat kita semakin menyayangi dan mencintai sahabat masing-masing.

Baca:

Tinggalkan komentar