Wanita Kristen yang Bijaksana

Pandangan Alkitab dan Cara Menjadi Wanita Bijaksana dalam Kristen

Bersamakristus.org – Cara menjadi wanita yang bijaksana dalam agama Kristen dan pandangan Alkitab. Seorang wanita tidak harus hanya berpangku tangan terhadap keputusan laki-laki.

Ya meski wanita ditakdirkan untuk menjadi pendukung laki-laki dan harus mematuhi apa kata suami, namun jika suami bertindak salah, apakah kita harus mengikutinya? Tentu saja tidak!

Maka dari itu, jadilah wanita yang berpendirian, tahu mana yang benar dan mana yang salah. Jadilah wanita Kristen yang bijaksana untuk bisa menentukan pilihan demi menggapai masa depan lebih baik.

Apa kata Alkitaib mengenai wanita yang bijaksana? Bagaimana ciri-cirinya? Lalu jika kita merasa belum menjadi sosok yang bijaksana, bagaimana kita belajar untuk bersikap lebih bijaksana?

Di kesempatan ini kami ingin menjelaskannya secara lengkap mulai dari pandangan Alkitab mengenai wanita yang bijaksana hingga cara menjadi wanita yang bijaksana menurut agama Kristen.

Pandangan Alkitab tentang Wanita Bijaksana

Mungkin pandangan antara wanita bijaksana oleh satu orang dengan orang lain berbeda. Begitu pula dengan pandangan berdasarkan ayat emas Alkitab. Berikut adalah beberapa ayat emas Alkitab yang menjelaskan mengenai wanita bijaksana.

Anak-anaknya bangun, dan menyebutnya berbahagia, pula suaminya memuji dia: Banyak wanita telah berbuat baik, tetapi kau melebihi mereka semua.

Amsal 31:28-29

Seorang isteri yang suka bertengkar serupa dengan tiris yang tidak henti-hentinya menitik pada waktu hujan.

Amsal 27:15

Kemolekan adalah bohong dan kecantikan adalah sia-sia, tetapi isteri yang takut akan TUHAN dipuji-puji. Berilah kepadanya bagian dari hasil tangannya, biarlah perbuatannya memuji dia di pintu-pintu gerbang!

Amsal 31: 30-31

Perempuan yang bijak mendirikan rumahnya, tetapi yang bodoh meruntuhkannya dengan tangannya sendiri.

Amsal 14:1

Isteri yang cakap siapakah akan mendapatkannya? Ia lebih berharga dari pada permata.

Amsal 31:10

Cara Menjadi Wanita Bijaksana dalam Kristen

Lalu bagaimana ciri-ciri atau sikap yang dapat membuat wanita bisa dikatakan memiliki sikap yang bijaksana? Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan oleh seorang wanita agar bisa menjadi wanita bijaksana.

Bagaimana cara menjadi wanita yang bijaksana menurut agama Kristen secara rohani atau batiniah? Ya tentu saja dengan cara mengembangkan kecantikan dalam diri atau inner beauty berdasarkan yang telah diajarkan dalam Alkitab.

Tetapi perhiasanmu ialah manusia batiniah yg tersembunyi, dengan perhiasan yang tidak binasa yang berasal dari roh yang lemah lembut dan tenteram.

1 Petrus 3:4

Memiliki roh yang lemah lembut dan tentram adalah sumber dari kecantikan batiniah yang memancar dari dalam hati. Kecantikan fisik yag eksternal tidak menjamin terpancarnya kecantikan dalam diri.

Ada manusia yang cantik secara fisik, ada pula manusia yang cantik secara hati. Manusia yang cantik secara hati memiliki kualitas perasaan yang luar biasa dan hal ini tidak akan tampak secara kasat mata. Sedangkan manusia yang memiliki kecantikan fisik bisa dilihat secara kasat mata, namun tidak menjelaskan bagaimana sikapnya dalam hati.

Sebab itu kami tidak tawar hati, meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari kesehari.
2 Korintus 4:16

Kemudian untuk menjadi wanita atau istri yang cantik hatinya bisa diibaratkan dengan mengenakan perhiasan batiniah yang tidak akan pernah binasa. Perhiasan batiniah ini tidak bisa dibandingkan dengan perhiasan lahiriah seperti emas atau mengenakan pakaian yang menawan.

Wanita Kristen yang bijak akan membelanjakan uang bukan karen tergoda dengan kemewahan hingga mengabaikan keperluan dapur, biaya sekolah anak, atau kepentingan lainnya.

Maka dari itu, sebagai istri yang bijak, jangan pernah menekan suami untuk membeli barang mewah yang tidak dibutuhkan karena gengsi. Sebab, hika lebih besar pengeluaran daripada pendapatan, maka hal tersebut bisa diibaratkan seperti lebih besar pasak daripada tiang.

Bagaimana seseorang itu sanggup jadi manusia batiniah yang punyai roh lemah lembut dan tenteram? Manusia batiniah yang tersembunyi ini adalah teristimewa baru yang telah diubah oleh Roh Kudus dikala mengalami kelahiran baru didalam Kristus Yesus. Barang siapa di didalam Kristus adalah ciptaan baru, yang lama telah berlalu, yang baru telah datang.

Janji Allah kepada Perempuan Bijak

Seperti janji Allah bahwa Dia bakal beri tambahan kita hati yang baru dan roh yang baru didalam batin kita dan Dia bakal menjauhi dari tubuh kita hati yang keras dan beri tambahan hati yang taat. Setelah diselamatkan oleh Yesus, kita punyai hati dan roh yang baru dan juga mengenakan perhiasan yang tidak dulu binasa yang berasal dari roh lemah lembut.

Jika Yesus Kristus sifatnya lemah lembut, wanita Kristen terhitung kudu bersikap demikian. Lemah lembut sanggup diartikan sebagai istri yang sabar, tidak mendendam, tidak cepat marah, atau tidak enteng tersinggung dikala dimarahi suami.

Wanita yang rohnya tentram bakal sanggup mengasuh tempat tinggal tangganya bersama dengan damai, tidak puas ribut, taat kepada suami, sanggup menguasai diri, yang mutlak baginya adalah anak-ana sanggup dirawat bersama dengan baik, dikasihi, diperhatikan, suaminya diperhatikan makananya, kesehatannya, dia memikirkan bagaimana suaminya betah di tempat tinggal sesudah bekerja.

Demikian terhitung kamu, hai istri-istri, tunduklah kepada suamimu, supaya jikalau tersedia satu diantara mereka yg tidak taat kepada Firman, mereka terhitung tanpa perkataan dimenangkan oleh tingkah laku istrinya, jikalau mereka melihat, bagaimana murni dan salehnya hidup istri mereka itu.

1 Petrus 3: 1-2

Maksud ayat ini dikaitkan bersama dengan ayat 4 adalah bersama dengan punyai roh yang lemah lembut dan tentram, seorang istri dari suami yang belum percaya atau tidak seiman tentu bersama dengan rela tunduk kepada suaminya, punyai tingkah laku yang murni dan bakal jadi kesaksian Injil yang lebih kuat daripada kesaksian secara verbal semata.

Kecantikan hati berasal dari roh yang lemah lembut dan tentram yang dikembangkan melalui jalinan yang dekat bersama dengan Tuhan bakal menyebabkan istri-istri selamanya menarik bagi suaminya, meskipun kecantikan fisik menurun selama tahun.

Akhir Kata

Demikian pembahasan ringkas mengenai cara menjadi wanita kristen yang bersikap bijaksana. Mudah-mudahan kita bisa sama-sama menjadi wanita yang memiliki kharisma, tidak hanya dipandang lemah lembut oleh para lelaki. Amin.

Baca:

Tinggalkan komentar