Gambaran Neraka Menurut Kristen

Kondisi Neraka Menurut Firman Tuhan

Bersamakristus.org – Gambaran neraka menurut Kristen. Seperti diketahui bahwa neraka merupakan tempat hukuman terakhir yang tak mau memohon ampun atas dosa dan terus melakukan kesalahan.

Neraka adalah sisi lain dari surga yang memiliki keindahan abadi. Tempat di mana Tuhan bersemayam dan orang-orang baik yang percaya kepada-Nya juga akan tinggal.

Siapapun tentu tidak ingin tinggal dan hinggap di neraka. Karena disebutkan bahwa di tempat itu ada banyak sekali penyiksaan, khususnya bagi mereka yang telah berdosa besar.

Lantas seperti apa sih gambaran kondisi neraka menurut iman Kristen dan Katolik? Bagi yang ingin mengetahuinya, bisa disimak pembahasan dan penjelasan di bawah ini.

Gambaran Kondisi Neraka Menurut Agama Kristen

Langsung saja tanpa banyak basa basi lagi, mari kita simak pembahasan dan penjelasan lengkap gambaran kondisi neraka menurut agama Kristen. Simak ulasannya di bawah ini.

1. Tempat Terpisah dari Tuhan

Gambaran neraka menurut Kristen, Yesus akan bersabda untuk semua orang yang tidak melakukan pertobatan.

Enyalah dihadapanKu, hai kamu orang-orang terkutuk.

Matius 24:41

Ini juga diucapkan Yesus pada tempatlain dalam Alkitab, maksud dari perkataan tersebut adalah tentang hari penghakiman terakhir untuk orang yang sudah menolak-Nya. Neraka yang terpisah dengan Tuhan memiliki arti terpisah dari semua dan segala sesuatu yang baik.

🔥 Trending:   Pengaruh Reformasi Terhadap Gereja

Sulit kita bayangkan bagaimana hidup tanpa kehadiran Tuhan, sebab orang yang sudah sangat berdosa dan paling jahat di dunia juga masih bisa mendapatkan berkat dari-Nya. Kita bisa bernapas pun juga sudah merupakan bukti Tuhan selalu memberkati.

Tapi ketika di neraka, semua kasih dan berkat dari Tuhan akan sirna. Mereka yang masuk ke neraka pasti akan merindukan kehadiran Tuhan. Tapi bukan berarti Tuhan tidak ikut campur mengenai neraka.

Terpisahnya manusia dan Tuhan di neraka bukan berarti manusia bebas dari Tuhan, manusia tetap harus menjalani hukuman untuk segala dosa yang sudah diperbuat. Semua orang di neraka akan terpisah dan tidak bisa berkomunikasi dengan Tuhan.

2. Tempat Setan dan Malaikat Pemberontak

Yesus meyebutkan jika api neraka kekal dan sudah dipersiapkan untuk para iblis, juga para malaikat yang membangkang. Manusia diciptakan untuk Tuhan, sementara neraka diciptaan bagi setan dan pengikutnya.

Manusia yang penuh dosa dan tidak percaya Yesus sebagai juruselamat juga akan menjalani kehidupan kekal di neraka. Sungguh tragis bila banyak manusia yang bukan pengikut setan selama hidup, akan tetapi berakhir di tempat yang sama dengan setan.

3. Tempat Penghukuman

Gambaran neraka menurut Kristen berikutnya adalah sebuah tempat penghukuman. Neraka menjadi tempat pembalasan untuk keadilan dengan cara membayar semua hukuman yang pantas diterima, neraka adalah tempat ulat dari bangkai yang tidak akan mati dan api yang tak pernah padam.

🔥 Trending:   Renungan Kristen Tentang Keluarga Bahagia

Tempat yang dinamakan neraka merupakan sumber penderitaan, Yohanes menjelaskan jika neraka adalah tempat bagi mereka yang tiadk bertobat. Siksa api dan belerang akan terus diberikan di depan mata para malaikat kudus dan di depan mata anak domba.

Asap api akan menyiksa mereka di neraka dan naik selamanya dari siang sampai malam tiada henti. Hukuman harusnya setimpal dengan perbuatan, penyiksaan dan hukuman neraka memang diperuntukkan bagi mereka yang berdosa.

4. Tempat Kekal

Yesus memberikan ketegasan dan memakai sifat serupa untuk menjelaskan siksaan neraka dan kehidupan di surga, keduanya sama-asma kekal. Tuhan adalah kekal dan tidak memiliki dosa di dalam surga, sehingga semua dosa adalah melawan Dia yang kekal.

Dosa harus dijatuhkan dengan hukuman yang bersifat kekal. Semua yang masuk neraka tiadk lagi mendapatkan pertobatan dan pengampunan ataupun hukuman tersebut akan terus berulang selama-lamanya.

5. Hukuman Menyakitkan

Perjanjian Baru banyak menggunakan istilah neraka sebagai dapur api, tempat ratapan, menjalani hukuman kebinasaan selamanya, kertakan gigi, dijauhkan dari hadirat Tuhan, api yang tak padam, lautan api serta belerang dan sebagainya.

Kata-kata tersebut menggambarkan bahwa neraka adalaj tempat yang menyakitkan, neraka m enjadi hukuman terbesar dari segala hukuman yang pernah dirasakan manusia di unmi. Tidak hanya karena intensitasnya, melainkan juga karena lama hukuman yang bersifat abadi.

🔥 Trending:   Renungan Kristen Tentang Pendidikan

6. Tempat Orang Tidak Percaya Yesus

Meski diciptakan untuk iblis dna pengikutnya, namun manusia yang masuk neraka adalah mereka yang tidak percaya kepada Tuhan dan hidup dalam dosa. Saat mereka akan diadili, mereka akan masuk ke hukuman neraka untuk selama-lamanya.

Inilah penglihatan tentang neraka yang dikabarkan Tuhan Yesus pada salah satu rasul-Nya, yaitu Yohanes. Ajaran yang Tuhan Yesus berikan dan para rasul dan Perjanjian Lama berkonsep Yahudi juga menjelaskan gambaran neraka memang benar-benar mengerikan.

Akhir Kata

Itulah sedikit pembahasan yang bisa kami ulas yaitu gambaran neraka menurut agama kristen. Mari kita mulai bertobat dan menjauhkan diri dari dosa supaya tidak masuk ke dalam neraka.

Baca: