Kata Mutiara Kristen Untuk Orang Meninggal

Kata mutiara kristen katolik untuk orang meninggal dan keluarga yang ditinggalkan

Bersamakristus.org – Kata mutiara Kristen untuk orang yang meninggal. Ada kehidupan ada pula kematian, saat sesorang telah mencapai waktunya, dia akan dipanggil oleh Tuhan untuk menghadap-Nya dan menjadi lebih dekat. Saat ada orang yang meninggal dunia, kita yang masih hidup harus mendoakannya.

Tujuan dari doa kristen untuk orang meninggal adalah untuk memohon kepada Tuhan agar dosanya diampuni, dimudahkan jalannya menuju surga, dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan kekuatan agar tidak larut dalam keterpurukan.

Berbicara mengenai orang yang ditinggalkan, kita sebagai orang yang masih hidup wajib memberi penghiburan kepada mereka yang masih terluka akibat ditinggalkan orang yang disayangi ataupun dicintai. Caranya ada berbagai macam.

Salah satunya adalah dengan memberi ucapan belasungkawa, atau kata-kata mutiara rohani kristen untuk orang meninggal sebagai penghiburan duka. Nah pada kesempatan ini kami ingin membagikan kumpulan ucapan bijak dan motivasi penghiburan bagi orang yang ditinggalkan.

Mudah-mudahan dengan adanya kumpulan ucapan rohani motivasi Kristen mutira tentang orang meninggal dunia ini, keluarga dan kerabat yang ditinggalkan bisa bangkit dari keterpurukan dan bisa kembali bersukacita serta berceria memberikan pelayanan kepada Tuhan Yesus. Amin.

Cara Menghibur Orang yang Ditinggalkan

Kehilangan orang yang dicintai tentu merupakan pergumulan jiwa yang sulit bagi mereka yang ditinggalkan. Perasaan sedih akan selalu menyelimuti mereka dan tugas kita adalah menghibur mereka melalui beberapa cara berikut ini:

1. Setuhan Simpati

Tunjukkanlah rasa simpati dan prihatin Anda melalui pelukan, bila pihak yang berduka adalah teman dekat Anda. Bila dia menangis karena sedih, sebaiknya Anda tidak mengucapkan kalimat ‘kamu harus kuat’, karena kata-kata itu cocoknya diucapkan ketika mereka sudah mulai membaik.

2. Jadi Pendengar yang Baik

Duduklah di samping teman Anda yang berduka, biarkan dia meluapkan sejenak apa yang dipikirkannya. Ketika dia berbicara, dengarkanlah perasaan dan ungkapan kesedihan tanpa harus memberi komentar atau saran.

3. Dukungan Anda adalah Penghiburan

Kunci agar bisa menjangkau teman Anda yang tengah berduka adalah dengan mendampingi mereka tanpa perlu mengumbar kata-kata penghiburan yang tidak merubah apa-apa. Berilah dukungan dengan tetap berada di sampingnya. Itu sudah cukup dan ketika kondisinya mulai membaik, barulah ucapkan kata-kata mutiara penghiburan untuk orang meninggal.

Baca:

Kumpulan Kata Mutiara Kristen untuk Orang Meninggal

Berikut adalah beberapa kumpulan kata-kata mutiara rohani Kristen untuk orang meninggal dunia secara singkat, pendek, ringkas, dan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar.

1. Kata Mutiara untuk Orang Meninggal

Semoga (sebut nama) tenang dalam peluk kasih Kristus. Kami turut berduka pada keluarga yang ditinggalkan.

Kehilangan seseorang sungguh menyakitkan, namun lebih menyakitkan lagi bila kita tak bisa melepas kepergiannya.

Semoga dia tenang di alam sana, turut berduka bagi keluarga yang ditinggalkan. Semoga seluruh dosanya diampuni oleh Yesus.

Turut berduka ata kepulangan (sebut nama) ke pelukan Bapa. Semoga dia tenang dan bahagia di alam sana.

Semoga Bapa menerima arwah teman kami dengan tangan yang tulus. Semoga Bapa dengan hangat menyambutnya serta menempatkannya di tempat terbaik.

Kami sekeluarga turut berduka cita atas kepulangan (sebut nama). Semoga dapat menggapai damai dan tenang di surga Bapa.

Manusia selalu memiliki rencana masing-masing, namun pada akhirnya Tuhanlah yang menentukan hasil akhir. Turut berdukacita.

Ada banyak cara Tuhan menyapa anak-Nya, seperti sapaan sebuah kematian yang mengantarkan roh agar lebih dekat dengan-Nya.

Percayalah, di balik kepergiannya ada hal baik yang hadir, yakni ketika kita mengetahui bahwa Dia ditempatkan di posisi terbaik.

Tuhan mengetahui isi hati seseorang, mana yang bersikap baik dan mana yang bersikap buruk. Kembalinya (sebut nama) dengan tenang merupakan pertanda bahwa dia adalah orang yang baik.

2. Kata Penghiburan untuk Orang Meninggal Kristen

Selamat jalan wahai kawan, aku di sini hanya bisa memanjatkan doa kepada Tuhan untukmu.

Percayalah, kau tak sendiri, ada kami di sini. Tegarlah dan tenanglah karena Tuhan akan bersama dia selalu.

Semoga tempat terindah selalu ada untukmu, kawan. Semoga doaku didengar Tuhan dan sampai ke tanganmu.

Jangan teteslah peluhmu di atas tempat tidur terakhirnya, sesungguhnya orang yang sudah meninggal akan lebih dekat dengan Tuhan.

Tegarlah, angkat kepalamu dan anggap sebuah kepergian ini peringatan untuk kita kelak yang akan mengalaminya.

Jalani hidup ini dengan semangat, ingatlah bahwa dia tak sendiri, ada Bapa yang selalu memeluknya dengan erat.

Kami atas nama (sebut nama) sekeluarga mengucapkan belasungkawa yang terdalam atas kepulangan (sebut nama). Kami harap Tuhan selalu menyediakan tempat terbaik baginya.

Ya Tuhan, tabahkanlah hati saudara kami yang tengah dilanda kehilangan, penuhi dia dengan kepercayaan bahwa orang yang berpulang akan berada dalam pelukmu.

Sahabat, kepulanganmu begitu cepat. Kenangan manis telah pergi. Semoga seluruh amal kebaikanmu diterima oleh-Nya.

Percayalah, cobaan sulit ini memiliki hikmah. Kita tak boleh bersedih dengan apa yang menimpa kita.

3. Ucapan Turut Berduka Cita Katolik Singkat

Ada hikmah pada setiap ujian. Mari kita doakan agar dia tenang dan ditempatkan di surga Allah.

Kematian bukanlah akhir dari segalanya, melainkan merupakan awal terbentuknya kehidupan abadi.

Tuhan itu baik, pasti dia akan memeluknya di surga yang indah. Turut berduka cita atas kepulangan (sebut nama).

Selamat jalan kawan, doa kami selalu mengiringimu. Semoga kita bisa berkumpul di surga nanti.

Tuhan telah memanggilmu pulang. Dia sangat menyayangimu dan dia ingin melepaskan rasa sakitmu.

Pulanglah dengan daai, Bapa di surga telah menantimu. Kau akan dipeluknya dengan erat ketika sampai di sana.

Tuhan yang menaruh, Tuhan pula yang mengambil. Selamat berpulang ke rumah Bapa, sahabat terbaikku. Semoga teladan iman Kristiani yang kau wariskan dapat tumbuh selalu.

Selamat jalan ayah, ibu. Kami yakin segala amal kebaikanmu akan menjadi penerang di kehidupan berikutnya.

Tuhan tahu mana manusia yang berlaku baik dan mana yang buruk. Kau dipanggil pulang merupakan pertanda bahwa Tuhan percaya akan kebaikanmu.

Ada beberapa cara Tuhan menyapa anak yang dikasihi-Nya. Salah satunya adalah dengan memanggilnya pulang.

4. Kata Penghiburan Kepada Keluarga yang Ditinggalkan

Turut berduka cita. Segala sesuatu yang Bapa tetapkan ada batas waktunya. Bersabarlah atas kejaadian yang menimpamu dan percayalah ada hikmah dibaliknya.

Turut berduka cita sedalam-dalamnya. Semoga almarhum diampuni segala kesalahan dan diterima di sisi-Nya. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan kekuatan.

Semoga dia tenang di alam sana. Kita hanya bisa berharap yang terbaik dan semoga kita kuat menjalani ini semua.

Dari hati yang paling dalam kami mengucapkan turut berbelasungkawa. Semoga Bapa menempatkannya di tempat yang paling indah.

Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan. Percayalah, Tuhan akan mempertemukan kalian di surga kelak.

Sungguh aku kehilanganmu, kau sahabat terbaikku. Selamat jalan kawan, semoga amal baikmu menjadi penerang di kehidupan baru.

Semoga segala doa-doa terbaik yang kami panjatkan dikabulkan Bapa. Hanya satu yang bisa kami lakukan saat ini, yakni mengenang dan mendoaanmu.

Meski kau telah tiada, semangat dan cita-citamu telah mebara. Selamat jalan sahabat, kami yakin Tuhan sayang kepadamu.

Kepulanganmu begitu cepat. Kenangan tentangmu akan selalu kami ingat hingga batas usia. Di sini, kami selalu mendoakanmu agar amal baikmu diterima oleh-Nya.

Akhir Kata

Demikianlah beberapa kumpulan kata mutiara rohani kristen untuk orang meninggal. Mudah-mudahan dapat menjadi penghiburan duka bagi orang yang ditinggalkan agar diberi kekuatan dan ketabahan melewati masa sulit. Amin.

Baca:

Tinggalkan komentar