Keluarga Kristen

Pengertian Keluarga Kristiani

Bersamakristus.org – Keluarga Kristen. Dalam kehidupan di dunia ini, kita tidak akan terlepas dari perkumpulan yang bernama keluarga, baik itu keluarga kandung atau komunitas.

Agama Kristen juga mengenal keluarga, namun kelurga di sini lebih dititikberatkan pada persekutuan umat percaya akan Tuhan. Siapa yang percaya akan Tuhan, itulah keluarga kita dalam agama.

Secara singkat, keluarga Kristen adalah persekutuan hidup antara ayah, ibu, beserta anak-anak yang telah percaya dan menerima Yesus Kristus. Sebagai Tuhan dan Juru selamat secara pribadi.

Keluarga Kristen juga meneladani hidup dan ajaran-ajaran-Nya dalam kehidupan sehari-hari. Pengertian ini dibangun dari pengertian agama Kristen itu sendiri. Dan masih banyak lagi penjelasan lain mengenai pengertian keluarga Kristen.

Pengertian Keluarga Kristen Menurut Alkitab

Di bawah ini akan kami jelaskan secara detail mengenai pengertian dan arti keluarga Kristiani yang bisa diimani. Berikut ulasannya yang kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya.

Keluarga Kristen adalah lembaga yang keberadaannya menunjukkan penghayatan kepada Yesus. Jadi, keluarga bukan hanya simbol saja, melainkan sebuah kesatuan pada ajaran ibadah gerejawi.
Tempat untuk berteduh ketika mengalami pencobaan. Keluarga bisa menjadi tempat berbagai kesulitan hidup, sehingga kita bisa mendapatkan kehangatan.
Tempat untuk bertumbuh dalam kasih dan harapan, iman terhadap Yesus akan bisa diasah dalam keluarga. Peran orangtua juga dibutuhkan, karena tanpa mereka iman kita tidak akan terwujud.
Keluarga juga menjadi tempat melakukan aktivitas rohani, yaitu berbagi dan mengasihi sesama keluarga. Setiap anggota keluarga bisa melakukan aktivitas rohani masing-masing, baik di keluarga atau dalam perkumpulan gereja.
Keluarga menjadi tempat mengirim ilmu-ilmu kehidupan. Dalam keluarga, kita akan diajari moral kehidupan, sehingga kita bisa berjalan lurus di jalan Tuhan.
Sebagai tempat memperhatikan dan mengirim energi untuk bisa lebih dekat dengan Yesus.
Keluarga merupakan tempat munculnya permasalahan, hampir semua keluarga memiliki masalahnya masing-masing. Tapi masalah itu beragam, mulai dari ekonomi, sosial, pekerjaan, pendidikan anak, dan lainnya.
Merupakan tempat menyelesaikan masalah, ketika masalah muncul keluarga itu yang bisa mencari jalan keluarnya sendiri. Semua masalah yang dihadapi harus disinari oleh kasih Allah. Masalah berat juga bisa diseleasikan jika berpasrah diri kepada Yesus.

Fungsi Keluarga Kristiani

Keluarga yang diinginkan Yesus bukan keluarga yang ingin mencari kepentingan sendiri. Melainkan sbeuah keluarga yang bisa bersatu dengan rukun, saling mencintai, dan mengetahui arti paskah. Berikut beberapa fungsi keluarga Kristen.

1. Perwakilan Tuhan

Dunia dan isinya diberikan Tuhan kepada manusia, manusia hanya dituntut menjaga dna mengelolanya dengan baik. Dengan tujuan supaya bisa dirasakan oleh keturunan selanjutnya. Sebagai keluarga Kristiani, menjaga alam semesta harus dilakukan kepada anak-anak kita.

2. Lembaga Berekspresi

Ekspresi yang bisa ditunjukkan keluarga sangat beranekaragam, mulai dari cinta, kasih, harapan, kesetiaan, dan saling menghormati. Semuanya harus bisa ditunjukkan keluarga kepada anggota keluarga lainnya. Ekspresi itu diwujudkan dengan cara berbagi dan mengasihi.

“Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi. Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi.”

Yohanes 13:34-35

3. Sarana Pendidikan

Fungsi lain dari keluarga Kristen adalah sebagai sarana pendidikan, khususnya bagi anak-anak. Mereka yang tidak terdidik untuk disiplin akan tumbuh menjadi anak egois dan congkak, dia takkan pernah mendengarkan perkataan orang lain.

Saat melawan, orangtua tidak boleh menghakimi anak, namun alangkah baiknya diberi peringatan lebih dulu. Peringatan ini terdiri dari tiga macam, yaitu ringan, sedang, dan berat. Jika sudah melanggar ketiganya, barulah orangtua boleh memberikan hukuman.

“Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.”

Amsal 22:6

4. Menciptakan Suasana Surga

Surga bukan merupakan tempat yang terdapat banyak barang mewah, melainkan menjadi tempat sederhana, namun indah. Keindahannya tampak nyata dari kasih dan sukacita. Orangtua menjadi tempat utama untuk menyebarkannya, caranya dengan menebarkan tawa dan senyum.

“Sehingga oleh imanmu Kristus diam di dalam hatimu dan kamu berakar serta berdasar di dalam kasih. Aku berdoa, supaya kamu bersama-sama dengan segala orang kudus dapat memahami, betapa lebar dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus.”

Efesus 3:17-18

5. Dasar Iman

Apabila salah satu anggota keluarga hidup dalam kristus, dia akan menjadi terang dalam keluarga. Nantinya dia akan menjadi kesaksian hidup yang bisa dijadikan teladan dalam menjalani hidup. Sehingga, anggota keluarga juga bisa datang dan diselamatkan oleh Yesus.

“Jawab mereka: Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu.”

Kisah Para Rasul 16:31

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan dari kami mengenai pengertian keluarga kristen. Mari kita menjadi keluarga yang ideal dan berkenan di hadapan Tuhan dan Bapa sepanjang hidup.

Baca: