Syarat Syarat untuk Baptisan Kristen

Syarat-syarat Penerimaan Baptisan Kristen

Bersamakristus.org – Syarat syarat untuk baptisan Kristen. Baptisan kudus menjadi salah satu sakramen dalam gereja Katolik. Sakramen terdiri dari dua bagian yakni dengan baptisan kudus dan baptisan air.

Baptisan kudus sudah sangat sering dilakukan dalam gereja, tapi mungkin banyak yang belum mengetahui arti dan cara mengikutinya. Bagaimana kebenaran mengenai baptisan kudus juga harus kita ketahui sebagai orang percaya.

Perlu diketahui bahwa dalam melakukan baptisan Kristen ada hal-hal yang harus dipenuhi sebagai syarat terlebih dahulu. Tapi mungkin masih banyak yang belum mengetahuinya bahkan dari orang Katolik itu sendiri.

Maka dari itu pada kesempatan ini kami akan menjelaskan kepada Anda mengenai syarat untuk mengikuti baptisan dalam agama Kristen lengkap beserta maknanya. Anda bisa menyimak ulasannya pada pembahasan di bawah ini.

Syarat Ketentuan Mengikuti Baptisan dalam Kristen

Dalam 1 Korintus 11 dijelaskan secara tersirat siapa saja yang dibolehkan untuk mengikuti baptisan kudus. Syarat tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Percaya Kepada Tuhan

Percaya akan adanya Tuhan Yesus menjadi syarat utama mengikuti baptisan kudus. Ini jelas ditujukan hanya kepada orang percaya di Korintus. Syarat ini mutlak untu mempercaya Tuhan dengan segala karya-Nya.

Selain itu kita juga harus mempercayai kematian dan kebangkitan-Nya yang akan menyelamatkan kita semua. Setelah adaya kepercayaan dan sudah menerima bahwa Tuhan Yesus merupakan Tuhan dan Juruselamat, maka Anda sudah memenuhi salah satu syarat untuk mengikuti baptisan ini.

2. Menguji Kelayakan Diri

Syarat berikutnya adalah menguji kelayanan diri dengan cara memastikan apakah kta siap untu mengambil baptisan kudus atau tidak. Bila hal ini tidak terjadi maka kita harus meminta pengampunan kepada Tuhan Yesus Kristus.

Setelah itu selanjutnya kita harus mengikuti baptisan kudus. Jangan sampai menghindari adanya baptisan kudus karena Tuhan Yesus akan selalu merindukan pertobatan yang kita lakukan sehingga dengan niat ini berkat Tuhan akan ada.’

3. Menghayati Baptisan Kudus

Untuk bisa mengikuti baptisan kudus kita juga harus menghayati apa yang dimaksud dengan baptisan kudus. Ini bisa ditandai dengan di dalam ibadah yang dilaksanakan, maka biasanya anak-anak akan diikutkan di sekolah minggu.

Tujuannya adalah untuk menghayati baptian kudus karena diketahui bahwa anak-anak akan lebih sulit menghayati makna perjamuan kudus sebab mereka masih beropritentasi ke permainan, sehingga dengan memasukkannya ke sekolah minggu untuk menambah pemahaman mereka.

Adanya sekolah minggu juga menmjadi dukungan dan dorongan yang dilakukan orangtua untuk membantu anaknya mengenai pribadi Kristus secara perlahan dan akan mengajarkan anak-anak untuk mengenai pribadi Kristus secara perlahan. Selain itu jgua akan mengajarkan mereka untuk lebih menghayatikepercayaan terhadap kehadiran Kristus dengan cara yagn lebih menyenangkan.

4. Mencari Kebenaran Sejati

Kita harus paham bahwa bagian dari ibadah baptisan kudus adalah dengan pemahaman yang benar serta kesungguhan hati. Sehingga dengan ini Tuhan akan memuliakan dan akan menumbuhkan kehidupan rohani. Seperti yang kita tahu, di dalamkehidupan seperti berkat, mukjizat, dan adanya kesembuhan bisa menjadi salah satu bagian dan kuasa bagi Tuhan agar kita bsia lebih sungguh-sungguh menaati perintah-Nya dan mengambil hikmah setiap baptisan kudus-Nya.

Akhir Kata

Simak langsung pembahasan tentang syarat-syarat untuk baptisan kristen. Semoga kita bisa benar-benar menghayati dan memahami syarat melaksanakan baptisan dalam agama Kristen.

Baca: