Perbedaan Pentakosta dan HKBP

Bedanya Pentakosta dengan HKBP

Bersamakristus.org – Perbedaan Pentakosta dan HKBP. Mungkin sebagian umat Kristiani masih ada yang berpandangan bahwa gereja Pentakosta dan Huria Kristen Batak Protestan merupakan satu kesatuan yang sama.

Padahal kedua geraja tersebut memiliki beberapa perbedaan yang membuatnya berbeda. Makna Pentakosta bagi orang Kristen dan makna HKBP juga berbeda jika dilihat dari berbagai sudut pandang.

Tapi meski demikian, keduanya sama-sama merupakan tempat ibadah umat Kristiani. Tempat yang ditujukan untuk bergumul kepada Tuhan, menyampaikan segala keluh kesah, dan memohon pertolongan.

Di kesempatan ini akan kami jelaskan kepada Anda perbedaan gereja aliran pentakosta dan Huria Kristen Batak Protestan. Simak penjelasannya di bawah berikut ini.

Perbedaan Gereja Aliran Pentakosta dan HKBP

Tanpa banyak basa basi kembali, langsung saja ini dia penjelasan lengkap mengenai perbedaan antara gereja aliran Pentakosta dan Huria Kristen Batak Protestan. Ini dia rangkumannya dari berbagai sumber.

1. Tata Ibadah

Perbedaan Pentakosta dan HKBP yang pertama adalah dari segi tata ibadah. Umumnya Pentakosta punya tata ibadah dimulai dari pujian dan penyembahan, kemudian khotbah, serta berkat ibadah. Sedangkan HKBP ibadahnya dijalankan berdasarkan liturgi yang sudah disusun dalam bentuk buletin.

2. Penyembahan

Di gereja Pentakosta, pujian dan penyembahan dilakukan kepada Allah, sementara di Huria Kristen Batak Protestan hanya berpatokan pada kegiatan pujian saja. Memang tidak ada yang salah di antara keduanya, hanya saja penafsiran tata ibadah dari Alkitab yang membuat keduanya punya prinsip masing-masing.

3. Khotbah

Beda di antara keduanya juga datang dari sisi khotbah. Biasanya khotbah yang disampaikan HKBP bisa dengan menggunakan bahasa Batak, sedangkan Pentakosta menggunakan bahasa Indonesia karena merupakan multisuku.

4. Pujian

Dalam gereja Pentakosta, pujian yang dinaikkan berupa lagu rohani yang sesuai dengan bahasa Indonesia. Sementara di HKBP, banyak dipengaruhi kultur budaya Batak sehingga pujiannya juga dinyanyikan menggunakan lagu rohani bahasa Batak. Meski pada perkembangannya, HKBP juga menggunakan bahasa Indonesia untuk memudahkan generasi saat ini.

5. Jemaat

Pada gereja Pentakosta yang multisuku, jemaatnya beraneka ragam dan menggunakan pakaian beragam. Berbeda dengan HKBP yang merupakan gereja dari suku Batak, sehingga tidak heran didominasi oleh suku tersebut termasuk sebagian jemaat ketika ibadah menggunakan pakaian adat Batak.

Akhir Kata

Itulah sedikit pembahasan mengenai perbedaan pentakosta dengan hkbp. Semoga informasi yang kami sampaikan ini bisa membantu Anda lebih memahami perbedaan di antara keduanya.

Baca: