Larangan dalam Agama Protestan

Pantangan yang Ada pada Kristen Protestan

Bersamakristus.org – Larangan dalam agama Protestan. Protestan muncul sebagai akibat dampak dari sejarah atau latar belakang reformasi gereja yang diinisiasi oleh Martin Luther berabad-abad lalu.

Sama seperti agama lainnya, dalam agama Kristen Protestan juga ada berbagai larangan atau pantangan yang sebaiknya dihindari. Maka dari itu kita harus mengetahuinya agar tak salah mengambil keputusan.

Mungkin masih banyak umat Kristen yang belum tahu apa saja larangan tersebut. Sehingga bisa saja mereka tanpa sadar melakukan perbuatan dosa tersebut namun lupa mengakui dosanya melalui lagu rohani pengakuan dosa Kristen.

Sehingga, pada kesempatan ini kami akan menjelaskan kepada Anda mengenai larangan-larangan yang ada dalam agama Kristen Protestan. Anda bisa menyimak ulasan lengkapnya pada pembahasan di bawah berikut ini.

Larangan dan Pantangan dalam Agama Kristen Protestan

Langsung saja tanpa banyak basa basi kembali, silahkan simak pembahasan lengkap mengenai latar belakang agama Kristen Protestan yang harus ditaati dan dijauhi. Simak di bawah ini.

1. Jangan Ada Allah Selain Bapa

Ini merupakan perintah pertama dalam hukum Taurat yang menjadi pedoman ibadah dalam kehidupan kita. Namun apakah kita sudah yakin menempatkan Allah Bapa sebagai satu-satunya prioritas kita dalam kehidupan?

Maksudnya adalah tidak ada dewa, patung, penyembahan berhala dalam iman Kristen, atau gambaran Allah lain dalam benak kita? Karena dengan perkembangan zaman, mungkin penyembahan semacam itu terasa kuno dan tak sesuai dengan sikap hidup masyarakat yang mayoritas menggunakan logika untuk menilai sesuatu.

Penyembahan kepada Allah lain tanpa sadar telah kita lakukan. Misalnya saat kita terlalu mencintai harta dan takut kehilangannya. Kekhawatiran ini sebenarnya karena kita terlalu yakin pada kemampuan diri sendiri dan merasa bahwa keberhasilan ada di tangan kita, bukan atas rencana Allah.

Selain itu masih abnyak bentuk penyembahan Allah lain yang secara tak sadar mungkin telah kita lakukan. Sehingga, mari kita renungkan perbuatan masing-masing. Adakah sesuatu yang sangat mendominasi dalam pikiran kita sehingga mengesampingkan hubungan kita dengan Allah? Jika iya bertobatlah dengan doa pengakuan dosa Kristen.

2. Jangan Menghilangkan Nyawa

Banyak yang merasa yakin bahwa dirinya tidak pernah menghilangkan nyawa orang lain. Tapi makna menghilangkan nyawa di sini bukan hanya saja secara fisik. Misalnya hanya dengan berpikir kita ingin menghilangkan nyawa orang lain itu juga sudah termasuk dosa yang sangat besar.

Hal ini mungkin pernah kita alami ketika sangat membenci orang lain. Amarah sangat tidak bisa kita kontrol dan benar-benar ingin melenyapkan orang lain dari muka bumi. Maka dari itu ditegaskan bahwa hukum Kristen Protestan adalah melarang kegiatan tersebut karena mengakibatkan dosa.

Selain niat jahat, ada satu lagi yang berkaitan dengan menghilangkan nyawa, yakni secara mental. Biasanya ini kadang tidak kita epedulikan. Mungkin tanpa sadar kata dan perbuatan kita telah menyakiri orang lain hingga hal tersebut membuatnya depresi dan tidak ingin melakukan hal lain dengan semangat.

Maka dari itu kita harus pandai-pandai mengontrol diri dan mengendalikan kata-kata. Mengingat mengkritik dan menghujat tanpa berpikir bisa menjadi senjata yang mematikan untuk membinasakan orang lain. Seabgai orang Kristen, kita harusnya memiliki buah buah Roh Kudus untuk mencegah hal itu terjadi.

3. Jangan Berhubungan Intim

Hubungan intim dengan yang bukan pasangannya (dalam hal pernikahan) merupakan kegiatan yang sangat dibenci Allah. Kegiatan ini pada zaman Israel bahkan akan dihukum dengan hukuman mati menurut iman Kristen.

Dalam Alkitab dijelaskan jika wanita dan laki-laki melakukan perbuatan ini, maka dia telah menjadi satu dagign dan tidak bisa dipisahkan lagi. Hal ini karena Allah menjunjung tinggi pernikaha seperti ikatan antara Kristus dan umat-Nya.

Tapi pada masakini sepertinya itu sudah menjadi kebudayaan. Banyak orang yang menganggap hubungan intim sudah menjadi kegiatan yang wajar dilakukan bahkan bagi orang yang belum menikah. Alasannya tak lain adalah sebagai pemenuhan kebutuhan jasmani saja.

Namun rupanya dalam Kristen ada berbagai jenis bentuk hubungan intim yang dilarang. Pertama adalah hubungan fisik antara dua orang yang tak terikat perikahan, kedua adalah ajakan hubungan intim kepada orang lain yang bukan pasangannya, ketiga berkata hal yang menjurus ke cabul, dan yang terakhir karena berfantasi tentang kegiatna tersebut.

4. Jangan Mencuri

Alkitab juga melarang mengambil milik orang lain alias mencuri. Meski tak secara spesifik dijelaskan mencuri apa sehingga mencuri tidak hanya dipandang sempit dalam arti pengambilan harta benda fisik saja melainkan juga berbagai objek yang bisa dianggap sebagai pencurian.

Dengan kata lain, mencuri adalah tindakan yang dilakukan secara sembunyi untuk memiliki hak milik orang lain. Kepemilikan ini bisa juga berupa waktu, aset, kekayaan intelektual, dan sebagainya dari orang lain. Arti ini begitu luas dalam kehidupan modern di masa kini.

Misalnya ketika ktia bekerja datang terlambat dan pulang cepat, ini juga merupakan bentuk pencurian waktu. Kita sudah dibayar untuk bekerja selama 8 jam sehari, tapi kita hanya bekerja 7 jam sehari misalnya. ini berarti kita mengambil uang yang bukanmerupakna milik kita.

Masih banyak contoh lainnya dan bila pencurian dalam lingkup kecil ini disepelekan, maka seseorang bisa cenderung akan meremehkan tindakan yagn lebih besar serta berdampak lebih luas pulsa. Contohnya korupsi yang sangat dibenci Allah dan telah dijelaskan dalam ayat Alkitab tentang korupsi.

5. Jangan Menginginkan Hak Orang Lain

Larangan dalam agama Kristen Protestan terakhir adalah kita dilarang untuk menginginkan milik orang lain. Sebab perasaan ini adalah akar dari dosa yang lebih dahsyat. Dalam Yakobus 3:16 dikatakan bahwa dimana ada iri hati, maka di situ ada kekacauan dan segala macam perbuatan jahat. Kemudian Yakobus 4:2 mengatakan bahwa iri hati akar dari pertikaian, perkelahian, bahkan pembunuhan.

Tapi ini bukan berarti bahwa apa yang kita inginkan adalah dosa, melainkan yang ditekankan di sini adalah supaya kita tidak menginginkan kepunyaan orang lain dalam arti tidak memiliki sikap iri. Ini sangat buruk karena sudah pernah kita bahas dalam ayat Alkitab tentang iri hati.

Misalnya jika kita ingin mobil karena tetangga punya mobil, ini jelas motivasi di sini adalah karena ingin seperti tetangga dan niat ini salah. Sebab jika kita tidak bisa mengendalikan diri, kita pasti akan terus menginginkan yang lebih karena manusia pada dasarnya tidak pernah merasa puas.

Maka dari itu Tuhan memerintahkan kita untuk tidak pernah iri dengan apa yang dimiliki orang lain. Kita harus selalu bersyukur dengan apa yang dimiliki oleh diri kita sendiri. Bukankah dengan bersyukur kita akan mendapatkan lebih banyak berkat dan kebaikan dari Tuhan?

Akhir Kata

Sekian saja pembahasan lengkap dari kami mengenai larangan dalam agama kristen protestan. Semoga bisa membantu Anda mengetahui larangan dan pantangan apa saja yang ada dalam agama Kristen Protestan.

Baca: