Doa Kristen Sebelum Memulai Ibadah

Doa kristen katolik sebelum memulai ibadah kebaktian ibadat protestan.

Bersamakristus.org – Doa kristen sebelum memulai ibadah. Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai contoh doa pembuka ibadah kristen. Doa tersebut dipanjatkan oleh worship leaader atau pemimpin peribadatan untuk membuka ibadah Kristen Protestan atau Katolik di gereja.

Dan pada kesempatan kali ini kami akan kembali membahas mengenai doa sebelum memulai ibadah Kristen. Sebenarnya tidak ada bedanya dengan doa-doa yang dicontohkan pada artikel sebelumnya. Namun mungkin doa sebelum memulai ibadah ini memiliki konteks yang lebih luas lagi.

Doa sebelum memulai ibadah sebenarnya tidak hanya berlaku bagi jemaat gereja saja, melainkan bagi siapa saja yang hendak melaksanakan ibadah dalam bentuk apapun juga. Misalnya ibadah menyanyikan lagu rohani, ibadah natal, paskah, dan lain sebagainya.

Sebab, ibadah tidak hanya dilakukan di gereja saja, melainkan juga dilaksanakan di berbagai tempat lainnya seperti di rumah tangga, keluarga, tempat sekolah minggu, maupun di lokasi atau area terbuka lainnya. Karena ibadah sifatnya bisa dikerjakan di mana saja.

Contoh Doa Kristen Sebelum Memulai Ibadah

Di bawah ini ada beberapa contoh doa Kristen Protestan sebelum memulai ibadah di gereja maupun di tempat lain secara singkat, pendek, ringkas, dan menggunakan bahasa yang baik dan benar serta penuh puji syukur.

1. Doa Sebelum Memulai Ibadah Kristen Protestan

Ya Bapa, saat ini, kami anak-anakMu tengah memohon kasih dan karunia-Mu supaya Engkau hadir di tengah kami. Kami yang hendak memulai ibadah pada hari ini, berserah dalam tangan-Mu supaya Engkau memberikan penyertaan serta hikmat dan berkat-Mu.

Tuhan, kami berdoa mohon bila mana saat ini kami hendak memulai ibadah, kiranya Engkau senantiasa memberikan penyertaan dalam ibadah kami sehingga hati kami hanya teruju untuk menyerukan serta memuji nama-Mu yang agung.

Terima kasih ya Bapa,kiranya hanya kasih setia-Mu yang menyertai kami mulai dari hari ini hingga selama-lamanya. Bawa kami mengerti firman-Mu dan biarkan kami terbuka menerima perintah-Mu. Di dalam nama-Mu kami berdoa. Amin.

2. Doa Sebelum Ibadah Kebaktian Kristen

Ya Tuhan, terima kasih atas berkat dan penyertaaan yang Engkau berikan kepada kami sehingga kami dapat berkumpul di dalam gereja-Mu yang agung. Berlindung dari terik matahari yang panas dalam suasana sejuk bersiap memuji serta memuliakan-Mu.

Kami jemaat-Mu berkumpul pada saat ini untuk memulai ibadah pada hari ni. Kami memohon kepada-Mu supaya Engkau memberikan penyertaan pada jalannya ibadah mulai dari awal hingga akhir kesempatan hari ini.

Biarlah hanya nama-Mu yang dimuliakan di dalam jalannya ibadah kami. Serta biarlah Roh Kudus yang memimpin kami untuk beribadah sesuai dengan kehendak-Mu. Terima kasih Tuhan, untuk penyertaan-Mu sepanjang badah kami. Haleluya, Amin.

Baca:

Contoh Doa Katolik Sebelum Memulai Ibadah

Berikut ini ada beberapa contoh doa Katolik sebelum memulai ibadah di gereja, sebelum melaksanakan peribadatan, kalimat dan kata kata doa Katolik sebelum ibadat dimulai dan terlaksana.

1. Doa Pembukaan Sebelum Ibadah Katolik

Terima kasih ya Bapa di Surga, karena tak pernah lelah mengasihi serta menyertai kami sepanjang waktu. Bapa, pada kesempatan ini kami mengucap syukur atas berkat dan karunia yang Engkau berikan kepada kami. Tak lupa syukur kami panjatkan pula atas pertolongan yang Engkau limpahkan.

Kami sadar, bahwa kami tak dapat mengungkapkan betapa besarnya kasih yang telah Tuhan berikan selain melalui pujian dan penyembahan melalui ibadah yang akan jemaat-Mu laksanakan. Bapa, biarlah pada hari ini kami boleh berkenan dihadap-Mu serta dapat menjadi terang bagi yang lain.

Biarlah ibadah yang kami laksanakan hari ini boleh berjalan dengan lancar sehingga tak ada halangan mulai dari awal, pertengahan, sampai ke akhir acara. Dalam nama Tuhan Yesus Kristus yang menjadi Juruselamat kami yang hidup, kami ingin memulai ibadah hari ini. Amin.

2. Doa Sebelum Ibadat Katolik

Bapa, pada waktu ini kami ingin berkenan di hadap-Mu, mohon berkatilah seluruh pelayanan yang membantu kegiatan peribadatan yang hendak dimulai ini agar berjalan dengan lancar dan baik. Berkatilah para singers, pemain tamborine, worhship leader, pemain musik, hingga petugas ibadah lainnya.

Melalui perantara Roh Kudus, kami mohon kepada-Mu semoga ibadah yang kami lakukan dapat berjalan dengan lancar dan dijauhkan dari seagla ancaman serta kemungkinan buruk yang mungkin terjadi dari awal, pertengahan, sampai akhir acara.

Kami mohon pula bimbingan-Mu agar kami selalu dapat menjadi manusia yang ingat dan rindu untuk memuji dan memuliakan nama-Mu. Sebagai bentuk kecil ungkapan rasa syukur serta penyetaan luar biasa yang Engkau berikan terhadap ibadah ini. Amin.

Akhir Kata

Itulah beberapa contoh doa kristen sebelum memulai ibadah kebaktian di gereja. Dengan contoh doa-doa tersebut, mudah-mudahan dapat menjadi referensi bagi yang ingin belajar menulis doa Kristen sendiri maupun bagi yang ingin membacakan sebuah doa sebelum memulai peribadatan.

Baca:

Tinggalkan komentar