Pengertian Dosa Menurut Alkitab

Definisi Dosa dalam Pandangan Kristen

Bersamakristus.org – Pengertian dosa menurut Alkitab. Manusia tidak lepas dari dosa, bahkan sejak lahir mereka sudah menanggung dosa yang dilakukan oleh manusia pertama, Adam dan Hawa.

Dosa menurut Alkitab bisa diartikan sebagai sebuah kesalahan yang dilakukan satu atau sekelompok orang. Kesalahan tersebut bisa dimaafkan, asal memohon ampun kepada Tuhan.

Dalam agama Kristen juga dikenal dosa. Ada banyak contoh dosa menurut Kristen, mulai dari dosa kecil sampai dosa besar. Semua dosa tersebut bisa dilakukan secara sengaja atau tanpa sengaja.

Untuk lebih jelasnya mengenai pengertian dosa menurut Alkitab, Anda dapat melihat ulasan yang sudah kami rangkum di bawah ini. Langsung saja, berikut ulasan lengkapnya.

Kata-kata Dosa di dalam Alkitab

Dalam perjanjian Lama, kita bisa menemukan 8 kata yang menunjukkan istilah dosa, yaitu:

  • Khata: Tidak mengenai sasaran atau mengenai tujuan lain.
  • Ra: berarti menghentikan atau menghancurkan.
  • Pasha: berarti pemberontakan atau juga bisa dikatakan pelanggaran.
  • Awon: berarti yang mencakup perbuatan salah dan rasa bersalah.
  • Shagag: berarti kesalahan atau melakukan penyimpangan.
  • Asham: berarti berhubungan dengan kesalahan yang diperbuat di Bait Allah atau Tabernakel.
  • Rasha: berarti kejahatan dan merupakan lawan kata dari kebenaran.
  • Taah: berarti tersesat atau melakukan penyimpangan yang merupakan dosa dilakukan denga sengaja.

Sedangkan dalam Perjanjian Baru, ditemukan 12 kata serupa, di antaranya:

  • Asebes: berarti tanpa Allah
  • Kakos: berarti tidak baik atau buruk dan terkadang juga memperlihatkan fisik buruk seperti penyakit.
  • Poneros: berarti dasar sebuah kejahatan yang umumnya menjurus ke kejahatan moral.
  • Adikia: berarti tingkah laku yang tidak benar dalam artian luas.
  • Enokhos: berarti kesalahan yang umumnya menyatakan orang pelaku kejahatan dihukum mati.
  • Hamartia: berarti luncas yakni tidak tepat sasaran.
  • Anomos: Sering diartikan dengan sikap durhaka dengan arti melanggar hukum dalam arti luas.
  • Parabetes: berarti pelaku pelanggar hukum atau orang yang berdosa.
  • Hipokrisis: Lebih menjurus pada munafik jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia.
  • Paraptoma: berarti pelanggaran yang diperbuat secara sengaja.
  • Planao: berarti melakukan perbuatan yang menyimpang dengan perbuatan tercela.
  • Agnoein: Berhubungan dengan ibadah yang salah dilakukan dan ditujukan untuk Allah yang lain.

Pengertian Dosa Menurut Pandangan Alkitab

Dengan banyaknya istilah dosa di Perjanjian Lama dan Baru, maka menyusun pengertian dosa tidaklah mudah. Namun bisa ditemukan beberapa pengertian dosa menurut Alkitab sebagai berikut.

1. Perbuatan Menentang Kehendak Allah

Bagi bagnsa Israel, memiliki arti kesesatan yaitu mereka yang sudah menentukan pilihan jalan hidupnya sendiri. Dosa mengartikan tindakan pemberontakan dan menjadi perumpamaan yang ditujukan untuk umat Israel.

2. Keluncasan

Di Perjanjian Baru, dijelaskan dosa adalah keluncasan atau yang tidak mengenai sasaran dan hamartia. Hamartia memiliki makna melebihi dari kata adikia atau kejahatan, meksi sebenarnya kata tersebut lebih mengartikan pada kesalahan, takdir, atau pengaruh.

3. Menyimpang dari Jalan yang Benar

Pengertian dosa menurut Alkitab berikutnya yaitu perbuatan yang menyimpang dari jalan yang benar, sering diterjemahkan juga sebagai pelanggaran. Kata ini berhubungan dengan anomia yang memberi ketegasa bahwa moral hanya diberikan untuk penghuni surga, serta tidak bisa direduksi.

4. Kerusakan Total

Kerusakan total atau dosa yang dimaksud di sini adalah jika manusia sudah dalam keadaan rusak karena semua perbuatan yang dilakukan. Sudah tidak ada rombongan atau niat lagi mencari Allah. Namu ini tidak berarti jika mausia sama sekali tidak berbuat kebaikan, melainkan hanya bisa berbuat dosa.

5. Penyakit Alamiah Manusia

Tuhan melalui firman-Nya membandingkan dosa dengan penyakit lepra atau kusta. Orang yang menderita penyakit tersebut akan tampak putih pada kulit yang terus menyebar dan membuat beberapa organ tubuh lepas dengan sendirinya.

Artinya, penyembuhan kulit saja belum cukup karena akarnya berada di dalam kulit. Begitu juga dengan dosa perkataan dan tindakan yang jahat hanya menjadi gejala dari akar penyakit alamiah sebagai manusia dan Yesus menjadi satu-satunya penyembuh segala pengobatan.

6. Penyakit Kepala Hati dan Kaki

Allah menggambarkan dosa yang dilakukan manusia seperti penyakit yang mempengaruhi kepala, hati, dan kaki. Dosa diawali dari pikiran ketika menerima penglihatan atau pendengaran. Lalu menybear ke hati atau perasaan, dan dari perasaan tersebut dihasilakn perbuatan yang mengandung dosa.

7. Penolakan Perbuatan Baik

Murka Allah nyata dari surga atas segala kefasikan dan kelalaian manusia. Maka dari itu Allah menyerahkan mereka kepada keinginan hati akan kecemaran, sehingga mereka mencemarkan tubuh sendiri. Dosa menjadi tindakan kejahatan dan pikiran jahat, tidak peduli percaya atau tidak percaya orang tersebut kepada Allah.

8. Penolakan kepada Allah

Dalam Alkitab juga dijelaskan dosa adalah bentuk penolakan manusia kepada Allah. Termasuk di antaranya tidak percaya dengan kebenaran yang Tuhan berikan, menolak kasih sayang yang diberikan Tuhan dan kuasa Tuhan.

9. Menolak Kasih Tuhan

Tuhan menjadi sumber dari kasih, Tuhan juga menjadi sumber semua kasih yang benar. Hal tersebut menyebabkan manusia menolak kasih yang sudah Allah berikan, menjadi sifat sombong, benci, dendam, dan egois.

10. Tidak Percaya Kebenaran Tuhan

Pengertian dosa menurut Alkitab juga bisa diartikan sebagai ketidakpercayaan pada kebenaran Tuhan. Tuhan berkata pada kita yang melakukan penolakan kepercayaan akan hal tersebut.

Artinya, jika kita sudah jatuh ke dalam dosa karena tidak percaya dan bahkan di akhir zaman, masih banyak orang yang menolak Yesus sekaligus mengatakan jika Injil hanya karangan saja.

Akhir Kata

Sekian dulu pembahasan dari kami mengenai pengertian dosa dalam alkitab. Kita harus menghindari dosa, karena hal tersebut jelas bukan perbuatan yang diinginkan Tuhan.

Baca: