Prinsip Ajaran Sosial Gereja

Prinsip Pengajaran Sosial Menurut Gereja

Bersamakristus.org – Prinsip ajaran sosial gereja. Ajaran sosial gereja memiliki prinsip dasr yang akan menjadi fundamental pusat dari pemikiran gereja mengenai prinsip ajaran sosial.

Prinsip-prinsip ini bisa menjadi parameter atau acuan yang digunakan untuk memberikan tafsiran dan mengevaluasi fenomena sosial. Dengan itu, suatu prinsip yang ada dalam gereja menjadi landasan untuk pengambilan sikap.

Kenyataannya memang memahami ajaran sosial dan para pejuang yang menjunjung keadilan sosial bukan merupakan orang gereja. Melainkan, karena kemanusiaan dan ajaran sosial merupakan suatu ajaran universal yan gtidak melihat perbedaan yang ada.

Kita juga sudah diajarkan dalam ajaran sosial gereja, dari ajaran gereja mengenai sosial dan kemanusiaan sudah membuat kita menemukan dasar fundamental untuk membangun harkat dan martabat manusia didasari dengan keadilan sosial menyeluruh dan dirasakan sesuai dengan kasih.

Prinsip Ajaran Sosial Gereja Sebagai Fundamental Pemikiran

Setidaknya ada empat prinsip gereja yang penting untuk diteladani, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Martabat pribadi setiap manusia
  • Kesejahteraan umum
  • Subsidiaritas
  • Solidaritas

Di antara beberapa cerita dan tulisan mengenai ajaran sosial gereja, hanya ada empat prinsip ini yang masih srig dijabarkan dan didalami. Manusia merupakan fokus dari gereja dalam konsep pribadi yang konkret adn bersejarah, artinya manusia menjadi aspek yang sesuai dengan latar belakang dan suatu lingkungan hidup.

Manusia dan seluruh masalah yang ada dalam kehidupan serta kaitannya dengan kehidupan, semuanya memiliki hubungan dengan kehidupan yang menjadi perhatian gereja dan diprioritaskan menjadi tujuan hidup.

Bukan sebuah hal baru bahwa manusia merupakan peranan penting dalam ajaran sosial gereja. Manusia merupakan nilai tertinggi yang ada di gereja, manusia merupakan pihak yang bsia mendorong gereja mendapatkan ajarannya, salah satunya adalah ajaran sosial.

Bukti Konkret Ajaran Sosial

Pada tanggal 17 Agustus kita selalu memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia, sebagai warga negara yang baik kita harus meneladani kehidupan sosial kemasyarakatan sebagai bangsa Indonesia. Sementara di bulan Agustus juga gereja menerapkan ajaran sosialnya dalam pembacaan doa syafaat untuk bangsa dan negara.

Sebagai warna negara kita diajak untuk mewujudkan iman kepada Yesus Kristus yang merupakan perubahan-perubahan sosial, karena setiap perbuatan merupakan wujud dari iman. Setiap tindakan akan mencerminkan seberapa besar iman yang kita miliki.

Bahkan Yesus juga selalu memperhatikan dan membuka diri untuk orang-orang yang menderita. Bila kita beriman kepada Yesus maka kita seharusnya dengan sendirinya memberi perhatian pada orang yang menderita.

Akhir Kata

Sekian dulu pembahasan dari kami mengenai prinsip ajaran sosial gereja kristen. Semoga dapat menambah wawasan kita untuk memahami prinsip pengajaran gereja mengenai kehidupan sosial.

Baca: