Syarat Mengikuti Perjamuan Kudus

Apa Syarat Pelaksanaan Sakramen Perjamuan Kudus

Bersamakristus.org – Syarat mengikuti perjamuan kudus. Perjamuan kudus dalam Protestan yang memiliki arti dan tujuan sama seperti sakramen di Katolik dilaksanakan tidak boleh secara sembarangan. Melainkan ada syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

Sebab sakramen ini merupakan sakramen sarana keselamatan yang diberikan oleh Allah kepada manusia. Maka dari itu ada berbagai hal yang perlu kita persiapkan untuk menjadi lebih layak dan siap menerima keselamatan dari-Nya.

Mungkin yang sudah mengalami sakramen ini telah mengetahui apa saja yang dibutuhkan, namun bagi yang baru pertama kali atau akan menjalaninya masih bingung apa saja yang harus disiapkan.

Maka dari itu pada kesempatan ini kami akan menjelaskan kepada Anda mengenai persiapan, syarat, dan ketentuan mengikuti perjamuan kudus dalam ajaran Alkitab. Anda bisa menyimak ulasannya pada pembahasan di bawah ini.

Syarat Mengikuti Perjamuan Kudus Kristen

Berikut beberapa syarat mengikuti perjamuan kudus dalam agama Kristen. Anda bisa menyimak ulasan lengkapnya pada pembahasan di bawah berikut ini dirangkum dari berbagai sumber terpercaya.

1. Percaya kepada Yesus

Syarat utama adalah kita harus percaya kepada Yesus serta memiliki iman kepada-Nya. Karena sarana keselamatan yang diberikan oleh Allah adalah melalui pengorbanan Yesus di kayu salib. Dengan rahmat pemberian Allah dan rasa penerimaan kita, maka berkat keselamatan ini akan tersampaikan dengan baik.

Tujuan perjamuan kudus juga akan tercapai bila kita mau membuka diri dan menerima sarana keselamatan Allah. Untuk memiliki kepercayaan pada Kristus, mengikuti perjamuan kudus saja mungkin tidak cukup.

Maka dari itu untuk mengenal pribadi yang Anda percayai akan membutuhkan waktu lebih lama. Adapun usaha yang bisa dilakukan adalah berdoa, membaca Alkitab, renungan, refleksi diri, beribadah rutin, dan sebagainya.

2. Menghayati Perjamuan Kudus

Kita juga harus bisa menghayati perjamuan Kudus. Mungkin Anda serig melihat bila selama ibadah sedang berlangsung, maka anak-anak akan dipisahkan dan diikutkan dalam sekolah minggu, karena anak-anak akan mengalami kesulitan dalam menghayati perjamuan kudus akibat sifat mereka yang mudah bosan.

Sekolah minggu yang diadakan gereja dengan dukungan orangtua akan membantu para anak lebih dhulu mengenal pribadi Kristus secara perlahan, mengajarkan mereka untuk menghayati iman dan kepercayaan terhadap Kristus melalui cara yang menyenangkan.

Setelah itu, mereka akan bertumbuh dewasa dan memiliki kerinduan untuk datang serta mulai mengenal Tuhan. Mereka pun bisa mengikuti perjamuan kudus dan dengan kerinduan ini secara perlahan mereka juga akan bisa memahami makna perjamuan kudus sepenuh hati.

3. Mau Mencari Kebenaran

Sampai saat ini mungkin banyak interpretasi yang salah akan kekristenan. Banyak orang menganggap bahwa hanya dengan menganut agama Kristen maka kita akan terselamatkan dan hidup kita terjamin dalam Tuhan.

Padahal, pandangan ini salah karena dalam perjalanan hidup kita mau tidak mau mengikuti perintah Bapa dan menjauhi segala hal yang bisa menjerumuskan kita ke dalam dosa. Ini penting untuk dilakukan.

Selain ada kerja sama dari Bapa yang menawarkan keselamatan, kita juga sebagai manusia harus menerimanya karena jika tidak demikian maka tujuan tersebut tidak akan pernah tercapai. Perlu diingat juga dalam Alkitab dijelaskan kerusakan hubungan manusia dan Tuhan karena manusia lebih memilih tergoda ke dalam dosa dan menuruti kemauan iblis, maka Anda juga perlu memiliki kemauan untuk mencari kebenaran dalam Kristus.

Akhir Kata

Sekian dulu pembahasan dari kami mengenai syarat mengikuti sakramen perjamuan kudus. Semoga bisa menjelaskan kepada Anda tentang syarat mengikuti sakramen perjamuan kudus menurut kepercayaan umat Kristen.

Baca: