Orang Kristen Meninggal Pakai Jas

Kenapa Orang Kristen Wafat Memakai Jas

Bersamakristus.org – Orang Kristen meninggal pakai jas. Mungkin kita sering melihat ketika ada orang agama Kristen atau Katolik meninggal dunia, mereka dikenakan sebuah jas.

Apa sih fungsi jas bagi orang meninggal? Mengapa orang Kristen meninggal pakai jas? Dan sebagainya. Pertanyaan tersebut mungkin muncul dalam benak kita yang masih awam.

Pikir kita, ketika ada orang meninggal mungkin cukup bacakan doa Kristen untuk orang meninggal saja. Tapi perlakuan tersebut tentu saja dilakukan bukan tanpa alasan yang pasti.

Bagi yang ingin mengetahui apa alasan orang Kristen wafat pakai jas, mungkin bisa menyimak pembahasan dan penjelasan di bawah berikut ini secara lengkap.

Alasan Orang Kristen Meninggal Pakai Jas

Tanpa banyak basa basi lagi mari langsung saja kita simak pembahasan serta penjelasan dari berbagai sumber mengenai alasan orang Kristen meninggal pakai jas. Ini dia pembahasannya.

1. Tuhan Yesus Dikafani Sesuai Tradisi Yahudi

Dan Yusuf pun mengambil mayat itu, mengapaninya dengan kain lenan yang putih bersih.

Matius 27:59

Alkitab sudah menjelaskan bahwa Yesus saat mati di kayu salib pada akhirnya dikubrukan dan menggenapi janji serta bangkit kembali memberikan keselamatan. Ketika dikuburkan, Yesus dikafani, artinya tidak memakai jas.

Yesus adalah teladan umat Kristen, sebagai orang percaya tentu kita berusaha mengikuti apa yang dilakukan-Nya. Lantas kenapa orang Kristen meninggal pakai jas?

Mereka mengambil mayat Yesus, mengapaninya dengan kain lenan dan membubuhinya dengan rempah-rempah menurut adat orang Yahudi bila menguburkan mayat.

Yohanes 19:40

Dalam ayat di atas, Yohanes mmeberikan penjelasan dikatakan bahwa Yesus dikubur menurut adat Yahudi. Hal ini artinya cara penguburan Yesus bukan adat Kekristenan yang dilandaskan firman Tuhan. Cara penguburan itu hanya sesuai adat orang sekitar.

2. Sesuai Tradisi Barat

Banyak dari kita mungkin bertanya-tanya kenapa orang Kristen wafat memakai jas, ternyata orang Kristen Indonesia mengikuti tradisi penguburan dari Barat. Kita tahu bahwa Kristen masukke Indonesia lewat orang Barat, sehingga tradisi yang diturunkan juga sesuai tradisi Barat.

Maka dari itu orang Kristen meninggal pakai jas hanya sebuah tradisi Barat. Orang Kristen belum menentukan cara penguburan orang Kristen sesuai tradisinya. Tradiis penguburan ini juga tidak termasuk dalam kebudayaan.

3. Tidak Ada Kewajiban Pakai Jas

Orang Kristen meninggal mengenakan jas sudah umum, namun kita tidak bsia sembarangan menyamakan adat agama dengan regional. Tradisi barat adalah tradisi lingkungan sekitar, bukan kekristenan, tradisi kekristenan harus disesuaikan dengan firman Tuhan.

Hal ini memberikan jawaban rinci untuk pertanyaan kenapa orang Kristen meninggal menggunakan jas. Benar, mereka yang meninggal menggunakan jas mengikuti tradisi barat tapi ini tidak menjadi kewajiban bagi orang Kristen.

4. Penampilan Terbaik Menghadapi Bapa

Sebagai orang Kristen, kita yakin serta percaya bahwa kita akan menghadap Bapa ketika meninggal nantinya. Kematian seharusnya bukan menjadi ajang duka, melainkan kesukaan karena akhirnya bisa kembali ke pangkaun Bapa.

Saat menghadap Bapa, banyak yang meyakini harus dalam kondisi terbaik. Maka dari itu ini menjadi alasan kenapa banyak yang mengenakan jas pada orang Kristen yang telah meninggal dunia. Berusaha sebaik mungkin tampil mengesankan di hadapan Bapa.

Akhir Kata

Sampai di sini dulu pembahasan dari kami mengenai orang kristen meninggal memakai jas. Semoga penjelasan di atas bisa menambah wawasan rohani kita serta mendekatkan kita dengan Tuhan.

Baca: