Nilai HAM Menurut Iman Kristen

Nilai-nilai Hak Asasi Manusia dalam Kristen

Bersamakristus.org – Nilai HAM menurut iman Kristen. Setiap manusia memiliki hak asasinya masing-masing. Hak tersebut tidak bisa ditolerir dan harus dihormati oleh yang lain.

Termasuk dalam agama Kristen, agama mengajarkan kita untuk menjunjung tinggi HAM. Hal ini bisa kita renungkan dan pelajari dalam HAM menurut iman Kristen.

Selain itu dalam beberapa ayat Alkitab juga terdapat beberapa penjelasan eksplisit tentang HAM. Sebab free will atau HAM adalah sesuatu yang harus dijaga dan dihormati.

Di bawah ini kami akan menjelaskan tentang nilai HAM menurut iman agama Kristen. Semoga kita bisa menyikapinya dengan baik demi kehidupan yang lebih dipenuhi sukacita.

Nilai-nilai HAM Menurut Iman Agama Kristen

Tanpa banyak basa basi lagi, mari langsung saja kita simak pembahasan di bawah ini mengenai nilai-nilai HAM menurut iman agama Kristen. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Karunia Allah

Kehendak bebas sebenarnya merupakan karunia Roh Kudus, sehingga baiknya diketahui bahwa ini adalah pemberian dari Allah sebagai berkat. Awal mula HAM diberikan supaya umat Kristen sadar dan memilih untuk memuliakan Allah daripada hal lainnya. Rasa cinta Tuhan yang begitu besar membuat-Nya rela memberi manusia kehendak bebas yang diinginkan.

2. Ditetapkan Allah

HAM diberikan oleh Tuhan bukan dengan inti manusia bisa semaunya, melainkan Allah membatasi kehendak bebas manusia supaya bisa berjalan sesuai ketetapan Allah. Bukan berarti saat manusia memiliki HAM, mereka bisa seenaknya.

Jika manusia melakukan dosa, tentu saja ada harga yang harus dibayarkan. Maka dari itu hendaknya karunia bebas ini dijalani sepenuh hikmat dari Allah, jangan asal digunakan yang bertentangan dengan kehendak-Nya.

3. Kebebasan Terarah

Kehendak bebas ini menjadi pemberian Tuhan yang tetap dengan batasan. Artinya, ini merupakan kebebasan mutlak namun tetap terarah karena Tuhan tidak mau umat-Nya jatuh ke dalam dosa.

Memilih dan melakukan kehendak harusnya tetap didasari Alkitab, di sini firman Allah bekerja sebagai filter yang mengarahkan keputusan kita. Dengan berdoa maka Allah akan menyampaikan jalan mana yang terbaik dalam kehidupan umat-Nya, terutama dalam mengambil keputusan penting.

4. Buah Roh Kudus

Nilai HAM menurut iman Kristen juga harus mengutamakan buah-buah roh Kudus dalam hidupnya. Pastikan saat melakukan keinginan, tetap dilakukan dengan penuh kasih sesuai ajaran Tuhan.

Siapa yang tidak menjalankan kasih, maka tentu saja dia akan kesulitan menghormati serta menghargai nilai-nilai HAM. Karena dasar segala sesuatu yaitu kasih, seperti yang sudah difirmankan oleh Tuhan.

5. Kebaikan

Pelakksanaan HAM juga diberikan Allah kepada manusia untuk mendatangkan kebaikan. Bukan malah sebaliknya yang bertujuan untuk mendatangkan kejahatan serta dosa.

Umat Tuhan sangat perlu menyadari makna anugerah kehendak bebas tersebut diberikan kepada manusia. Dengan demikian maka hal itu bukan menjadi batu sandungan, melainkan tetap mendatangkan kebaikan bagi semua orang.

Kesimpulan

Mungkin itu saja pembahasan dari kami mengenai nilai ham menurut iman kristen. Mudah-mudahan artikel yang sudah kami tulis di sini dapat menjadi penambah wawasan rohani bagi umat Kristen.

Baca: