Makna Doa Bapa Kami

Maksud Bacaan Doa Bapa Kami

Bersamakristus.org – Makna doa Bapa kami. Salah satu doa yang cukup sering dipanjatkan dalam agama Kristen adalah doa Bapa kami. Seperti ketika ibadah di gereja.

Doa Bapa kami adalah pedoman dalam berdoa kepada Allah atau Bapa. Doa tersebut diajarkan langsung oleh Tuhan Yesus kepada murid-murid-Nya pada saat mereka berada di Yerusalem.

Dalam doa Bapa kami, ada 6 permohonan secara pararel yang tersusun. Tiga permohonan ditujukan bagi kepentingan Allah, sisanya untuk manusia, permohonan rezeki, pengampunan, dan juga pertobatan.

Doa tersebut tentu saja memiliki makna yang sangat mendalam karena merupakan satu-satunya doa Kristen dan Katolik yang kalimatnya sudah ditentukan. Di bawah ini kami akan menjelaskan makna doa Bapa kami.

Makna Doa Bapa Kami Per Kalimat

Langsung saja di bawah ini kami akan menjelaskan kepada Anda makna doa Bapa kami per kalimat dalam agama Kristen Protestan dan Katolik. Simak ulasan lengkapnya pada pembahasan di bawah ini.

1. Kehidupan Kekal

Yesus mengizinkan kita memanggil Allah sebagai Bapa, sebab Yesus sudah mengangkat kita menjadi saudara-Nya. Setiap kita mengucapkan Bapa, sudah sepantasnya kita ingat sudah diangkat Allah menjadi anak-Nya.

St. Teresa dari avila juga pernah bilang saat ia merenungkan doa Bapa kami, seringkali terhenti pada kata Bapa, Tuhan sudah berkenan untuk memberikan karunia penuh sukacita yang tiada tara. Sudah sepatutnya kita juga belajar dari beliau.

2. Mengangkat Iman

Kata kami menjadi pengingat kita untuk memanggil Allah dengan sebutan Bapa karena Kristus. Pada saat mengucapkannya, tidak hanya mengangkat kita namun juga mengangkat semau saudara angkat-Nya.

Doa ini adalah doa gereja yang diperuntukkan pada Allah Bapa yang sudah mengangkat kita menjadi anak-Nya. Dengan demikian seharusnya kita kembali merenungkan doa Bapa kami yang sudah dibayar oleh Tuhan untuk mengangkat kita menjadi anggota keluarga Allah.

3. Mengasihi dan Merelakan

Doa ini juga memiliki makna semua punya seorang Bapa di surga yang selalu mengasihi sampai merelakan anak-Nya wafat di salib. Ini dilakukan-Nya supaya semua dosa dan kesalahan kita terampuni dan kita juga bisa mengambil bagian dalam kehidupan ilahi-Nya.

4. Dimuliakanlah Nama-Mu, Datanglah Kerajaan-Mu

Kata-kata tersebut memiliki makna kerinduan, sangat ingin semakin banyak orang mengenal Allah. Selain itu, artinya juga kita sebagai umat-Nya sudah dipakai Allah untuk menjadi alat-Nya dalam memuliakan nama Allah.

Makna doa tersebut juga sebagai penginagt supaya kit tidak hanya selalu mengejar kemuliaan kita sendiir dalam segala hal. Sebab seluruh yang ada pada diri kita sebenarnya merupakan milik Allah sehingga kita harus memakainya dalam nama Tuhan.

5. Jadilah Kehendak-Mu diatas Bumi Seperti di Dalam Surga

Kata tersebut bermakna penyerahan diri dengan seluruh kerendahan hati kepada Tuhan dan masyarakat. Kita sebagai manusia kerap memaksa ketika memohon kepada Tuhan. Namun dengan kata yang ada di doa Bapa kami, Yesus mengajarkan kita untuk berserah kepada Bapa.

6. Berilah Kami Rejeki Pada Hari Ini

Berilah Kami Rejeki Pada Hari Ini bermakna bahwa Yesus sangat mengasihi serta peduli pada kita sehingga Dia mengajarkan doa tersebut. Ini menjadi pengingat jika rezeki kita adalah berkat dari Tuhan dan Tuhan mengizinkan kita memperolehnya.

Kata tersebut juga bermankna mengingatkan doa Bapa kami pada orang yang sedang berkekurangan. Pasalnya rezeki yang kita peroleh tidak milik kita semua, melainkan juga harus kita bagikan kepada orang yang berkekurangan.

7. Dan Ampunilah Kesalahan Kami Seperti Kamipun Mengampuni yang Bersalah Pada Kami

Makna kata tersebut yaitu Tuhan akan mengampuni semua kesalahan kita. Perkataan ini akan sangat sulit iducapkan ketika kita merasa sakkit hari dengan sikap yang dibuat orang lain.

Namun hal tetsebut harus kita lakukan sehingga kita juga bisa mendapatkan pengampunan dari Tuhan. Makna yang terkandung di dalamnya adalah mengampuni orang lain sebenarnya juga untuk kebaikan kita supaya memperoleh pengampunan dari Tuhan.

8. Dan Janganlah Masukkan Kami ke Dalam Pencobaan, Tetapi Bebaskanlah Kami Dari yang Jahat

Perkataan lainnya yang memmiliki makna adalah kita sadar jika kita hanya manusia lemah yang mudah jatuh ke dalam dosa. Kita belum sepenuhnya bebas dari pencobaan dan godaan, seperti masalah kehidupan, penyakit, pekerjaan, dan lainnya.

Kita harus ingat tidak boleh terlalu sombong dan yakin jika kita tidak akan jatuh ke dalam dosa lagi. Sebab ada kalanya saat orang sedikit saja menyinggung perasaan kita, maka kita akan langsung kehilangan kesabaran.

Akhir Kata

Mungkin itu saja pembahasan dari kami mengenai makna doa bapa kami kristen. Pada saat membacanya mari kita maknai doa Bapa kami tersebut dengan baik dan ikuti dengan hati yang terbuka.

Baca: